Pengaruh Penggunaan Gadget di Kalangan Anak Usia Sekolah Dasar

Estimated read time 3 min read

Perkembangan teknologi sekarang ini semakin pesat dan semakin canggih. Begitu banyak kegunaan yang ditawarkan dalam teknologi, terutama pada gadget. Dari awal kemunculannya yang hanya sebatas alat komunikasi untuk telepon, kini gadget berubah menjadi kebutuhan primer bagi setiap manusia. Gadget akan terus berkembang untuk memudahkan manusia dalam beraktivitas sehari-hari.

Sekarang ini penggunaan gadget tidak hanya dari kalangan orang dewasa, akan tetapi banyak anak usia Sekolah Dasar (SD) atau anak remaja yang sudah menggunakan gadget untuk mempermudah aktivitas yang mereka lakukan setiap hari. Ada beberapa dampak positif dan juga ada dampak negatif yang ditimbulkan oleh gadget terutama untuk anak usia SD.

Kini kehidupan sosial anak-anak lebih terpengaruh oleh gadget. Penggunaan gadget dapat membantu daya kreativitas anak jika pemanfaatannya diimbangi dengan interaksi anak-anak dengan lingkungan sekitarnya. Namun, kebanyakan dari penggunaan gadget tersebut lebih banyak dampak negatif yang ditimbulkan meskipun sebagian besar dari kalangan anak-anak SD yang memanfaatkan gadget untuk komunikasi, mengerjakan tugas sekolah, atau untuk hiburan. Bahkan, sering kali kita menemukan pemanfaatan gadget menjadi salah satu jalan pintas orang tua dalam mengasuh anaknya.

Dengan berbagai fitur dan aplikasi yang menarik, orang tua memanfaatkannya untuk menemani anak agar mereka dapat menjalankan aktivitas dengan tenang, tanpa khawatir anaknya keluyuran, bermain kotor, dan memberantakkan rumah yang akhirnya menambah pekerjaaan orang tua.

Orang tua belakangan ini banyak yang menganggap bahwa gadget mampu menjadi teman bermain anak yang mudah tanpa ada pengawasan. Sehingga peran orang tua sekarang sudah tergantikan oleh gadget. Karena jika orang tua lalai dengan anak yang bisa bermain gadget lama-lama, maka sang anak hanya bisa bermain gadget dan tidak bisa berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya.

Selain itu, dampak negatif lain yang ditimbulkan dari penggunaan gadget pada anak antara lain adalah seperti kecanduan game online pada anak SD, membuat anak  lambat dalam memahami pelajaran, dan juga bisa menyebabkan risiko terkena radiasi karena terlalu sering main gadget yang terlalu dekat dengan mata.

Maka dari itu, orang tua juga sangat berperan penting dalam pengawasan anak pada saat di rumah, contohnya seperti selalu mendampingi anak pada saat bermain gadget dan membatasi waktu anak dalam bermain game, agar anak tahu waktu untuk bermain dan belajar, selalu mengajarkan anak untuk penggunaan gadget yang benar adalah sesuai kebutuhannya saja, agar tidak salah dalam menggunakannya, selalu memastikan bahwa anak menggunakan gadget untuk hal-hal yang positif saja, misalnya untuk mencari materi di internet dan berkomunikasi dengan guru atau temannya untuk membahas pelajaran.

Guru juga sangat berperan penting dalam pengawasan anak pada saat di sekolah, contohnya seperti memilihkan game yang baik untuk anak (game yang bersifat mendidik), memberikan durasi pada saat bermain game, mengajak anak untuk beraktivitas tanpa menggunakan gadget.

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours