Tips Sukses dalam Mengusai Bahasa Inggris

Di dalam sistem pendidikan Indonesia, bahasa Inggris telah diajarkan dan diperkenalkan sejak tingkat pendidikan yang sangat awal, seperti dalam kelompok bermain dan sekolah dasar. Bahasa Inggris juga menjadi materi dari tes-tes ujian penting, seperti ujian nasional, ujian masuk perguruan tinggi, dan tes rekrutmen karyawan. Oleh karena itu, bahasa Inggris seharusnya sudah terintegrasi dalam pembelajaran siswa-siswa di sekolah-sekolah Indonesia. Sayangnya, faktanya tampak sebaliknya. Sangat mudah untuk menemukan siswa-siswa Indonesia yang masih sulit untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Bahkan, setelah menghabiskan waktu yang cukup lama dalam belajar bahasa Inggris di sekolah dan mendapatkan berbagai tes bahasa Inggris dalam perjalanan pendidikan mereka, tetap saja masih banyak pelajar Indonesia yang belum mahir dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris.

Mungkin enggak sih belajar bahasa Inggris bisa dilakukan dengan waktu yang cepat? Agaknya kita merasa ragu, apalagi dengan adanya anggapan bahwa bahasa Inggris itu sulit. Sebenarnya, apakah mungkin?

Belajar bahasa Inggris dalam waktu yang singkat sebenarnya bukanlah hal yang mustahil. Dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat, berusaha dengan sungguh-sungguh, dan mengembangkan kecintaanmu pada bahasa Inggris, pasti kamu bisa menguasai bahasa Inggris sesuai dengan yang kamu harapkan. Mau tahu caranya? Ini dia kiat suksesnya:

  1. Pelajari terlebih dahulu kata-katabahasa Inggris dasar

Sebelum kita mulai menerapkan kebiasaan berbahasa Inggris, ada baiknya kita mempelajari dulu kata-kata sederhana dalam bahasa Inggris, yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Seperti kata tunjuk aku, kamu, dia, dan kata-kata lain yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari.

  1. Sering mendengarkan lagu bahasa Inggris lalu tulis liriknya

Di zaman teknologi ini tentu mudah bagi Anda untuk mengunduh lagu berbahasa Inggris. Dalam tahap ini kita tidak hanya sekadar mendengarkan lagunya saja. Namun dengarkanlah baik-baik liriknya lalu catat dalam notes maupun gadget. Setelah lirik lagu selesai ditulis, cek lirik tersebut di internet. Apakah benar semua atau ada yang salah. Hal ini akan menambah tingkat kesensitifan telinga kita terhadap bahasa Inggris (listening).

  1. Sering menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle Indonesia

Hal menyenangkan lain yang bisa kita gunakan sebagai sarana belajar bahasa Inggris adalah dengan menonton film yang berbahasa Inggris. Tentu saja untuk membuat kita semakin pintar, mulailah dengan menonton film tanpa ada subtitle bahasa Indonesia. Jika masih kesulitan, gunakan subtitle Indonesia namun jangan terlalu sering. Jika menemukan kata yang sulit, catat dan cari artinya untuk menambah kamus kata bahasa Inggris kita.

  1. Sering membaca literatur berbahasa Inggris

Nah, membaca. Membaca memang bukan kebiasaan kebanyakan orang Indonesia sih. Tapi tentu saja meski kita tidak suka, kita tetap harus mulai untuk belajar membaca literatur apapun yang berbahasa Inggris. Hal ini akan meningkatkan kemampuan membaca (reading).

  1. Tekuni membaca kamus bahasa Inggris

Tidak hanya literatur hiburan seperti artikel, novel, atau berita berbahasa Inggris. Kita juga perlu membaca kamus bahasa Inggris. Cara cepat belajar bahasa Inggris autodidak ini untuk menambah vocabulary (kosa kata) kita.

  1. Pelajari arti kata bahasa Inggris yang tidak kamu mengerti lalu hafalkan

Jika selama mendengarkan musik, menonton film, dan membaca dalam bahasa Inggris dan kita menemukan kata-kata asing yang tidak kita pahami. Jangan hanya dilewati saja. Catat dan hafalkan. Hal ini merupakan salah satu cara mudah belajar bahasa Inggris.

  1. Cobalah menulis sesuatu dalam bahasa Inggris

Berikutnya, ketika vocabulary bahasa Inggris Anda sudah banyak. Mulailah menulis sesuatu dengan menggunakan bahasa Inggris agar kemampuan writing Anda meningkat.

  1. Belajar berbicara bahasa Inggris pada cermin

Nah, sebelum Anda mulai berbicara dengan orang lain dalam bahasa Inggris. Ada baiknya Anda belajar berbicara bahasa Inggris di depan cermin agar Anda fasih dan tidak kagok.

  1. Teruslah berlatih kapanpun dan di manapun

Jangan malu untuk menunjukkan Anda sedang belajar bahasa Inggris. Praktikkan terus kapanpun dan di manapun.

  1. Bertemanlah via internet dengan orang-orang luar Indonesia yang fasih berbahasa Inggris

Di zaman perkembangan teknologi yang pesat sekarang ini, berteman dengan orang asing sangatlah mudah. Banyak sekali platform media sosial yang bisa Anda gunakan untuk berkenalan dengan orang luar. Tidak perlu sungkan untuk mengatakan bahwa Anda sedang belajar berbahasa Inggris.

  1. Kursus

Langkah terakhir adalah dengan kursus. Memang cara ini bukan dengan belajar sendiri. Namun jika Anda kesulitan untuk menerapkan ke-10 cara di atas maka kursus adalah pilihan lain yang bisa Anda pilih untuk cara cepat belajar bahasa Inggris.

Nah, itu dia beberapa tips sukses dalam mengusai bahasa inggris. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours