Apa itu manajemen stress?

Estimated read time 4 min read

Apa itu manajemen stress?

Manajemen stress adalah cara yang dilakukan untuk mengurangi efek dari adanya stress yang mempengaruhi kesehatan tubuh dan pikiran. Ketika digunakan secara positif, stres dapat menyebabkan pertumbuhan, tindakan, dan perubahan pad ahal yang lebih baik, tetapi stres jangka panjang yang negatif dapat mengurangi kualitas hidup. [1] Manajemen stres menawarkan berbagai strategi untuk membantu dalam mengatasi stres dan kesulitan yang lebih baik dalam hidup. Selain itu, dengan mengelola stres dapat membantu dala menjalani hidup yang lebih seimbang dan lebih sehat. Oleh karena itu, Manajemen stres yang efektif membantu untuk menghilangkan stres dalam hidup, sehingga kita bisa lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih produktif yang bertujuan untuk menciptakan kehidupan yang seimbang dengan waktu untuk bekerja, hubungan, relaksasi, dan kesenangan—serta ketahanan untuk bertahan di bawah tekanan dan menghadapi tantangan secara langsung [2]. Berikut cara untuk melakukan manajemen stress :

Identifikasi sumber stres dalam hidup

Manajemen stres dimulai dengan mengidentifikasi sumber stres dalam hidup kita. Untuk mengidentifikasi apa yang benar-benar membuat kita stres, selain itu juga perhatikan baik-baik kebiasaan, sikap, dan alasannya, seperti : “Apakah stress didefinisikan sebagai bagian dari pekerjaan atau sebagai bagian dari kepribadian?”, “Apakah Kamu menyalahkan stres pada orang lain atau kejadian di luar?”. Untuk memudahkan dalam mengindentifikasi, jurnal stress bisa digunakan setiap kali kita merasa stress, sehingga memungkinkan untuk melihat pola dan tema umum.

Hentikan cara-cara tidak sehat untuk mengatasi stress

Banyak dari kita merasa sangat stres, kita menggunakan cara yang tidak sehat dan tidak produktif untuk mengatasinya. Banyak dari strategi yang tidak membantu ini dapat mengurangi stres untuk sementara, tetapi dalam jangka panjang, strategi tersebut justru menyebabkan lebih banyak kerusakan:

Merokok, minum terlalu banyak, atau menggunakan obat-obatan untuk bersantai.

Makan berlebihan dengan junk food atau makanan yang menenangkan.

Menarik diri dari teman, keluarga, dan aktivitas sosial.

Terlalu banyak tidur.

Menunda-nunda.

Melampiaskan stres Anda pada orang lain

Bergeraklah

Saat kamu stres, hal terakhir yang mungkin ingin dilakukan adalah bangun dan berolahraga. Tetapi aktivitas fisik adalah pereda stres yang sangat besar—dan kamu tidak perlu menjadi seorang atlet atau menghabiskan waktu berjam-jam di gym untuk merasakan manfaatnya. Olahraga melepaskan endorfin yang membuat kamu menjadi merasa baik, dan itu juga bisa berfungsi sebagai pengalih perhatian yang berharga dari kekhawatiran yang ada.

Terhubung ke orang lain

Tidak ada yang lebih menenangkan daripada menghabiskan waktu berkualitas dengan manusia lain yang membuat kamu merasa aman dan dipahami. Faktanya, interaksi tatap muka memicu aliran hormon yang menangkal respons defensif tubuh “melawan atau lari” yang bisa menjadi pereda stres alami (sebagai bonus tambahan, ini juga membantu mencegah depresi dan kecemasan). Jadi pastikan untuk terhubung secara teratur—dan secara langsung—dengan keluarga dan teman.

Luangkan waktu untuk bersenang-senang dan relaksasi

Di luar pendekatan bertanggung jawab dan sikap positif, kamu dapat mengurangi stres dalam hidup denganmeluang waktu untuk diri sendiri. Selain itu, Jangan terlalu terjebak dalam hiruk pikuk kehidupan sehingga kamu lupa untuk mengurus kebutuhan sendiri

Kelola waktu dengan lebih baik

Manajemen waktu yang buruk dapat menyebabkan banyak stres. Ketika berlari di belakang, sulit untuk tetap tenang dan fokus, sehingga kamu akan tergoda untuk menghindari atau mengurangi semua hal baik yang harus dilakukan untuk mengendalikan stres, seperti bersosialisasi dan tidur yang cukup.

Jaga keseimbangan dengan gaya hidup sehat

Selain olahraga teratur, ada pilihan gaya hidup sehat lainnya yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stress, yaitu :

Makan makanan yang sehat.

Kurangi kafein dan gula.

Hindari alkohol, rokok, dan obat-obatan.

Tidur yang cukup. [2]

 

Reference:

[1] https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/stress-management/about/pac-20384898#:~:text=Stress%20management%20offers%20a%20range,response%20to%20a%20challenging%20event.

[2]https://www-helpguide-org.translate.goog/articles/stress/stress management.htm?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=wapp

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours