Mahasiswa Wajib Tahu, Inilah 5 Teknologi yang Berbahaya Bagi Manusia

Estimated read time 3 min read

 

Pada dasarnya teknologi merupakan salah satu cara untuk memudahkan umat manusia, baik itu untuk bekerja, maupun melakukan aktivitas lainnya. Sehingga keberadaan teknologi merupakan keuntungan dan kemudahan bagi umat manusia. Namun di balik keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi terdapat ancaman yang ada di dalamnya. Nah kali ini, mimin mau membahas mengenai 5 Teknologi yang berbahaya bagi umat manusia yang perlu teman-teman ketahui.

  1. Nanobot
    Robotika nano, atau singkatnya, nanorobotik atau nanobotik, adalah bidang teknologi baru yang menciptakan mesin atau robot yang komponennya berada pada atau mendekati skala nanometer. Dilansir dari CNBCIndonesia.com, Nanobot mampu memusnahkan seluruh kota, jika tidak ada obat yang bisa menghentikannya. Teknologi tersebut dikatakan bisa
    mereplikasi diri dan hampir tidak bisa dihancurkan. Jika Nanobot lepas kendali, bukan tak mungkin dunia akan hancur.
  2. Mesin Artifical Intelligent
    Pada dasarnya mesin artificial intelegent merupakan mesin yang diciptakan dengan memiliki kecerdasan menyerupai manusia. Bahkan disinyalir kecerdasan artifial intelegent lebih cerdas dibandingkan dengan kecerdasan yang dimiliki oleh manusia itu sendiri. Konsep untuk replikasi diri dalam mesin sebenarnya sangat menarik dan di sisi lain juga mengerikan. Sebab mesin berbeda dengan manusia, tidak memiliki hal yang membuat rentan atau emosional. Ide pembuatan teknologi ini menciptakan mesin berdarah dingin dan terlihat seperti manusia. Contoh bahaya dari teknologi ini digambarkan oleh banyak film dan acara TV yang mengeksplorasi saat teknologi melenceng dari jalannya.
  3. Warp Drive
    Pada dasarnya, warp sendiri adalah suatu teknologi yang memungkinkan kecepatan yang lebih tinggi daripada kecepatan cahaya. Warp Drive memiliki konsep perjalanan intergalaksi di masa depan. Seluruhnya akan dilakukan dengan proses yang lebih cepat dari kecepatan cahaya. Sayangnya Warp Drive juga punya masalahnya sendiri, yaitu partikel energi tinggi khusus yang terperangkap saat digunakan. Ketika dilepaskan bersama sebagian besar energi, ini bisa menghapus seluruh sistem bintang dan bahkan menciptakan lubang hitam.
  4. Penjara Virtual
    Saat ini teknologi Virtual Reality sudah sering jadi pembicaraan atau bahkan kita lihat di berbagai kesempatan. Konsepnya adalah melakukan aktivitas atau terhubung dengan orang tanpa harus meninggalkan kota, bahkan rumah masing-masing. Namun bagaimana jika digunakan untuk memenjarakan orang yang bersalah atau tidak? Meski berguna, namun teknologi ini bisa jadi salah satu senjata terkuat dan membuat orang menjadi gila.
  5. Drone Perang
    Salah satu teknologi yang berbahaya bagi manusia adalah drone perang. Mangapa? Karena drone perang ini dapat membunuh manusia dari jarak yang jauh sekali pun. Pada dasarnya konsepnya sama dengan drone pada umumnya, yaitu dikendalikan dari jarak yang jauh. Namun perbedaannya drone perang ini dilengkapi dengan persenjataan yang lengkap untuk membunuh musuh dari jarak yang cukup jauh. Selain dari sangat membahayakan bagi manusia, drone perang ini juga sangat berdampak pada lingkungan.

Sekian artikel pada hari ini, terima kasih karena sudah membaca dari awal hingga akhir. Salam Jurnalis nua Nuansa “The power of wraiting, satu tulisan sejuta perubaahan.”

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours