Apakah Work Life Balance itu Penting?

Estimated read time 2 min read

Apakah Work Life Balance itu Penting?

Keseimbangan kehidupan dalam bekerja (work life balance) mengacu pada tingkat prioritas antara aktivitas pribadi dan profesional dalam kehidupan individu dan tingkat di mana aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan yang ada di rumah. Keseimbangan kehidupan kerja adalah isu yangbanyak dibicarakan seiring dengan meningkatnya jumlah teknologi yang menghilangkan pentingnya lokasi fisik dalam menentukan keseimbangan kehidupan dalam kerja. Dengan adanya peningkatan teknologi seluler dan perangkat lunak berbasis cloud telah mempermudah karyawan untuk ‘secara permanen’ bekerja, mengaburkan perbedaan antara profesional dan pribadi. Beberapa komentator berpendapat bahwa telepon pintar dan akses ‘selalu aktif’ ke tempat kerja telah menggantikan kendali otoriter para manajer. [1]

Apabila kehidupan dalam bekerja tidak seimbang akan mengakibatkan stress yang bisa disebabkan oleh kebutuhan karyawan yang dirasakan untuk melakukan lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat [1]. Oleh karena itu, keseimbangan dalam bekerja (work life balance) menjadi penting dari lingkungan kerja yang sehat dan produktif, karena dengan mempertimbangkan dan memisahkan kehidupan pribadi dan kehidupan professional. Kita akan merasa puas dengan waktu yang didedikasikan untuk pekerjaan dan urusan pribadi, sehingga akan menjaga kesehatan mental dan mengalami lebih sedikit stress terkait pekerjaan. Selain itu, juga dapat membantu untuk mengembangkan hubungan pribadi yang lebih positif sambil mencapai tujuan tempat kerja [2]. Dengan menerapkan keseimbangan hidup dalam bekerja, kita dapat memperoleh manfaat sebagai berikut :

Menjaga kesehatan mental

Individu yang berusaha menjaga kesehatan mentalnya akan lebih mudah mengelola emosi, pikiran, atau pengalaman negatif. Bagi sebagian orang, memproses emosi dapat meningkatkan peluang mereka untuk menemukan faktor kehidupan kerja yang berkontribusi terhadap perasaan stres atau ketidakbahagiaan, sehingga ketika merasa tidak Bahagia hal tersebut akan dengan mudah diidentifikasi, sehingga bisa membuatnya lebih mudah untuk dihilangkan.

Meningkatkan kesehatan fisik

Menjaga kesehatan fisik dapat memastikan kamu memiliki energi yang cukup untuk menyelesaikan tugas profesional dan pribadi secara efisien.

Meminimalkan stres terkait pekerjaan

Stres terkait pekerjaan terkadang dapat terjadi ketika karyawan merasa kewalahan dengan beban kerja dan tanggung jawab mereka. Memiliki kendali atas faktor-faktor ini dapat membantu untuk mencapai keseimbangan pribadi dan profesional yang memuaskan. Beberapa pilihan yang dapat dibuat pada tempat kerja untuk meminimalkan stress, yaitu termasuk mendelegasikan tugas jika memungkinkan dan menolak untuk mengambil lebih banyak pekerjaan daripada yang dapat kamu tangani secara wajar. Selain itu, kamu juga dapat mempelajari cara mengelola beban kerja secara lebih efektif dengan memprioritaskan tugas yang paling penting atau yang sensitif terhadap waktu. [2]

 

Referensi :

[1] https://www.hrzone.com/hr-glossary/what-is-work-life-balance

[2] https://ca.indeed.com/career-advice/career-development/why-work-life-balance-is-important

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours