5 Olahraga Unik Yang Harus Kamu Ketahui

Estimated read time 3 min read


Olahraga adalah suatu aktivitas untuk melatih seseorang, baik secara jasmani maupun rohaninya. Dengan tujuan membuat tubuh menjadi sehat, menguatkan tubuh, mengatur pernapasan, serta membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Olahraga juga memiliki banyak cabang olahraga seperti sepak bola, bulu tangkis, catur, dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana jika terdapat olahraga yang benar-benar berbeda dari yang selama ini kita ketahui? Inilah 5 olahraga unik di dunia.

1.      Hoki Bawah Air

Olahraga Hoki biasanya dimainkan di lapangan es. Namun, Olahraga Hoki satu ini dilakukan di dalam air. Hoki Bawah Air ini dimainkan oleh 2 tim, dengan 1 tim terdiri dari 6 pemain. Cara bermainnya sama dengan Hoki pada umumnya, di mana para pemain membawa tongkat yang digunakan untuk menggiring bola ke gawang lawan, yang membedakan Hoki ini dari Hoki yang biasa adalah tempatnya yang berada di dalam air.

2.      Bossaball

Olahraga berikutnya berasal dari Spanyol dan perlahan ketenaran olahraga ini mulai meningkat. Jelas sekali jika olahraga ini cukup memacu adrenalin bagi para atlet. Pasalnya olahraga ini menggabungkan dua olahraga yang menguras fisik, yaitu bola voli dan lompat trampolin.

Untuk aturan mainnya sama halnya dengan bola voli di mana satu tim terdiri dari 3 sampai 5 orang, terdapat juga net di tengah lapangan serta wasit. Hal yang membedakan olahraga ini dari voli biasa adalah lapangannya yang terbuat dari trampolin. Dengan bantuan trampolin ini para pemain dapat melompat lebih tinggi dan melakukan smash pada daerah lawan. Ini adalah Olahraga yang sangat enerjik dan menyenangkan.

3.      Tinju Catur

Pernahkah Anda membayangkan untuk menggabungkan olahraga yang membutuhkan otot dan otak ke dalam satu olahraga? Tinju merupakan olahraga yang mengandalkan otot dan kekuatan fisik, sedangkan Catur merupakan olahraga yang lebih mengandalkan otak, dan kedua digabung menjadi satu olahraga. Itulah olahraga Tinju Catur.

Olahrga ini cukup populer di Eropa dan Amerika dan pesertanya pun harus ahli baik di bidang tinju maupun catur. Aturan mainnya sama seperti tinju yang terbagi ke dalam beberapa ronde, namun dalam tinju catur ini ronde tersebut terbagi menjadi ronde untuk bermain catur dan tinju, setelah selesai melakukan ronde tinju peserta akan masuk ke ronde catur dan begitu seterusnya. Yang unik dalam permainan ini ada kemungkinan peserta dapat menang tanpa meng-KO lawan, tetapi dengan meng-skak mat lawan di ronde catur.

4.      Menggendong Istri

Olahraga selanjutnya datang dari negara Finlandia dan masuk ke dalam salah satu olahraga unik di dunia. Bagaimana tidak untuk mengikuti olahraga ini para peserta diharuskan menggendong istri mereka. Untuk aturan mainnya mirip dengan permainan haling rintang di mana peserta harus melewati berbagai rintangan sebelum menuju garis finis. Tetapi, rintangan di sini tidak terbatas pada rintangan yang disiapkan panitia saja tapi peserta juga harus menggendong istri mereka selama permainan.

5.      Menggelindingkan keju

Makanan adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari olahraga selain memberi asupan gizi, makanan juga bisa menjadi teman untuk menonton suatu pertandingan. Namun apa yang ada di Inggris ini benar-benar berbeda, sebab makanan dijadikan sebuah alat olahraga. Keju menggelinding adalah suatu olahraga tradisional di Bank Holiday, Inggris.

Olahraga ini sudahada sejak 200 tahun lalu, dan masih dipraktikkan hingga kini. Selama musim semi orang-orang akan berkumpul di puncak Coopers Hill. Dari atas bukit yang curam inilah seorang wasit akan menggelindingkan keju, dan para peserta bertugas untuk memburu keju tersebut, peserta yang pertama berhasil mendapat keju dan sampai di garis finis adalah pemenangnya. Dengan bonus memar dan beberapa tulang yang patah tentunya.

Bagaimana, sangat menarik bukan olahraga-olahraga di atas? apakah anda ingin mencobanya?

You May Also Like

More From Author

1 Comment

Add yours

+ Leave a Comment