Mahasiswa Wajib Tahu, Inilah 5 Manfaat dari Olahraga Berkuda Bagi Kesehatan

Estimated read time 3 min read

Ketika kita membahas mengenai olahraga, olahraga apa yang tersirat dalam pikiran kalian? Banyak sekali bukan? Ada olahraga berenang, memanah, maraton, berselancar, dan lain sebagainya. Adakah di antara kalian yang berpikir mengenai salah satu olahraga yang disarankan oleh Rosullullah SAW dalam umat islam, sudah pasti ada ya, dan salah satu olahraga yang disarankan oleh Rosullullah SAW tersebut adalah olahraga berkuda.

Olahraga berkuda merupakan olahraga yang banyak digemari oleh semua kalangan orang, terutama orang-orang yang menyukai hewan kuda. Selain dari itu, ketika kita membahas olahraga berkuda sudah tentu selain dari olahraga berkuda nya, terdapat  hal lain yang menjadi penyebab olahraga ini disukai oleh semua kalangan orang, kemudian ada banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita malakukan olahraga berkuda ini, dan pada kesempatan kali ini mimin akan merangkum beberapa manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita malakukan olahraga berkuda.

  1. Melatih keseimbangan dan koordinasi

Manfaat pertama yang diberikan oleh olahraga berkuda adalah melatih keseimbangan dan koordinasi, di mana ketika kita sedang berada di atas seekor kuda, kita sangat mengandalkan keseimbangan dan koordinasi tubuh kita. Sehingga setiap langkah dari kuda yang kita tunggangi menyumbang bebebrapa persen kemampuan kita dalam menjaga keseimbangan dan koordinasi tubuh. Selain dari itu, ketika kita mengarahkan kuda yang kita tunggangi ke arah yang kita inginkan, kita memerlukan koordinasi yang sesuai sehingga dengan tidak sadar kita juga meningkatkan koordinasi dalam tubuh.

  1. Melatih kekuatan otot inti dan otot kaki

Pada dasarnya olahraga berkuda sangat mengandalkan otot inti sebagai tumpuan saat berada di atas kuda dan otot kaki saat menaiki dan mengarahkan cepat atau lambatnya kuda tersebut berlari atau berjalan. Maka dari itu kekuatan otot, baik itu otot initi maupun otot kaki akan sangat meningkat ketika kita sering malakukan olahraga berkuda tersebut. Namun bukan berarti otot lainnya tidak digunakan bahkan dalam kegiatan makan sekalipun banyak otot yang terlibat di dalamnya. Maka dari itu, olahraga berkuda ini cocok untuk kalian yang ingin meningkatkan kekuatan otot.

  1. Membentuk postur tubuh yang baik

Dengan melakukan olahraga berkuda kita dapat membentuk postur tubuh yang baik. Ketika kita menunggangi seekor kuda, secara otomatis tubuh kita akan menyesuaikan menjadi bentuk tubuh yang sesuai, karena ketika kita menunggangi seekor kuda dengan postur tubuh yang tidak sesuai kita akan mudah terjatuh  dari kuda tersebut. Maka dari itu dengan melakukan olahraga berkuda ini, kita akan membentuk postur tubuh yang baik sesuai standar yang ditentukan mengenai postur tubuh yang baik.

  1. Melatih refleks tubuh

Manfaat berikutnya yang akan kita dapatkan dari olahraga berkuda ini adalah kita dapat meningkatkan refleks tubuh. Sudah tentu ketika kita menunggangi seekor kuda, diperlukan refleks tubuh yang cukup untuk mengendalikan kuda tersebut. Maka dari itu dengan melakukan olahraga berkuda kita dapat melatih refleks tubuh yang ada pada diri kita. Misalnya saja ketika kita akan mengarahkan kuda kita ke arah kanan maka dalam sekian detik diperlukan refleks tubuh yang sesuai untuk mengarahkan kuda tersebut sesuai dengan yang kita inginkan.

  1. Menciptakan perasaan bahagia

Terdapat banyak sekali studi yang menunjukan ketika kita menunggangi seekor kuda, tubuh kita akan menghasilkan senyawa yang menciptakan perasaan bahagia atau dalam Bahasa ilmiah senyawa tersebut disebut dengan senyawa hormon serotonin. Dari senyawa tersebutlah muncul perasaan bahagia dalam tubuh sehingga memang olahraga berkuda ini cocok untuk orang yang kurang bahagia, stres dan banyak tekanan seperti mahasiswa akhir semester yang sedang menderita oleh skripsi. Maka dari itu dengan melakukan olahraga berkuda kita dapat meningkatkan rasa bahagia dalam tubuh.

Mungkin untuk artikel kali ini dicukupkan sekian, terimabkasih karena sudah membaca dari awal, salam Jurnalis “satu tulisan sejuta perubahan.”

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours