Waktu Belajar Terbaik Untuk Otak

Estimated read time 3 min read

Otak merupakan organ terpenting bagi manusia dalam menunjang kesehariannya mulai dari pikiran, fisik, dan lain-lain. Tidak hanya tubuh, otak manusia memiliki irama tersendiri sehingga ada waktu terbaik otak untuk belajar. Kebanyakan orang kurang memperhatikan pentingnya memahami cara kerja otak dan kapasitas yang mampu dihadapi. Sehingga banyak pekerjaan otak yang kurang maksimal.
Sebaliknya, apabila terus-terusan berpikir dan membuat otak bekerja, juga bisa mengakibatkan kelelahan bahkan bisa juga depresi.
Berikut adalah waktu terbaik bagi otak untuk memaksimalkan fungsi dan kinerjanya.

1.    Pukul 09.00 – 10.59

Merupakan waktu paling produktif untuk melakukan aktivitas. Ini karena otak cukup mengeluarkan hormon stress sehingga bisa lebih fokus. Oleh karenanya, jika kamu memiliki tugas segera selesaikan pada waktu ini. Ini karena otak cukup mengeluarkan hormon stres sehingga bisa lebih fokus.

2.    Pukul 11.00 – 13.59

Waktu yang paling cocok untuk megerjakan tugas berat atau sulit karena pada pukul ini hormon tidur menurun tajam. Pada waktu ini disarankan untuk tidak melakukan beberapa tugas secara bersamaan, karena akan membuat seseorang kehilangan konsentrasi.

3.    Pukul 14.00

Merupakan saat terbaik untuk beristirahat siang karena asupan darah atau oksigen ke otak agak berkurang. Hal ini karena saat mencerna makan siang, tubuh akan menarik darah dari otak ke perut. Kondisi ini akan membuat asupan darah atau oksigen ke otak sedikit berkurang. Pada jam ini kamu akan mengantuk jadi cobalah beristirahat sebentar.

4.    Pukul 15.00 – 17.00

Waktu saat otak benar-benar lelah jadi usahakan melakukan kegiatan yang berbeda bersama teman agar bisa lebih santai. Misalnya kerja kelompok. Meski otak tidak terlalu tajam, tapi seseorang akan merasa lebih santai dan tekanan tubuhnya juga lebih rendah.

5.    Pukul 18.00 – 19.59

Waktu yang terbaik untuk mengerjakan tugas pribadi karena otak masuk dalam masa pemeliharaan, yaitu ketika produksi melatonin (Hormon tidur) masih berada di level rendah.

6.    Pukul 20.00 – 21.59

Merupakan saat yang tepat untuk bersantai karena kamu mulai mengantuk karena hormon melatonim meningkat, Waktu ini paling cocok untuk meninggalkan pekerjaan atau tugas dan mulai bersantai.

7.    Pukul 10 malam ke atas

Waktu ini merupakan waktunya istirahat malam dan tidur. Kamu bisa mengatur cahaya dalam ruangan karena pengaturan cahaya akan dapat membantu membiarkan otak beristirahat. Biasakan tidur dengan cukup sebanyak 7-8 jam, sehingga bisa mendapatkan kesehatan dan energi yang optimal di pagi hari.
Lalu sebenarnya kapan waktu terbaik otak untuk belajar?

  • Otak bisa fokus biasanya saat pagi hari karena masih dalam keadaan segar, yaitu jam 9-11 pagi.
  • Otak akan lebih mudah berkonsentrasi untuk mengerjakan tugas berat dan belajar pada Jam 11-2 siang.
  • Setelah belajar otak dapat beristirahat penuh dengan tidur semalaman. Oleh karenanya waktu terbaik otak untuk belajar adalah jam 6-8 malam.

Nah itu dia seputar waktu belajar terbaik untuk otak, semoga bermanfaat.–

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours