Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Pancaroba

Estimated read time 4 min read

     Indonesia merupakan negara tropis, ada dua musim yang terjadi sepanjang tahun, yakni musim hujan dan kemarau. Peralihan di antara musim hujan dan musim kemarau ini dinamai musim pancaroba. Umumnya, musim pancaroba ditandai dengan perubahan cuaca yang tidak menentu, misal dari panas terik mendadak menjadi teduh kemudian hujan. Selain itu, pada musim peralihan ini juga kerap hujan deras disertai angin kencang dan petir yang kerap datang tiba-tiba dalam waktu singkat. Musim pancaroba dikenal sebagai musim rawan penyakit. Hal ini karena musim pancaroba adalah musim peralihan dari satu musim ke musim lainnya. Saat masuk ke musim peralihan, hujan bisa saja datang tiba-tiba disertai angin kencang dalam waktu singkat, padahal cuaca sebelumnya panas terik. Begitu juga sebaliknya. Perubahan suhu dan cuaca yang tak menentu saat pancaroba ini lah yang dapat dapat membuat seseorang lebih mudah terkena berbagai penyakit. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan di musim pancaroba.

Perubahan cuaca yang tidak menentu akibat musim peralihan dapat memengaruhi sistem imun tubuh seseorang. Akibatnya, seseorang mungkin akan lebih mudah untuk terkena penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun virus yang menyebabkan berbagi penyakit seperti Flu, ISPA, Diare dan Demam berdarah.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga Kesehatan supaya terhindar dari berbagai penyakit tersebut, yaitu dengan cara menerapkan tips dibawah ini.

  1. Terpenuhi kebutuhan cairan

Asupan cairan yang cukup dapat membantu menghindarkan diri kita dr kekurangan cairan atau dehidrasi. Pastikan kita minum sekitar 8 gelas atau 2 liter per hari. Kurangi konsumsi minuman bersoda, tinggi gula, atau kafein, di mana minuman-minuman tersebut dapat menyebabkan perut kembung. Disarankan banyak minum hangat.

  1. Makan Makanan Yang Bergizi

Makan makanan gizi seimbang diperlukan tubuh untuk membantu melawan bakteri atau virus penyebab penyakit. Buah dan sayur adalah pilihan makanan yang tak boleh dilewatkan karena banyak mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh senantiasa sehat dan fit. Pada prinsipnya, kunci pola makan sehat adalah meminimalisir makanan olahan dan memperbanyak makanan sungguhan (real food).

Jadi, daripada mengonsumsi makanan cepat saji, berlemak tinggi, atau mengandung banyak gula, lebih baik perbanyak sayuran dan buah-buahan. Selain itu, pastikan juga bahwa makanan yang kamu makan mengandung gizi seimbang yang meliputi karbohidrat, protein, lemak baik, serat.

  1. Istirahat yang Cukup

Banyak orang menyepelekan waktu tidur dan istirahat. Faktanya, kurang tidur dan istirahat bila dibiarkan terus-terusan dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan penyakit. Hal inilah yang membuat orang yang kurang tidur dan istirahat lebih mudah terkena berbagai penyakit.

Maka dari itu, cara menjaga kesehatan di musim pancaroba juga tak lepas dari anjuran untuk istirahat dan tidur yang cukup. Para ahli menyarankan orang dewasa untuk tidur minimal 7 sampai 8 jam sehari untuk mempertahankan kesehatan.

  1. Menjaga Kebersihan Tubuh

Kunci penting lainnya dalam menjaga kesehatan di musim pancaroba adalah dengan selalu menjaga kebersihan diri. Pastikan kamu mencuci tangan sebelum dan setelah makan, setelah bersin, setelah memegang hewan, setelah menggunakan kamar mandi, dan setelah memegang permukaan benda terkontaminasi.

Selain itu, usahakan untuk mandi secara teratur setidaknya dua kali sehari, saat pagi sebelum beraktivitas dan sore setelah beraktivitas. Mandi sendiri merupakan bagian dari cara untuk menjaga tubuh agar senantiasa bersih dan terbebas dari kuman.

  1. Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Berbagai kuman penyebab penyakit, seperti bakteri virus, jamur, dan parasit, dapat berkembang biak di genangan air, pakaian yang dibiarkan menumpuk di balik pintu, hingga permukaan benda-benda yang ada di rumah. Oleh sebab itu, menjaga kebersihan lingkungan rumah dan sekitarnya adalah hal wajib yang harus dilakukan selama musim pancaroba.

  1. Selalu Sedia Payung atau Jas Hujan dan Memakai Pakaian Hangat

Karena cuaca cepat berubah maka payung atau jas hujan harus selalu dibawa bila bepergian. Dianjurkan untuk memakai jaket atau pakaian hangat ketika berkendara sepeda motor. Karena kondisi kehujanan atau kedinginan bisa menurunkan sistem imun tubuh. Dalam kondisi daya tahan tubuh yang sedang melemah itu, berbagai jenis virus dan bakteri pada akhirnya gampang menyerang.

  1. Jaga Pikiran Tetap Positif

Pikiran negatif atau stres yang dibiarkan hanya akan menyebabkan perubahan-perubahan fisiologis yang dapat melemahkan sistem imunitas tubuh seseorang.

  1. Olahraga Teratur

Olahraga teratur minimal 3x seminggu dapat menjaga fungsi tubuh dengan baik. Sebab, dengan berolahraga dapat mengurangi peradangan dan mendukung sel-sel yang melawan bakteri atau virus yang menyebabkan penyakit. Sebagai bonus tambahan, hormon endorfin dari olahraga juga bisa mengurangi stres.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours