Hal-hal yang Bisa Menurunkan Rasa Percaya Diri Tanpa Kita Sadari

Estimated read time 3 min read

Rasa percaya diri itu memang penting dalam kehidupan sehari-hari. Nah, umumnya rasa percaya diri itu tidak tetap dan bisa saja berubah-ubah. Sadarkah kamu  bahwa ada hal-hal yang bisa melemahkan rasa percaya diri, lho. Supaya lebih berhati-hati, coba deh pahami dulu tujuh hal berikut.

  1. Negative Thinking

Negative thinking tidak sepenuhnya negative. Dalam hal tertentu, berpikiran negative membantu seseorang untuk berpikir realistis sekaligus preventif. Namun di sisi lain, ketika kamu membiarkan pikiranmu penuh degan hal-hal negative, kepercayaan dirimu akan menurun seketika. Tentu sangat disayangkan jika kamu membatalkan melakukan sesuatu padahal hal tersebut dapat mendatangkan kesempatan dan manfaat yang besar.

  1. Terlalu Fokus Pada Orang Lain Dibandingkan Diri Sendiri

Ketika kamu terlalu fokus dengan orang lain dengan berbagai pencapaiannya, kamu pasti akan melupakan bahwa ada diri sendiri yang harus diutamakan. Terlalu fokus pada potensi orang lain dapat membuatmu membanding-bandingkan diri sendiri dengannnya. Hal itu tentu akan menurunkan kepercayaan diri. Ingat bahwa setiap orang dilahirkan dan dibesarkan dengan cara yang berbeda jangan sampai menerapkan standar hidup orang lain pada dirimu.

  1. Terlalu Perfeksionis

Terlalu perfeksionis pada sesuatu dapat membuat kamu makin lama akan kehilangan rasa percaya diri. Kamu akan merasa apa yang kamu lakukan selalu saja ada yang kurang dan ingin terus memperbaikinya. Namun hal tersebut malah tidak selesai-selesai, kemudian kamu mulai dihantui rasa tidak percaya diri dengan apa yang kamu kerjakan.

  1. Mengkritik Diri Sendiri Secara Berlebihan

Mengkritik diri sendiri dapat berdampak pada diri kita, semakin sering kamu mengkritik diri sendiri tanpa apresiasi diri, semakin besar potensi menurunnya rasa percaya diri yang kamu miliki. Sebaliknya, dengan menurunkan penghakiman pada diri sendiri bisa membuatmu lebih mencintai diri.

  1. Pengunaan Media Sosial Secara Berlebihan

Ada banyak kisah bahagia orang lain yang kamu lihat di dalam sosial media, yang mungkin menurutmu sangat berbanding terbalik dengan keadaanmu saat ini. Kamu akan merasa tidak ada apa-apanya ketika melihat kehidupan orang lain di sosial media. Tapi ketahuilah bahwa di sosial media tidak benar-benar menunjukan kehidupan nyata seseorang. Sebaiknya kurangi bermain sosial media ketika hal itu justru menurunkan rasa percaya dirimu.

  1. People Pleasing

Berbuat baik kepada orang lain adalah perbuatan yang mulia dan sikap yang terhormat, tetapi penting untuk menempatkan batasan pada seberapa banyak kamu bersedia untuk membantu orang lain dan memiliki kesadaran untuk mengetahui kapan kebaikanmu dimanfaatkan orang lain. Selalu berusaha menyenangkan semua orang hingga mengorbankan diri sendiri dapat membuatmu tidak percaya diri bahkan untuk sekadar menolak permintaan orang lain yang tidak nyaman atau mengutarakan kebutuhanmu.

  1. Toxic friend

Selain faktor internal seperti pikiran-pikiranmu sendiri, faktor eksternal seperti linkungan juga bisa memberi pengaruh besar pada rasa percaya diri. Dikelilingi oleh orang-orang yang terus-menerus mengecilkan hati dan membuat kamu merasa tidak cukup baik dapat membuatmu kehilangan rasa percaya diri. Teman yang baik akan membuatmu tumbuh.  Namun jika sebaliknya, kamu justru tidak akan berkembang. Jadi kamu harus pandai menilai dan menentukan circle pertemananmu.

Introspeksi diri itu penting ya, bahkan juga ketika ingin memupuk rasa percaya diri. Dengan introspeksi diri, kita mencoba untuk menilai diri kita sendiri tentang apa yang sudah baik dan apa yang masih perlu ditingkatkan lagi.

Jika kamu sendiri jarang atau bahkan tidak pernah meluangkan waktu untuk introspeksi diri, bisa jadi ini penyebab kenapa rasa percaya dirimu semakin melemah.

Jadi, hal-hal di atas ternyata bisa membuat rasa percaya diri melemah lho apalagi kalau tidak segera disadari. Mudah-mudahan penjelasan di atas dapat kamu pahami dengan baik, ya. Semoga bermanfaat!

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours