Kalian Wajib Tahu, Inilah 5 Fakta Menarik Mengenai Kemudahan Hidup di Era Digital

Estimated read time 4 min read

Era  digital merupakan era yang sedang kita alami saat ini. Begitu banyak kemudahan yang dapat kita rasakan pada era digital, dari mulai membeli makanan, bepergian, bertransaksi dan lain sebagainya. Maka dari itu era digital merupakan era yang cukup menyenangkan sekaligus menghasilkan fakta menarik yang seru untuk dibahas dan dikaji. Nah pada kesempatan kali ini mimin mau membahas mengenai 5 fakta menarik mengenai kemudahan hidup di era digital.

  1. Mudahnya Berkomunikasi

Dikutip dari New York Times, Thomas L Friedman dalam The World is Flat membagi globalisasi ke dalam tahapan, yaitu globalisasi 1.0, globalisasi 2.0, dan globalisasi 3.0. Nah, sekarang ini kita telah memasuki era globalisasi 3.0, di mana kehidupan manusia dikelilingi oleh teknologi digital. Semua manusia saling terhubung dengan adanya internet. Apalagi dengan munculnya sosial media sekarang ini, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya. Teman-teman bisa menyebarkan informasi melalui media sosial tersebut. Selain itu, Teman-teman juga bisa saling menjalin silaturahmi dengan teman atau saudara yang tinggal jauh. Memanfaatkan fitur video call sehingga teman-teman akan tetap terhubung tanpa ada batasan waktu dan wilayah.

  1. Mobile dan Fleksibel

Era digital adalah masa di mana semua serba mudah dan tidak ada batasannya. Teman-teman bisa mengerjakan apapun secara mobile, lho! Bahkan sekarang ini ada banyak sekali event yang tidak mengharuskan pesertanya datang. Hanya butuh media online, teman-temen bisa melakukan segala sesuatu dengan mudah. Ada banyak sekali online course yang bisa diikuti, lho! Bahkan ada universitas yang menyediakan fasilitas kuliah online. Mahasiswa tidak perlu berkumpul di suatu kelas mendengarkan penjelasan dosen. Mereka hanya perlu akses internet dan suatu sistem informasi agar bisa saling berkomunikasi layaknya kelas perkuliahan. Kamu bisa memanfaatkan fitur dari Google, yaitu Google Hangout. Dalam bidang ekonomi dan perbankan, kamu bisa menggunakan Virtual Account untuk melakukan transaksi pembayaran.

  1. Internet Lebih Berkuasa Daripada Pulsa

Siapa yang lebih memilih kehabisan pulsa daripada kehabisan paket internet? Tapi itu memang benar adanya! Di zaman sekarang ini, internet lebih dibutuhkan ketimbang pulsa. Era digital adalah suatu tanda kemajuan internet. Milenial bahkan lebih memilih tidak makan daripada tidak ada akses internet. Jika paket data habis, mereka akan cenderung mencari koneksi wifi untuk melakukan segala aktivitas di sosial media dan game online yang sudah menjadi gaya hidup.

  1. Mudahnya Berbelanja

Untuk teman-teman yang suka berbelanja, hidup di era digital adalah surga dunia. Teman-teman bisa memilih barang tanpa harus repot pergi ke toko atau ke mall. Cukup bermodalkan smartphone dan internet saja, teman-teman sudah bisa memilih barang sesuai kebutuhan. Mulai dari kebutuhan pokok, fesyen, souvenir, bayar listrik, bayar pulsa, bayar tiket kereta api, bayar paket data sampai dengan membeli game online. Teman-teman bisa pilih barang dan harga sesuai kondisi dompet. Untuk proses pembayarannya sendiri juga mudah, tidak harus memiliki uang cash jika ingin berbelanja produk mahal. Cukup transfer saja sesuai nominal belanjaan, barang akan langsung diantar ke tempat teman-teman.

  1. Tidak Perlu Takut Tersesat

Hidup di era digital, teman-teman tidak perlu lagi yang namanya takut tersesat! Teman-teman tentu tidak asing dengan yang namanya teknologi GPS. Sekarang ini, bisa pergi ke mana pun tanpa harus tersesat dengan menggunakan aplikasi GPS, seperti Google Maps atau Waze. Cara menggunakannya juga sangat mudah, teman-teman hanya perlu mengikuti rute yang ditunjukkan dalam aplikasi. Selain itu, juga bisa menentukan perkiraan waktu tempuh, rute terdekat, serta memilih jalan mana yang tidak mengalami kemacetan.

Tidak hanya itu, teman-teman juga bisa mencari fasilitas publik terdekat, seperti pom bensin, ATM, restaurant, tempat ibadah, dan sebagainya. Untuk alat transportasi, sekarang juga sudah hadir ojek dan taksi online. Era digital adalah salah satu masa di mana orang berbekal smartphone dan internet bisa langsung panggil ojek, lho! Bahkan, Teman-teman juga bisa sekaligus pesan makanan dengan ojek online.

Mungkin sekian artikel yang dapat mimin sampaikan kurang lebihnya mohon maaf, terima kasih karena sudah membaca dari awal sampai akhir, sekian Salam Jurnalis Nuansa “The power of writing, satu tulisan sejuta perubahan.”

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours