Mahasiswa Wajib Tahu, Inilah 5 Fakta Menarik Mengenai Olahraga Panahan

Estimated read time 3 min read

Olahraga panahan merupakan olah raga yang banyak digemari terutama oleh para mahasiswa. Selain olahraga panahan ini merupakan olahraga yang tidak begitu menghabiskan tenaga yang banyak, olahraga panahan ini sangat berguna bagi kita yang sedang ingin meningkatkan konsentrasi dan ketenangan. Karena dalam olahraga panahan selain dari memerlukan tenaga, tetapi juga memerlukan konsentrasi dan kentenangan yang tinggi. Dan kali ini mimin sudah merangkum mengenai 5 fakta menarik mengenai olahraga panahan.

  1. Panahan merupakan salah satu olahraga tertua di dunia

Olahraga panahan ini merupakan salah satu olahraga tertua di dunia, tercatat olahraga panahan ini sudah muncul sekitar 5000 tahun yang lalu, selain pada zaman dahulu panahan ini digunakan sebagai senjata untuk melawan musuh, panahan ini juga digunakan sebagai cabang olahraga untuk meningkatkan kesehatan tubuh, juga menjadi cabang dalam keterampilan olahraga pada zaman dahulu. Dengan demikian olahraga panahan menjadi olahraga yang paling banyak dimainkan berdasarkan umur keberadaanya di dunia.

      2. Ada banyak sekali istilah dalam panahan

Terdapat banyak sekali istilah dalam olahraga panahan, istilah-istilah tersebut diambil berdasarkan apa atau situasi apa saja yang terjadi atau dilakukan dalam olahraga panahan tersebut, seperti contohnya “Drag” atau artinya adalah angin yang membuat pemanah sulit mengarahkan anak panah pada sasaran, ada juga istilah “Robinhood” atau artinya tembakan anak panah yang sangat sulit untuk dilakukan oleh pemanah, dan ada juga istilah “Grouping” atau dapat diartikan anak panah dalam sasaran sangat berdekatan.

      3. Panahan sebagai cabang dari olimpiade

Olahraga panahan menjadi cabang dari olimpiade sejak tahun 1900, lebih tepat pada olimpiade yang dilaksanakan di Paris. Olahraga panahan menjadi sangat terkenal setelah kemunculannya pada olimpiade Paris tersebut. Terdapat banyak sekali atlet panahan yang menunjukan kemampuannya dalam memanah pada olimpiade tersebut, keberadaan olahraga panahan dalam olimpiade pun berlanjut sampai dengan sekarang.

      4. Ada banyak sekali jenis busur panah

Terdapat banyak sekali jenis busur panah yang terdapat dalam olahraga panahan diantaranya yaitu terdapat jenis busur “Longbow” yaitu busur panahan yang memiliki panjang yang bahkan melebihi tinggi pemanah, kemudian terdapat jenis busur “Flatbow” yaitu burus yang memiliki limb rata, kemudian terdapat lagi jenis busur “Shortbow” yaitu jenis busur yang memiliki kesamaan dengan longbow namun dengan ukuran yang lebih pendek.

      5. Olahraga panahan dianjurkan oleh Rosul dalam Islam

Olahraga panahan sangat dianjurkan oleh Rosullullah SAW selain karena memiliki manfaat yang sangat banyak, panahan juga memiliki fungsi yang cukup krusial dalam peperangan pada zaman dahulu. Maka dari itu Rosullullah SAW sangat menganjurkan olahraga panahan di samping dengan olahraga lainnya seperti olahraga berkuda dengan olahraga berenang. Di dalam islam juga olahraga panahan menjadi penghibur lara dikala stress melanda, dengan ketenangan dan konsentrasi yang dibutuhkan dalam olahraga panahan maka tidak heran olahraga panahan sangat dianjurkan oleh Rosullullah SAW.

Demikian mengenai fakta menarik apa saja yang ada dalam olahraga panahan. Kesimpulan dari artikel ini adalah terdapat banyak sekali hal yang menjadikan olahraga panahan ini sangat menarik, di samping dari manfaatnya, di dalam olahraga panahan in juga terdapat hal-hal menarik yang membuat kita semakin tertarik dengan olahraga panahan tersebut. Sekian artikel hari ini terima kasih karena sudah membaca sampai akhir, salam literasi, salam Jurnails Nuansa.

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours