Meningkatkan Kreativitas Demi Terbentuknya Entrepreneur Muda yang Berkualitas

Estimated read time 3 min read

Di zaman modern ini, perkembangan jumlah populasi manusia di dunia semakin meningkat. termasuk juga di Indonesia, jumlah manusia di Indonesia pada sensus penduduk 2020, mencapai lebih dari 273,5 juta. Seiring dengan perkembangan populasi yang semakin tumbuh dengan pesatnya, semakin tinggi pula tingkat pengangguran manusia pada usia produktif karena kesulitan mencari lapangan pekerjaan.

Sebagai masyarakat yang modern, apalagi seorang yang berpendidikan kita seharusnya  jangan hanya mencari pekerjaan, tetapi kita juga harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan, misalnya dengan berwirausaha. Kita sudah sering mendengar kalimat “sebuah bangsa bisa maju, jika wirausahanya maju”. Kalimat tersebut bukan hanya omong kosong belaka, dapat dibuktikan dengan negara-negara maju di dunia, diantaranya Norwegia, Irlandia, Swiss,  Amerika, Singapura, Jepang dan beberapa negara-negara maju lainnya. Mereka bisa maju karena masyarakat negara tersebut banyak yang berwirausaha.

Pentingnya wirausaha bagi kesejahteraan suatu bangsa tidak lagi diragukan kebenarannya. Sehingga menambah jumlah wirausaha di sebuah negara termasuk Indonesia menjadi kunci untuk bangsa yang sejahtera. Saat ini banyak entrepreneur muda yang kreatif, mereka jeli menangkap peluang umtuk mendapatkan penghasilan.

Kebutuhan ini bermula dari adanya kenyataan bahwa negara-negara bekembang (termasuk Indonesia) menghadapi persoalan-persoalan berupa kemiskinan, keterbelakangan, ketenagakerjaan / pengangguran, pertumbuhan ekonomi rendah, dll. Dan harapan besar untuk keluar dari persoalan itu tertuju pada wirausaha sebagai suatu alternatif karena wirausaha dinilai dapat mendorong terciptanya lapangan kerja baru, peningkatan pendapatan masyarakat, dan pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan sektor-sektor ekonomi tertentu. Atau dengan kata lain sikap mental wirausaha merupakan motor penggerak dalam pembangunan negara dalam hal memajukan ekonomi bangsa dan negara, meningkatkan taraf hidup masyarakat, ikut mengurangi pengangguran, juga membantu mengentaskan kemiskinan.

Dari uraian singkat di atas dapat disimpulkan bahwa pengembangan sikap mental mahasiswa untuk berwirausaha sangatlah penting karena akan dapat merubah pola pikir dari pencari kerja menjadi pencipta kerja sehingga dapat menjadi alternatif dalam mengatasi permasalahan kemiskinan, keterbelakangan, ketenagakerjaan / pengangguran di dalam negara jika semua masyarakat merubah mindset dan mau bergerak secara aktif juga kreatif dalam berwirausaha. Lalu bagaimana caranya melatih dan meningkatkan kreativitas dalam berwirausaha?

Beberapa cara agar kreativitas kita terlatih dan meningkat, diantanya :

  1. Amati sekeliling Anda

Amati apa yang terjadi di sekeliling Anda, visualisasikan, dan gunakan semua indra yang ada. Hal ini melatih dan mempertajam ingatan karena kreativitas berarti mempertajam pikiran dan meningkatkan kepekaan indra seseorang.

  1. Berimajinasi

Merenung, berkhayal, mencari celah atau kekurangan untuk perbaikan usaha atau perusahaan.

  1. Mengambil sudut pandang yang berbeda

Bertindak out of the box mungkin belum terbiasa dilakukan, namun Anda bisa mulai melihat sesuatu dengan sudut pandang berbeda.

  1. Melakukan sesuatu

Lakukan hal positif yang belum atau jarang dikerjakan, berinteraksi dengan anak-anak, kerja sosial, dll, karena dapat melatih kreativitas Anda.

  1. Mencatat

Bawalah selalu buku harian untuk mencatat pikiran dan ide yang tiba-tiba Anda temukan sehingga tidak terlupakan.

  1. Tambah wawasan

Penting bagi orang kreatif untuk punya wawasan yang luas dengan mempelajari hal-hal baru di dalam dan di luar bidang yang digeluti. Jelajahi internet, majalah, buku, tersesat di kota atau negara asing, pameran, dll. Kegiatan tersebut bisa menambah kreativitas Anda.

  1. Disiplin dan konsisten

Disiplin merupakan modal utama yang harus kamu miliki agar kamu bisa menjadi pribadi yang sukses dalam berbagai hal. Dengan kata lain, orang yang memiliki sikap disiplin adalah orang yang berpotensi besar untuk mencapai kesuksesan. Setelah disiplin, kita juga harus konsisten dalam melakukan suatu pekerjaan. Agar hasil yang didapat akan maksimal.

Kreativitas dapat dilatih dan bukan anugerah sejak lahir. Maka latih dan tingkatkan kreativitas Anda untuk sukses. Karena kesuksesan tidak dapat diraih oleh orang yang berleha-leha. Mungkin saja di luar sana banyak orang yang berjuang untuk meraih kesuksesannya, kita pun harus bergerak agar tidak tertinggal.

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours