APA ITU BUSINESS PLAN CANVAS?

Estimated read time 3 min read

APA ITU BUSINESS PLAN CANVAS?

Business Model Canvas (BMC) awalnya dikembangkan oleh Alex Osterwalder dan Yves Pigneur dan diperkenalkan dalam buku mereka ‘ Business Model Generation ‘ sebagai kerangka kerja visual untuk merencanakan, mengembangkan, dan menguji model bisnis suatu organisasi [1]. Business Model Canvas (BMC) adalah alat manajemen strategis untuk mendefinisikan dan mengkomunikasikan ide atau konsep bisnis dengan cepat dan mudah [2]. BMC dapat digunakan untuk menjelaskan siapa pelanggan Anda dan bagaimana Anda memberikan nilai kepada mereka. Oleh karena itu, Business Model Canvas memungkinkan untuk menentukan berbagai komponen tersebut pada satu halaman.  Business Model Canvas mengalahkan rencana bisnis tradisional yang membentang di beberapa halaman, dengan menawarkan cara yang jauh lebih mudah untuk memahami berbagai elemen inti bisnis [1].

 

Gambar diambil dari Web Creately

Berdasarkan gambar di atas, pada sisi kanan kanvas berfokus pada pelanggan atau pasar (faktor eksternal yang tidak berada di bawah kendali Anda) sedangkan sisi kiri kanvas berfokus pada bisnis (faktor internal yang sebagian besar berada di bawah kendali Anda). Di tengah, Anda mendapatkan proposisi nilai yang mewakili pertukaran nilai antara bisnis Anda dan pelanggan Anda [1].

Penggunaan Business Model Canvas memberikan banyak manfaat, diantaranya :

Business Model Canvas memberikan gambaran menyeluruh tentang aspek-aspek penting model bisnis dan memberikan gambaran singkat tentang model bisnis.

BMC memungkinkan tim untuk memiliki pemahaman holistik dan berbagi tentang model bisnis sambil memungkinkan mereka untuk menyelaraskan dan berkolaborasi secara efektif.

Sifat visual yang dimiliki oleh Business Model Canvas dapat membuatnya lebih mudah untuk dirujuk dan dipahami oleh siapa saja.

BMC dapat dianggap sebagai alat analisis strategis karena memungkinkan untuk memeriksa kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan model bisnis.

Lebih mudah untuk mengedit dan dapat dengan mudah dibagikan dengan karyawan dan pemangku kepentingan.

Business Model Canvas adalah alat yang fleksibel dan mudah beradaptasi yang dapat diperbarui dan direvisi seiring perkembangan bisnis.

Business Model Canvas dapat digunakan oleh perusahaan besar dan startup dengan hanya beberapa karyawan.

Business Model Canvas secara efektif memfasilitasi diskusi di antara anggota tim, investor, mitra, pelanggan, dan pemangku kepentingan lainnya yang mengklarifikasi bagaimana berbagai aspek bisnis terkait dan memastikan pemahaman bersama tentang model bisnis.

BMC berorientasi pada tindakan, mendorong bisnis untuk mengidentifikasi aktivitas dan inisiatif untuk meningkatkan model bisnis untuk mendorong pertumbuhan bisnis.

Business Model Canvas memberikan pendekatan terstruktur bagi bisnis untuk mengeksplorasi kemungkinan dan bereksperimen dengan ide-ide baru, sehingga dapat mendorong kreativitas dan inovasi yang mendorong anggota tim untuk berpikir di luar kebiasaan. [1]

 

 

 

Referensi :

[1] https://creately.com/guides/business-model-canvas-explained/

[2] https://medium.com/seed-digital/how-to-business-model-canvas-explained-ad3676b6fe4a

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours