Mahasiswa Wajib Tahu, Inilah 7 Kegunaan Rahasia USB Flashdisk

Estimated read time 3 min read

Flashdisk merupakan salah satu alat eksternal komputer yang dapat kita manfaatkan sebagai penyimpanan. Dengan Flashdisk  sendiri kita tidak harus ribet untuk memindahkan data. Ada banyak sekali kegunaan Flashdisk, selain dari menyimpan data, ternyata terdapat berbagai fakta menarik mengenai kegunaan Flashdisk  lainnya. Dan kali ini mimin mau berbagi pada kalian mengenai fakta menarik mengenai kegunaan Flashdisk yang perlu kalian ketahui.

  • Flashdisk dapat digunakan sebagai pengunci dan pembuka komputer

Flashdisk dapat digunakan sebagai sebuah “kunci” untuk mengunci dan membuka perangkat komputer Anda. Seperti dalam sebuah film fiksi, Anda cukup menyolokkan Flashdisk untuk membuka, dan ketika Flashdisk dicabut maka seketika komputer PC akan otomatis terkunci (locked). Untuk menggunakan fungsi ini, Anda harus memasang aplikasi bernama Predator. Fitur tersembunyi Flashdisk ini akan berfungsi layaknya “Lock Function Manual Windows”, hanya saja jika menggunakan Flashdisk, Anda tak perlu repot-repot memasukkan kata kunci.

  • Flashdisk dapat menghubungkan komputer ke Wi-Fi secara cepat

Flashdisk ternyata bisa digunakan untuk menghubungkan (connect) komputer ke jaringan Wi-Fi secara cepat sesegera mungkin tanpa harus memasukkan kata kunci (password) berulang kali. Hal ini dimungkinkan karena Windows mempunyai fitur yang bisa menyimpan nama jaringan Wi-Fi yang telah digunakan. Kemudian data tersebut bisa kita simpan di Flashdisk dengan cara klik ikon wireless – klik kanan Wi-Fi yang baru saja digunakan > properties. Perhatikan Tab Connection, klik link Copy this network profile to a USB Flash drive – klik Next, maka seketika Windows akan menyalin konfigurasi dan pengaturan profil tersebut ke Flashdisk. Untuk menggunakan di komputer lain, colokkan Flashdisk dan double klik file setup SNK.exe maka profil jaringan akan segera terinstal dan komputer sudah siap untuk dikoneksikan.

  • Flashdisk dapat  menginkatkan ekcepatan komputer

Flashdisk juga bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja komputer yang lambat. Dengan bantuan sebuah aplikasi yang bernama Readyboost. Fungsi aplikasi ini dapat kita pakai sebagai penambah kecepatan atau meningkatkan kinerja komputer yang lambat. Jika kinerja hard disk lebih lambat dari Flashdisk Anda, readyboost akan membaca cache file yang sering dibuka dari Flashdisk, sehingga bisa meningkatkan kecepatan komputer.

  • Flashdisk dapat digunakan sebagai web server portabel

Memiliki web server yang bisa dibawa ke mana-mana tentu saja mengasyikkan, hal itulah yang bisa Anda lakukan dengan Flashdisk, sebab Flashdisk dapat digunakan untuk web server portabel. Dengan menginstall server2go pada Flashdisk, Anda bisa menjalankan web server dengan cepat di komputer mana pun tanpa harus melakukan instalasi lagi. Jika Anda seorang web developer, tentu saja ini akan sangat membantu sebab Anda bisa melakukan presentasi di mana saja dengan web server di kantong Anda.

  • Flashdisk dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi portabel

Selain menyimpan data, Anda dapat menjalankan aplikasi portabel dari flash drive USB. Misalnya, OpenOffice, yang merupakan office suite lengkap yang mencakup pengolah kata, spreadsheet, presentasi, paket menggambar, dan database yang tersedia sebagai aplikasi portabel. Anda dapat mengunjungi alamat ini; PortableApps.com untuk melihat program apa saja yang bisa dijalankan lewat Flashdisk drive. Anda bahkan bisa menginstal seluruh aplikasi yang mencakup hal-hal seperti pemutar audio, permainan, utilitas antivirus, dan sistem menu praktis dari Flashdisk ini.

Sekian artikel yang kita bahas hari ini mengenai kegunaan lain flashdisk, terima kasih karena sudah menyimak dari awal salam Jurnalis Nuansa “the power of writing, satu tulisan sejuta perubahan.”

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours