Pentingnya Money Management bagi Mahasiswa

Estimated read time 4 min read

Sebagai mahasiswa kita pasti mempunyai banyak pengeluaran yang dipergunakan untuk keperluan kuliah, apalagi jika kamu berada di semester akhir, belum lagi tuntutan keluarga yang mengharuskan kamu mandiri. Maka pengaturan uang atau Money Management sangatlah penting kamu implementasikan.

Oke kita mulai dari pengertian Money management, Menurut (Chen, 2021) money management atau Pengelolaan uang mengacu pada proses penganggaran, tabungan, investasi, pengeluaran, atau mengawasi penggunaan modal individu atau kelompok. Istilah ini juga dapat merujuk lebih sempit ke manajemen investasi dan manajemen portofolio.

So, dari penegertian di atas kita sudah mendapat gambaran mengenai money management yakni sebuah proses penganggaran uang baik itu untuk investasi, tabungan, pengeluaran bulanan, dll. Sebuah proses ini sangat penting diketahui oleh mahasiswa apalagi mahasiswa tingkat akhir. 75% problematika yang dihadapi mahasiswa tingkat akhir adalah keuangan. Bagaimana tidak, revisi skripsi pake uang, persyaratan kelulusan pake uang, wisuda pake uang, baju kebaya pake uang, toga pake uang. Diamana-mana uang.

Nasib memang…

Tetapi, masalah keuangan itu tidak akan terlalu runyam jika kita tahu money management sejak dini. Se dini mungkin kita sudah tahu investasi, rajin menabung dan tidak hidup impulsive.

Bagaimana caranya?

Berikut adalah tips pengelolaan uang ala jurnalis nuansa :

  1. Ketahui apa yang paling kamu butuhkan

Disini kamu harus bisa hidup seminimalis mungkin, buang hal yang sia-sia dalam hidupmu, misalnya mantan, gebetan yang tak kunjung jadian, doi yang suka ghosting, dll. Beberapa hal diatas adalah sesuatu yang kurang bermanfaat dan bisa disingkirkan dengan mudah. Kamu masih mengingat mantan sehingga kamu banyak mengeluarkan uang agar mantan mu mau balikan. Ohh tidak kawan, itu sangat sia-sia. Lebih baik kamu pergunakan uang mu untuk membeli buku, ikut bimbel, atau ditabung. Beli buku danikut bimbel itu merupakan investasi leher atas yakni investasi yang valuenya tak kunjun habis, ilmu yang kamu dapat dari buku ataupun bimbel tidak ribet dibawa kemana-mana tak seperti mantan.

  1. Jangan tergiur dengan barang orang lain

Teman mu pamer foto pake baju baru? Jangan panas, untuk apa kamu beli baju mahal jika hanya digunakan mengemis like orang lain? Teman mu pamer lagi di restoran mahal? Ketahuilah nasi padang lebih nikmat, teman mu pamer foto bareng pacar di Instagram? Tidak apa kawan. Dari pada pusing dengan apa yang teman mu posting di media sosialnya lebih baik kau focus dengan apa yang kamu punya dan perbaiki diri sebaik mungkin. Remember, hal kecil juga bisa memiliki dampak yang besar!

  1. Belajar Investasi

Selain investasi leher ke atas yang disebutkan di poin satu, kamu juga harus belajar investasi beneran, seperti investas saham, reksadana, obligasi, dll. Konon katanya dengan investasi kamu bisa mencapai tujuan financial kamu dengan mudah.

  1. Menabung

Tidak banyak penjelasan dalam poin ini, semua orang Indonesia pasti tahu pentingnya menabung, bahkan slogan rajin menabung sudah banyak dilayang dari kita Sekolah Dasar, sebegitu pentingnya menabung.

  1. Memiliki dana darurat

Dana darurat adalah dan yang kamu simpan untuk keperuan yang tidak terduga, misalnya kamu mahasiswa di semester 5 tiba-tiba harus mengikuti magang di sebuah perusahaan yang jauh dari tempat tinggal kamu, dengan memiliki dan darurat kamu di menunjang biaya hidup kamu selama di negeri orang yang tidak terduga.

  1. Miliki Asuransi

Bagi anak muda, asuransi memanglah bukan hal menarik, tapi siapa tahu di masa depan nanti asurasi menjelma menjadi malaikat penolong kita.

  1. Sedekah

Poin terakhir sekaligus poing yang paling penting dari seluruh poin, Yaaa sedekah. Pasti kawan-kawan yang membaca artikel ini sudah banyak mendengar bahwa sebagian dari harta kita adalah milik orang lain, maka sepatutnya kita rajin bersedekah, kepada siapapun itu, di mana pun, dan dalam bentuk apapun. Dengan bersedekah, uang mu tidak akan berkurang bahkan akan di lipay ganda kan oleh sang maha kuasa.

Okeeee, semoga artikel ini membantu menyadarkan kawan-kawan mahasiswa yang ada di mana pun mengenai pentingnya Money Management, bukan hanya pintar dalam menghasilkan uang tapi kita juga harus pintar dalam mengelolanya agar goals financial, Problematika mahasiswa tentang keuangan bisa di minimalisir dengan Money Management.

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours