MENGAPA MANAJEMEN WAKTU ITU PENTING?

Estimated read time 3 min read

MENGAPA MANAJEMEN WAKTU ITU PENTING?


Manajemen waktu adalah proses pengorganisasian dan perencanaan bagaimana membagi waktu antara aktivitas dan prioritas tertentu. Apabila Kamu memiliki manajemen waktu yang lebih baik maka hal tersebut dapat membantu untuk meningkatkan fokus, membangun kepercayaan diri, dan memungkinkan untuk merencanakan waktu dengan lebih efektif [1]. Manajemen Waktu meliputi perencanaan efektif, menetapkan tujuan dan sasaran, menetapkan tenggat waktu melaksanakan tanggung jawab, memprioritaskan kegiatan sesuai kepentingannya, dan menghabiskan waktu yang tepat untuk aktivitas yang tepat, yang dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Perencanaan Efektif

Rencanakan hari-hari yang akan dilewati pada jauh-jauh hari dengan menyiapkan To Do List atau “TASK PLAN” dan catat kegiatan penting yang perlu dilakukan dalam satu hari terhadap waktu yang harus dialokasikan untuk setiap kegiatan. Dengan catatan bahwa pekerjaan dengan Prioritas Tinggi harus didahulukan diikuti oleh pekerjaan yang tidak terlalu membutuhkan kepentingan saat ini. Lalu, selesaikan tugas yang tertunda satu per satu. Setelah itu, Centang tugas yang sudah diselesaikan

2. Menetapkan Tujuan dan Sasaran

Bekerja tanpa tujuan dan sasaran dalam sebuah organisasi akan mirip dengan situasi di mana kapten kapal tersesat di laut. Ya, Kamu akan tersesat. Oleh karena itu, perlu untuk menetapkan target untuk diri sendiri dan pastikan itu realistis serta dapat dicapai.

3. Menetapkan Tenggat Waktu

Tetapkan tenggat waktu untuk diri sendiri dan berusaha keras untuk menyelesaikan tugas sebelum tenggat waktu.

4. Melakukan Tanggung Jawab

Peran dan tanggung jawab harus dilakukan sesuai minat dan spesialisasi yang sesuai dengan diri sendiri, agar tugas dapat diselesaikan dalam tenggat waktu yang ada.

5. Memprioritaskan Tugas

Prioritaskan tugas sesuai kepentingan dan urgensinya. Ketahui perbedaan antara pekerjaan penting dan mendesak. Identifikasi tugas mana yang harus diselesaikan dalam satu hari, yang semuanya harus diselesaikan dalam satu bulan dan seterusnya. Tugas yang paling penting harus dilakukan lebih awal.

6. Menghabiskan waktu yang tepat untuk aktivitas yang tepat

Kamu perlu untuk mengembangkan kebiasaan untuk melakukan hal yang benar pada waktu yang tepat. Pekerjaan yang dilakukan pada waktu yang salah itu tidak banyak berguna. Oleh karena itu, jangan sia-siakan satu hari penuh untuk sesuatu yang dapat dilakukan dalam satu jam atau lebih (misalnya bermain sosial media) [2].

Manajemen waktu dapat memberikan manfaat-manfaat sebagai berikut :

1. Manajemen waktu membantu Kamu untuk mencapai tujuan

Ketika Kamu memahami mengapa keterampilan manajemen waktu itu penting, maka Kamu akan mendapatkan motivasi untuk berhenti untuk menyia-nyiakan waktu dan memulai untuk mengejar tujuan.

2. Manajemen waktu membantu Kamu menjadi lebih teratur

Ketika mengatur waktu dengan benar, Kamu akan menyelesaikan lebih banyak dan menghemat lebih banyak waktu untuk aktivitas yang benar-benar disukai. Mengatur waktu dengan baik meliputi:

• Membuat daftar tugas ,

• Mengalokasikan waktu untuk setiap item dari daftar tugas, dan

• Menjadwalkan tugas-tugas itu di kalender

Dengan mengikuti rutinitas ini, Kamu akan dapat dengan mudah mengikuti rencana dan menyelesaikan tugas harian tanpa stress. Selian itu, Kamu tidak perlu khawatir kehilangan tenggat waktu atau melupakan tugas—karena Kamu telah merencanakan waktu sedemikian rupa sehingga mencegah terjadinya hal seperti itu.

3. Manajemen waktu membantu mencapai keseimbangan kehidupan kerja

Di antara efek penting dari manajemen waktu yang baik adalah lebih banyak waktu luang. Ketika lebih banyak waktu luang berarti Kamu memiliki lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama orang yang Kamu cintai, melakukan hobi, atau bahkan melakukan jalan-jalan. Hal tersebut dapat dilakukan karena adanya keseimbangan kehidupan kerja yang sehat.

4. Manajemen waktu membantu Kamu merasa lebih baik

Ketika Kamu mengatur waktu dengan benar, maka Kamu akan menikmati perasaan senang karena daftar tugas yang telah selesai dan merasa lebih mampu melakukan apa pun dalam agenda yang telah dibuat. [3]

Referensi :

[1] https://www.bakkerelkhuizen.com/knowledge/the-10-most-important-benefits-of-time-management/?country=I&lang=EN

[2] https://www.managementstudyguide.com/time-management.htm

[3] https://clockify.me/blog/productivity/importance-time-management/

 

 

 

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours