Apa Itu Brand Ambassador?

Estimated read time 3 min read

Apa Itu Brand Ambassador?

Brand Ambassador adalah orang yang mewakili dan mengiklankan perusahaan, mendukung penawarannya, dan bertindak sebagai perwujudan identitas korporat perusahaan melalui kata-kata dan tindakan. Brand Ambassador adalah pakar dalam membicarakan merek secara online dan offline. ugas mereka adalah menciptakan dan mengkonsolidasikan hubungan antara kehadiran perusahaan dan pelanggan. Brand Ambassador dapat ditemukan di berbagai saluran seperti blog dan situs web pribadi serta di platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan LinkedIn. Media sosial telah menjadi bidang yang efektif dalam beberapa tahun terakhir.  Saluran tersebut dimanfaatkan sepenuhnya oleh Brand Ambassador untuk mempromosikan Perusahaan [1].

Perusahaan membutuhkan Brand Ambassador karena perusahaan membutuhkan “wajah”, orang sungguhan yang memiliki semua sifat yang diperlukan untuk berbagi nilai yang ada pada merek. Idealnya, merek ingin melihat figur publik yang memiliki pengaruh besar di masyarakat [2]. Selain itu, Brand Ambassador juga memberikan aspek manusia untuk kampanye pemasaran, sehingga semakin banyak orang mengenal merek Anda, maka akan semakin besar kemungkinan mereka membeli dari perusahaan atau bisnis Anda. Lalu, dengan menggunakan Brand Ambassador juga dapat membantu membangun ulasan dan komentar online yang positif yang memengaruhi cara pelanggan untuk melihat produk Anda [3].

Secara Spesifik, Brand Ambassador dapat menawarkan banyak keuntungan diantaranya :

Mereka memberikan sentuhan kepada merek

Pelanggan dan pelamar potensial lebih cenderung mengidentifikasi dengan merek dan perusahaan jika mereka memiliki wajah untuk mereka. Menggunakan model profesional untuk mempromosikan merek tidak secara otomatis membuatnya lebih menarik bagi pelanggan sasaran, namun dengan adanya Brand Ambassador bisa membuat merek menjadi manusiawi dan nyata.

Mereka memperkuat tim pemasaran dan perekrutan

Dengan Brand Ambassador, perusahaan mendapatkan perwakilan penjualan dan anggota tambahan dari tim pemasaran atau perekrutan.  Di sinilah sebagian besar kekuatan influencer korporat berada. Dengan memberikan ulasan positif, mereka dapat mengubah persepsi publik terhadap perusahaan.

Mereka adalah penolong yang sangat baik untuk kehadiran sosial Perusahaan.

Sebagian besar waktu, Brand Ambassador yang menjadi figur publik pasti sudah memiliki pengikut dan jejaring sosial yang luas. Oleh karena itu, mereka juga sering disebut sebagai influencer, karena mereka dapat menjangkau banyak orang hanya dengan satu postingan blog, update status, atau tweet. Situs web perusahaan juga bisa mendapatkan keuntungan, karena reputasi online mereka yang solid.

Mereka adalah pemecah masalah praktis

Setiap perusahaan berurusan dengan ulasan buruk, untuk mengatasi hal tersebut jauh lebih mudah dengan bantuan Brand Ambassador karena mereka memiliki kekuatan untuk mengurangi ulasan buruk.

Mereka dapat memperluas pasar

Dengan bantuan Brand Ambassador, pasar baru dapat terbuka lebih luas dengan menjangkau hingga ke luar negeri. [1]

 

Referensi :

[1] https://blog.radancy.com/2022/10/12/brand-ambassadors-who-are-they-and-what-do-they do/#:~:text=A%20brand%20ambassador%20is%20a,the%20brand%20online%20and%20offline.

[2] https://sendpulse.com/support/glossary/brand-ambassador

[3] https://leadgenera.com/knowledge-hub/brand-building/what-is-a-brand-ambassador/#:~:text=Brand%20ambassadors%20provide%20the%20human,potential%20customers%20view%20your%20products.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours