Sering Merasa Insecure? Terapkan Tips Berikut Agar Kamu Selalu Merasa Percaya Diri

Estimated read time 3 min read

Rasa insecure, keraguan, tidak percaya diri, dan ketakutan pasti pernah dirasakan oleh semua orang. Bahkan orang yang paling percaya diri sekalipun, pernah memiliki perasaan yang sama. Lalu, apa itu insecure? Insecure adalah perasaan tidak aman. Dengan kata lain, seseorang akan merasa ada suatu hal yang kosong dan berusaha untuk mengisinya dengan berbagai cara. Insecure adalah hal yang normal terjadi tetapi merasa insecure terhadap diri sendiri secara berlarut-larut dapat mempengaruhi setiap aspek kehidupan. Mulai dari kesehatan fisik maupun emosional.

Orang yang memiliki rasa insecure mungkin juga memiliki kepercayaan diri yang rendah, sering membandingkan diri dengan orang lain, hidup yang tidak terarah, atau merasa diabaikan oleh orang lain. Berikut adalah tips untuk mengilangkan rasa insecure agar kamu lebih percaya diri.

Yang pertama persiapkan fisik dan mental

  1. Hindari jalan sambil menunduk

Postur dan sikap saat berjalan erat pengaruhnya pada mood atau suasana hati. Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang berjalan dengan lambaian atau gerakan tangan yang minimal, cenderung mempunyai mood yang cenderung negatif.

  1. Tatap mata seseorang saat berbicara

Kontak mata membantu untuk menghilangkan rasa takut jika kamu sedang berbicara di depan umum dan semakin mendekatkan kamu dengan lawan bicara. Stress merupakan perasaan yang datang dari sesuatu yang asing dan tidak dapat dikendalikan. Kontak mata memberikan pembicara gambaran dari kenyataan yang tidak lain adalah lawan bicara itu sendiri. Kontak mata juga membantu menarik minat lawan bicara kamu.

  1. Penampilan rapi dan nyaman

Berpakaian juga memengaruhi kepercayaan diri. Merawat dan menjaga diri dengan baik bisa meningkatkan rasa bangga tersendiri. Mempercantik diri kadang bukan untuk pamer, melainkan untuk membuat kita merasa lebih senang dan nyaman. Saat kamu melihat pantulan diri di cermin dan melihat penampilan yang lebih rapi atau cantik, akan mengalir rasa nyaman dalam diri. Hal ini pun akan memengaruhi cara kita membawakan diri. Karena saat sudah merasa nyaman, kita bisa lebih mudah menjalani dan melakukan berbagai aktivitas kita. Tidak ada perasaan rendah diri karena kita sudah melakukan yang terbaik untuk menjaga diri dengan kenyamanan yang kita butuhkan.

  1. Tubuh tegak saat duduk bediri dan berjalan

Jika kita berdiri tegak maka akan memancarkan rasa kepercayaan diri dan merasa lebih pede. Ketika sedang duduk dalam sebuah pertemuan, posisi duduk juga memberikan sebuah pesan. Duduk tegak memberikan sinyal ketegasan yang dikenal dengan pose berkuasa. Tidak ada salahnya mengingat bahwa bahasa tubuh kita seperti berdiri atau duduk adalah gambaran diri kita sendiri terhadap orang lain tentang pikiran, sikap, dan emosi kita.

  1. Pikirkan hal-hal yang baik

Penting untuk punya pikiran positif sehari-hari. Pikiran yang baik dan positif akan membawa kamu pada tingkat kepercayaan diri yang maksimal. Jauhi pikiran-pikiran negatif atau kecemasan soal komentar orang lain.

Usahakan juga untuk berada di dalam lingkungan orang-orang positif yang saling mendukung. Dengan memikirkan hal-hal yang baik maka akan menarik hal hal yang baik pula. Have a good mood, maka kamu juga akan percaya diri

Tanamkan mindset, Apa yang kamu lakukan, semalu-malunya hal tersebut, orang juga pasti akan lupa, semalu-malu apapun orang juga paling cuma membicarakan sesaat lalu lanjut dalam kehidupan mereka lagi.

Itulah tips supaya kamu lebih percaya diri dan tidak merasa insecure, selamat mencoba.

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours