Mahasiswa Pendidikan Wajib Tahu, Inilah Peran Guru Sebagai Motivator dalam Proses Pembelajaran

Estimated read time 3 min read

Peran guru sebagai motivator memang sangatlah diperlukan selain dari untuk mengangkat semangat siswa dalam belajar, peran guru sebagai motivator juga dapat menjadi jalan sebagai pendekat kedekatan guru dengan peserta didik yang ia didik. maka dari itu peran guru sebagai motivator sangatlah penting untuk dilakukan dalam proses pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas, sehingga nantinya diharapkan siswa dapat memiliki semangat yang tinggi dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Selain dari itu, diperlukan cara-cara yang harus dilakuan oleh seorang guru dalam memposisikan dirinya sebagai motivator bagi siswa, cara-cara tersebut dapat dilakukan oleh guru sebagai acuan dalam melakukan tindakan di dalam proses pembelajaran, sehingga guru dapat menjadi motivator yang baik dan sesuai menurut ketentuan bagi peserta didik. Kemudian guru memiliki kiat-kiat panduan yang menjadi acuan dalam menjadi motivator bagi siswa.

Adapun cara-cara atau langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh seorang guru dalam menjadi motivator bagi peserta didik adalah sebagai berikut :

  1. Memperjelas tujuan yang ingin dicapai

Sebagai seorang guru, kita harus memiliki kejelasan dalam tujuan proses pembelajaran. Sehingga nantinya siswa atau peserta didik dapat merasa paham mau dibawa ke sebelah mana sebenarnya peroses pembelajaran yang sedang mereka lakukan. Dari pemahaman tersebut, peserta didik dapat merasa semangat dalam melaksanakan proses pembelajaran dan juga peserta didik akan cepat mengerti mengenai materi pembelajaran yang tengah dilakukan.

Maka dari itu, untuk membuat peserta didik paham tujuan dari proses pembelajaran yang akan mereka lakukan, sudah seharusnya guru menjelaskan terlebih dahulu di awal tujuan pembelajaran yang akan dilakukan itu seperti apa, sehingga nantinya siswa atau peserta didik akan mengerti dan paham yang kemudian mampu untuk merasa bersemangat dalam melaksanakan proses pembelajaran disebabkan mereka sudah tahu apa tujuan belajar yang mereka lakukan.

  1. Membangkitkan minat siswa dalam belajar

Langkah berikutnya yang dapat dilakukan oleh seorang guru sebagai motivator bagi peserta didiknya adalah dengan membangkitkan minat peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran.  Pada dasarnya siswa akan memiliki semangat dalam belajar apabila memiliki minat pada apa yang mereka pelajari sehingga peran guru sebagai motivator di sini adalah meningkatkan minat peserta didik dalam mempelajari materi tersebut.

  1. Berikan suasana menyenangkan dalam belajar

Pada dasarnya siswa akan merasa nyaman dan bersemangat dalam belajar kalau suasana belajarnya menyenangkan. Maka dari itu, langkah yang dapat dilakukan oleh seorang guru adalah dengan memberikan suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa lebih semangat dan lebih nyaman dalam melaksanakan proses pembelajaran. Sehingga nantinya peserta didik akan lebih cepat mengerti pada materi yang disampaikan oleh pendidik atau kita sebagai seorang guru.

  1. Berilah pujian yang wajar kepada siswa setiap berhasil mengerjakan sesuatu

Memberikan pujian pada peserta didik pada saat dia berhasil mengerjakan sesuatu memang langkah yang tepat dalam meningkatkan semangat peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran. Selain dari itu, peserta didik  juga dapat merasakan rasa senang saat berhasil melakukan sesuatu sehingga ketika ia melakukannya tugas lainnya, dia akan melakukannya untuk mencapai keberhasilan. Disitulah langkah tepat seorang guru dalam menjadi motivator bagi peserta didik.

  1. Berilah komentar terhadap hasil pengerjaan siswa

Dengan meberikan feedback atau komentar pada peserta didik mengenai hasil kinerja yang ia lakukan, peserta didik akan memiliki tumpuan atau tujuan dalam melakukan perbaikan atau perkembangan terhadap hasil kerja yang ia lakukan. Dengan catatan guru memberikan komentar yang membangun siswa bukan malah menjatuhkan semangat siswa atau peserta didik. Sehingga siswa atau peserta didik kehilangan semangat dalam melakukan proses pembelajaran.

Terima kasih karena sudah membaca artikel sampai akhir, salam Jurnalis Nuansa, “Satu Tulisan Sejuta Perubahan”.

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours