MENGAPA BULAN OKTOBER ? BUKAN BULAN LAINNYA?

Estimated read time 3 min read

Tahukah kamu bahwa setiap bulan Oktober, Indonesia merayakannya sebagai bulan bahasa Indoneia?  Mengapa bulan Oktober? Bukan pada bulan yang lainnya? Dan bagaimana cara Indonesia merayakannya?

Alasan mengapa bulan Oktober sebagai perayaan bulan bahasa dan sastra merujuk pada sejarah bangsa. Pada bulan ini, tepatnya 28 Oktober yang diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda dan ditetapkan pula bahasa resmi yang akan digunakan untuk bermasyarakat, yakni bahasa Indonesia. Berikut isi ikrar Sumpah Pemuda yang dibacakan pada tahun 1928.

“Kami Poetra dan Poetri Indonesia Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia.

Kami Potra dan Poetri Indonesia Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia.

Kami Poetra dan Poetri Indonesia Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia.”

Kapan awal mula kalian mengetahui atau turut serta dalam kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra? Mungkin pada masa bersekolah. Pada waktu itu, berbagai perlombaan diadakan, mulai dari membaca puisi, mendongeng, hingga berpidato. Sebagian orang mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba tersebut. Sementara itu, ada pula yang mengurus kesibukan belakang layar sebagai panitia. Yang tidak menjadi peserta atau panitia cukup menonton hiburan yang disuguhkan.

Memang peringatan bulan bahasa dan sastra Indonesia belum banyak diketahui bahkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia itu sendiri. Biasanya, kalangan akademisi, penggiat bahasa, pemerhati bahasa, serta orang-orang yang turut memfokuskan kegiatan dengan hal-hal kebahasaan saja yang mengetahuinya. Pada bulan ini, kegiatan seperti lomba menulis puisi, lomba menulis cerpen, lomba pidato, dan perlombaan lain yang berkenaan dengan bahasa diadakan untuk memperkenalkan kepada masyarakat mengenai adanya bulan bahasa dan sastra Indonesia.

Bulan bahasa sendiri sudah berjalan sangat lama. Acara yang bertujuan meningkatkan upaya pemasyarakatan bahasa dan sastra di Indonesia itu diadakan tiap Oktober sejak 1980 oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Kala itu namanya hanya Bulan Bahasa. Barulah pada 1989 Bulan Bahasa diubah menjadi Bulan Bahasa dan Sastra. Itu berarti nama Bulan Bahasa dan Sastra sudah digunakan selama 32 tahun. Meskipun demikian, sepertinya kita lebih akrab dengan nama pendeknya. Pengutamaan bahasa Indonesia adalah sesuatu yang sangat perlu. Hal ini bukan hanya tugas Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BPPB), melainkan  juga tugas seluruh rakyat Indonesia. Selanjutnya, sebagai bentuk upaya BPPB untuk membina dan mengembangkan bahasa dan sastra Indonesia, kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra yang diselenggarakan setiap tahun.

Bulan bahasa dapat menjadi momen yang tepat bagi kita untuk mengembangkan keterampilan bahasa dan memperkaya pengetahuan akan sastra. Kita dapat memulainya dengan menyisihkan waktu lebih lama untuk membaca. Novel-novel Indonesia yang begitu beragam sudah siap untuk dijelajahi. Selain itu, kita pun dapat menantang diri sendiri untuk menulis takarir tiga paragraf di Instagram, Facebook, atau Twitter selama bulan ini. Meskipun sederhana, hal itu akan membuat kita terampil untuk menyajikan suatu topik dalam tiga bagian: pembuka, isi, dan penutup. Kita juga dapat mengikuti berbagai webinar untuk melatih kemampuan menyimak. Jika ada kesempatan, kemampuan berbicara juga dapat diasah di sana melalui penyampaian pertanyaan atau pendapat. Di sisi lain, secara pasif, kita bisa mempelajari berbagai teknik berbicara melalui video-video yang berkaitan di YouTube. Pada intinya, Bulan Bahasa dan Sastra tidak boleh hanya jadi “angin lalu”. Inilah waktu yang baik untuk menempa diri agar kita dapat mengolah bahasa dengan lebih luwes lagi.

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours