Mahasiswa Wajib Tahu, Inilah 5 Fakta Menarik Seputar Dunia Kesehatan

Estimated read time 4 min read

Kesahatan merupakan suatu hal yang pasti dinginkan oleh semua orang, baik itu yang tua hingga yang muda, Kesehatan adalah prioritas utama dalam melaksanakan kehidupan di dunia. Maka dari itu, banyak sekali pembahasan yang tentu berhubungan dengan dunia Kesehatan, baik itu topik pembahasan yang berhubungan dengan kesehatan mental maupun topik pembahasan yang berhubungan dengan kesehatan fisik. Terlebih lagi topik-topik tersebut biasanya banyak dicari oleh warga dunia untuk dijadikan bahan kajian dan pembelajaran dirinya.

Ada banyak sekali fakta menarik seputar dunia kesehatan. Fakta-fakta tersebut biasanya berkaitan langsung dengan keberadaan manusia sebagai objek yang dapat dikatakan sehat atau tidak, baik itu dari segi sehat mental ataupun dari segi sehat jasmani atau sehat fisik. Maka dari, pada kesempatan kali ini mimin mau ngasih tahu ke teman-teman mengenai lima fakta menarik seputar dunia kesehatan, mari langsung saja disimak artikelnya.

  1. Mengonsumsi gula berlebih sama buruknya dengan merokok

Salah satu fakta menarik mengenai dunia kesehatan adalah mengonsumsi gula sama buruknya dengan merokok, hal tersebut disebabkan oleh gula mengandung stigma yang sama dengan rokok. Baik itu gula maupun rokok sama-sama mengandung zat seperti alkohol yang mengganggu metabolisme tubuh dan otak. Hal tersebutlah yang mendasari mengapa ketika kita mengonsumsi gula secara berlebihan menyebabkan pusing dan lain sebagainya. Maka dari itu mengonsumsi gula secara berlebihan sama buruknya dengan merokok.

  1. Menempatkan tidur di sela kesibukan dapat membuat anda behagia

Fakta berikutnya seputar dunia kesehatan adalah menempatkan tidur beberapa saat di sela kesibukan dapat membuat anda bahagia. Beberapa hal yang mendasari fakta tersebut adalah tidur merupakan kebutuhan manusia, maka dariĀ  itu selaku manusia kita harus memiliki waktu tidur yang baik yaitu delapan jam sehari. Dengan meluangkan sedikit waktu untuk tidur di sela kesibukan, kita dapat mengembalikan performa otak ke keadaan terbaiknya. Maka dari itu, dengan tidur sejenak di sela kesibukan kita dapat merasakan bahagia karena disebabkan oleh otak yang kembali segar.

  1. Olahraga tidak akan membuat tubuh anda kurus

Selanjutnya fakta menarik seputar dunia kesehatan adalah olahraga tidak akan membuat tubuh anda kurus. Berolahraga memang sejatinya dapat membuat tubuh kita sehat dan bugar, namun pada dasarnya ketika olahraga tersebut tidak dibarengi dengan asupan makan yang sehat dan teratur tentu hanya akan menimbulkan sesuatu yang sia-sia saja. Maka dari itu, ketika kita berolahraga namun tidak dibarengi dengan pola makan yang sehat, tubuh kita tidak akan merespon hal positif dan malah membuat tubuh kita sakit.

Begitu pula dengan tubuh kurus, olahraga tidak akan membuat tubuh kita kurus. Itu karena ketika asupan makan yang kita lakukan tidak dijaga maka olahraga tidak akan ada artinya. Contohnya meskipun kita berolahraga mati-matian namun kita masih mengonsumsi makanan cepat saji tanpa mau mengonsumsi sayur dan buah-buahan maka sudah tentu olahraga yang kita lakukan akan berujung sia-sia dan tidak berguna bagi program pengurusan berat badan yang kita lakukan.

  1. Mengunyah permen karet dapat memperkuat otak anda

Beberapa studi yang dilakukan oleh mahasiswa mengatakan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan kemampuan pemrosesan otak. Hal tersebut disebabkan ketika kita mengunyah permen karet, terlebih lagi permen karet rasa mint akan menurunkan rasa stres dan rasa lelah yang kita alami. Maka dari itu kemampuan otak pun akan meningkat seiring dengan berkurangnya rasa stres dan rasa lelah tersebut.

  1. Menjadi optimis dapat menyelamatkan hidup anda

Fakta yang terakhir mengenai dunia Kesehatan adalah berhubungan dengan kesehatan mental, yaitu menjadi optimis dapat menyelamatkan hidup anda. Menjadi optimis adalah karakter yang sangat didambakan semua orang, hal tersebut didasarkan pada karakter optimis akan selalu mendapatkan apa yang mereka inginkan. Meskipun perkataan tersebut dapat diragukan, memiliki karater yang optimis sudah tentu dapat menjadi penyelemat hidup bagi manusia. Contohnya saja ketika kita memiliki suatu penyakit, kemudian karakter optimis tersebut tidak muncul, malah pesimis yang muncul, maka persentase kesembuhan pun akan menurun. Maka dari itu rasa optimis dapat menyelamatkan hidup kita.

Sekian artikel pada hari ini terima kasih karena sudah membaca dari awal sampai akhir, salam jurnalis, salam literasi, Jurnalis Nuansa, satu tulisan sejuta perubahan.

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours