Merasa Kurang Bersemangat? Lakukan Ini Agar Kamu Termotivasi

Estimated read time 4 min read

Halo guys. Pasti kita sering banget mendengar kata “Motivasi”. Lantas, pada tahu gak sih apa itu Motivasi?

Motivasi adalah sebuah dorongan semangat atau perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Artinya, dalam hidup ini kita akan selalu membutuhkan motivasi untuk melakukan berbagai hal dalam mencapai tujuan-tujuan kita.

Buat kita yang merasa sering kehilangan rasa semangat untuk melakukan sesuatu, perlu banget nih dorongan atau motivasi. Perlu kita ketahui, bahwa motivasi itu banyak bentuknya lho, guys. Bisa didapat dari quotes motivasi, dorongan-dorongan dari orang lain dan bisa juga karena materi. Tapi, motivator terbaik itu sebenarnya diri sendiri, karena kita yang paling mengerti diri kita dan apa yang kita butuhkan. Sekarang-sekarang ini kita kenal dengn istilah healing, orang orang bilang sih healing itu buat menghilangkan penat, galau, dan bisa juga membangkitkan semangat kita. Bisa juga tuh kayaknya kita nyoba yang satu ini.

Biasanya, orang yang selalu termotivasi akan terus menerus berusaha melangkah bahkan berlari untuk mengejar cita-citanya. Sayangnya, ternyata motivasi terkadang tidak hadir dalam diri kita. Akhirnya timbulah hal-hal negatif pada kehidupan sehari-hari, seperti rasa malas, sedih, takut, merasa tidak sanggup dan berbagai hal negatif lainnya. Motivasi pribadi adalah kunci mempertahankan segala aspek dalam kehidupan. Apabila kita tidak termotivasi, kita akan menyia-nyiakan waktu dan mengabaikan tujuan pribadi dan profesional kita. Bahkan orang yang paling bertekad pun kadang-kadang bisa kehilangan semangat.

Lantas apa sih yang harus kita lakukan agar selalu termotivasi?

Berikut tersedia tips dan triknya :

  1. Ingatkan diri Anda akan sasaran atau target Anda

Biasanya sebelum mengkhususkan waktu untuk suatu ikhtiar tertentu, kita cenderung membuat sasaran jangka pendek dan jangka panjang. Apabila sasaran Anda mulai tak terlihat, Anda bisa menjadi kurang termotivasi dibanding apabila Anda selalu memeriksa seberapa dekat Anda dengan sasaran Anda selama proses ikhtiar mencapai sasaran tersebut. Terus mengawasi sasaran dan memeriksa progres atau kemajuan Anda akan membuat Anda termotivasi setiap hari.

      2. Buat titik pemeriksaan tiap minggu untuk mengawasi kemajuan Anda

Setiap orang perlu melihat sampai di mana kemajuan mereka dalam mencapai sasaran apabila mereka ingin terus termotivasi. Apabila Anda melihat bahwa posisi Anda sesuai rencana bahkan lebih ke depan setiap kali memeriksa kemajuan Anda, Anda akan merasa lebih termotivasi dan bahagia karena Anda makin dekat dengan sasaran. Apabila Anda melihat bahwa Anda mengalami hambatan, mungkin itu adalah dorongan yang Anda perlukan agar senantiasa tidak keluar jalur menuju sasaran.

      3. Pastikan Anda memberi hadiah untuk diri Anda sendiri setiap Anda mencapai sasaran mingguan Anda

Hadiahnya bisa sesederhana seperti mengucapkan “hebat” pada diri sendiri. Atau hadiah yang agak mewah seperti memanjakan diri anda untuk kuliner, liburan, dll.

      4. Beri diri Anda sendiri waktu jeda atau waktu untuk beristirahat

Kadang-kadang orang yang paling bertekad pun bisa kewalahan, Anda mungkin terlalu memaksa diri sendiri, dan Anda mungkin perlu waktu istirahat. Apabila sasaran Anda adalah mengolah tubuh atau kebugaran, mungkin ambil waktu istirahat selama 3 atau 4 hari bukan 1 atau 2 hari seperti biasanya. Apabila sasaran Anda adalah prestasi di sekolah, perkuliahan, atau tempat kerja, jangan coba lakukan semua pekerjaan Anda dalam satu waktu, tetapi perpanjang hingga satu hari atau seminggu, apabila memungkinkan.

      5. Jangan terlalu keras mendorong diri Anda sendiri

Setiap orang kadang-kadang mengalami kemunduran. Apabila Anda gagal mencapai sasaran minggu ini, jangan menjadi terlalu emosional. Biarkan diri Anda menjadikan hal tersebut sebagai pelajaran. Bukan hanya cara Anda mencapai sasaran yang harus diperhatikan, tetapi seberapa sukses hasilnya dan bagaimana Anda terus maju mencapai sasaran utama. Jangan berkutat dengan kegagalan, terimalah kegagalan itu sebagai hal yang manusiawi, dan lanjutlah bekerja mencapai sasaran terakhir Anda.

Nah, itulah beberapa tips dan trik agar kita selalu termotivasi. Apabila Anda sedang sangat tidak termotivasi atau sangat kesulitan memotivasi diri sendiri untuk mencapai sasaran dasar yang diperlukan seperti keluar dari tempat tidur, bekerja, atau membersihkan diri sendiri, konsultasi pada dokter atau psikolog, ini bisa jadi tanda-tanda depresi.

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours