Mahasiswa Harus Tahu, Inilah 5 Cara Mengatasi Rasa Penat dan Stress

Estimated read time 3 min read

Rasa stres merupakan hal yang sering dialami oleh banyak orang, tak terkecuali mahasiswa. Dengan beban tugas yang begitu banyak membuat mahasiswa sering mengalami stres yang berlebih bahkan sampai mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Sehingga jika dibiarkan rasa stres ini akan menurunkan daya imun tubuh dan mempengaruhi kehidupan sehari-hari dan lebih parah lagi mempengaruhi kesehatan mental mahasiswa. Sehingga pada kesempatan kali ini Mimin akan memberikan kepada kalian 5 cara dalam mengatasi rasa stres.

  1. Melakukan kegiatan yang disukai

Salah satu cara menghilangkan stres yang cukup efektif adalah dengan melakukan kegiatan yang Mahasiswa sukai. Coba lakukan kegiatan yang membuat Mahasiswa lupa waktu dan merasa bahagia saat melakukannya, misalnya menulis, memancing, membaca buku, mewarnai, dan menonton film atau drama Korea.

Jika merasa sulit memilih aktivitas yang menyenangkan, Mahasiswa bisa mencoba hal baru yang sebelumnya belum pernah dicoba, misalnya melukis, berkebun, dan mengikuti kelas dansa atau kelas merangkai bunga.

  1. Bergerak aktif dan berolahraga secara rutin

Saat sedang merasa stres, Mahasiswa sebaiknya tidak terlalu lama menyendiri atau mengurung diri di rumah. Sebisa mungkin cobalah untuk tetap berolahraga, misalnya berjalan santai, joging atau berlari, bersepeda, menari, atau berenang. Mahasiswa juga bisa olahraga sembari mendengarkan musik yang disukai agar lebih bersemangat.

Saat Mahasiswa banyak bergerak atau berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon pereda stres alami atau endorfin. Dengan begitu, Mahasiswa akan merasa lebih rileks, tenang, dan tidur pun lebih nyenyak. Hormon tersebut juga bisa membuat suasana hati Mahasiswa menjadi lebih baik sehingga stres bisa lebih mudah teratasi.

  1. Mendengarkan musik yang menenangkan

Mendengarkan musik yang menenangkan juga bisa menjadi cara menghilangkan stres yang efektif. Hal ini karena musik bernada lembut bisa membuat tubuh lebih rileks serta menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan kadar hormon stres.

Tak hanya musik bernada lembut, Mahasiswa juga bisa mendengarkan genre musik favorit Mahasiswa untuk mengatasi stres.

  1. Melakukan teknik relaksasi

Ketika dilanda stres, Mahasiswa juga bisa mencoba melakukan teknik relaksasi, misalnya yoga atau meditasi. Banyak riset yang membuktikan bahwa yoga dan meditasi bisa meringankan kecemasan dan gejala depresi, meningkatkan suasana hati, serta melawan pikiran negatif.

Tak hanya itu, meditasi dan yoga juga bisa membantu Mahasiswa lebih mudah untuk menenangkan pikiran dan fokus.

  1. Beristirahat yang cukup

Bagi sebagian orang, stres mungkin bisa menyebabkan kurang tidur atau tidur kurang nyenyak. Jika hal ini terus berlanjut, Mahasiswa justru bisa semakin stres, kurang bertenaga, dan sulit konsentrasi atau fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Stres dan kurang tidur juga bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan serius, seperti penyakit kardiovaskular, depresi, dan obesitas.

Jika Mahasiswa sedang stres dan sulit tidur, cobalah untuk menciptakan suasana tidur yang tenang dan nyaman, misalnya dengan meredupkan lampu kamar atau menyalakan aromaterapi. Jangan lupa juga untuk selalu mencukupi waktu tidur setiap malam setidaknya 7–8 jam.

Mungkin sekian cara mengatasi rasa stres yang dapat saya sampaikan kurang lebih nya mohon di maafkan terimakasih karena sudah membaca sampai akhir salam jurnalis nausan “the power of writing, satu tulisan sejuta perubahan”.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours