APA ITU DIGITAL MARKETING?

Estimated read time 3 min read

APA ITU DIGITAL MARKETING?

Pemasaran digital mengacu pada penggunaan saluran digital untuk memasarkan produk dan layanan kepada konsumen. Jenis pemasaran ini melibatkan penggunaan situs web, perangkat seluler, media sosial , mesin telusur, dan saluran serupa lainnya. Pemasaran digital melibatkan beberapa prinsip yang sama dengan pemasaran tradisional dan sering dianggap sebagai cara tambahan bagi perusahaan untuk mendekati konsumen dan memahami perilaku mereka [1]. Pemasaran digital menjadi penting karena saluran digital mudah diakses. Faktanya, ada 5 miliar pengguna internet secara global pada April 2022 saja. Ada banyak cara untuk menggunakan taktik pemasaran digital untuk berkomunikasi dengan audiens yang telah ditargetkan. Selain itu, pemasaran digital memiliki biaya awal yang minimal, menjadikannya teknik pemasaran yang hemat biaya untuk usaha kecil [2]. Berikut adalah beberapa contoh utama dari jenis taktik pemasaran digital :

Optimisasi Mesin Pencari

Optimisasi mesin pencari, atau SEO, secara teknis adalah alat pemasaran daripada bentuk pemasaran itu sendiri. Menurut The Balance, SEO dapat didefinisikan sebagai “seni dan ilmu membuat halaman web menarik bagi mesin telusur”. Saat ini, elemen terpenting untuk dipertimbangkan saat mengoptimalkan halaman web untuk mesin telusur meliputi:

Kualitas konten

Tingkat keterlibatan pengguna

Ramah seluler

Jumlah dan kualitas tautan masuk.

Selain elemen-elemen di atas, perlu juga untuk mengoptimalkan SEO teknis, yaitu semua komponen back-end yang ada pada situs yang juga termasuk struktur URL. Dengan demikian, SEO ini digunakan untuk mendapatkan peringkat di halaman pertama pada hasil mesin pencari. Hal ini memastikan bahwa mereka yang menelusuri query-terkait dengan pengguna yaitu mereka yang ingin mencari sesuatu di web-yang spesifik terkait merek Anda, sehingga akan dengan mudah menemukan produk atau layanan yang diberikan. Meskipun ada banyak mesin telusur, pemasar digital sering berfokus pada Google karena merupakan pemimpin global di pasar mesin telusur.

Pemasaran media sosial

Pemasaran media sosial berarti mengarahkan kesadaran merek dengan melibatkan orang dalam ruang online, Anda dapat menggunakan pemasaran media sosial untuk menyoroti merek, produk, layanan, budaya, dan lainnya. Dengan miliaran orang menghabiskan waktu mereka untuk terlibat di platform media sosial, berfokus pada pemasaran media sosial dapat bermanfaat.

Platform digital paling populer untuk pemasaran media sosial adalah Facebook, Twitter, dan Instagram, dengan LinkedIn dan YouTube tidak jauh di belakangnya. Pada akhirnya, platform media sosial mana yang Anda gunakan untuk bisnis bergantung pada tujuan dan audiens Anda. Misalnya, jika Anda ingin mencari prospek baru untuk startup FinTech Anda, menargetkan audiens Anda di LinkedIn adalah ide yang bagus karena profesional industri aktif di platform tersebut. Di sisi lain, menjalankan iklan media sosial di Instagram mungkin lebih baik untuk merek Anda jika Anda menjalankan B2C yang berfokus pada konsumen yang lebih muda.

Pemasaran bayar per klik

Bayar per klik, atau PPC, adalah bentuk pemasaran digital di mana Anda membayar biaya setiap kali seseorang mengklik iklan digital Anda. Jadi, alih-alih membayar jumlah yang ditetapkan untuk terus menjalankan iklan bertarget di saluran online, Anda hanya membayar untuk iklan yang berinteraksi dengan individu. Bagaimana dan kapan orang melihat iklan Anda.

Pemasaran afiliasi

Afiliasi pemasaran adalah taktik pemasaran digital yang memungkinkan seseorang menghasilkan uang dengan mempromosikan bisnis orang lain.

Iklan asli

Periklanan asli adalah pemasaran digital yang menyamar. Tujuannya adalah untuk berbaur dengan konten di sekitarnya sehingga tidak terlalu mencolok seperti iklan [2].

 

Referensi :

[1] https://www.investopedia.com/terms/d/digital-marketing.asp

[2] https://mailchimp.com/marketing-glossary/digital-marketing/#:~:text=Digital%20marketing%2C%20also%20called%20online,messages%20as%20a%20marketing%20channel.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours