Kamu Merasa Lelah? Yuk Self Healing dengan Lakukan Metode Ini

Estimated read time 3 min read

Setiap instan manusia bisa saja memiliki kondisi fisik dan mental yang buruk. Kondisi tersebut tentu sangat diperlukan adanya proses penyembuhan karena agar tidak berkepanjangan dan menjadi semakin buruk. Dalam hal ini, mental buruk akan menghasilkan beberapa keadaan psikologis lainnya, seperti stres, depresi, dan lain sebagainya.

Mental seseorang yang dikatakan buruk dapat disembuhkan dengan proses penyembuhan mandiri (self healing). Nah, tentunya kalian semua sudah familier bukan dengan istilah tersebut? Yap, Self Healing.

Self healing (penyembuhan mandiri) adalah suatu proses meredakan luka batin akibat adanya kelelahan emosi di dalam diri. Dalam hal ini, banyak faktor yang menyebabkan kelelahan emosi, diantaranya seperti kepergian orang terdekat, kegagalan mencapai target, keputusasaan dengan keadaan, pesimis dengan masa depan, dan masih banyak lagi. Di kehidupan ini tentunya hampir sebagian besar manusia pernah berada di posisi sangat merasa lelah dan ingin menyerah. Sebaiknya jika kita merasakan hal tersebut, segeralah melakukan proses penyembuhan mandiri atau self healing.

Ada beberapa metode yang dapat dilakukan untuk membantu dalam proses self healing agar pikiran menjadi lebih positif dan lebih baik. Berikut ulasannya:

Meluangkan waktu pribadi (Me time)

Dalam proses penyembuhan mandiri dari keadaan fisik dan mental yang sedang buruk, tentunya meluangkan waktu untuk pribadi menjadi hal yang wajib agar keadaan dapat segera pulih. Untuk itu, lakukanlah kebebasan dalam diri pribadi agar sedikit merasa lebih tenang. Sesekali tak apa memikirkan dan mementingkan diri sendiri, karena hal ini pun berguna untuk kesehatan fisik dan mental yang sedang down. Yuk, me time ke hal yang positif.

Berpikir dengan kesadaran penuh (Mindfulness)

Nah, cara ini sangat bermanfaat tentunya untuk pemikiran kita dalam memaknai setiap momen kehidupan yang dijalani. Melakukannya cukup mudah, misalkan posisikan diri kita sendirian di suatu tempat yang membuat kita nyaman dan tenang, lalu pejamkanlah mata dan fokuskanlah pikiran pada setiap kejadian yang telah terjadi sampai detik ini. Lakukanlah secara rutin, agar keadaan diri menjadi lebih baik.

Berdialog dan berdamai dengan diri sendiri

Berdialog dengan diri sendiri tentunya sangat diperlukan, berdialog di sini maksudnya ialah bicaralah pada diri sendiri tentang apa yang mau dibicarakan. Hal ini berguna untuk melatih kejujuran pada diri sendiri. Nah, kemudian berdamai, hati akan sedikit lebih tenang jika diri sendiri mampu mengikhlaskan atau merelakan setiap kejadian buruk yang sudah terjadi. Berdamailah dengan diri, jangan salahkan diri maupun keadaan, karena pada dasarnya keadaan itulah yang membuat diri menjadi lebih berkembang.

Self compassion

Dalam self healing ada istilah yang disebut self compassion yang artinya ialah sebuah kemampuan dalam diri manusia dalam memahami dan merespons emosi dan penderitaan yang terjadi. Tujuan self compassion ini adalah untuk meningkatkan rasa peduli terhadap diri sendiri.

Menulis

Nah, menulis bisa menjadi salah satu alternatif kegiatan yang dapat membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang dan dapat menghilangkan rasa lelah dan emosi di dalam diri. Dengan kegiatan menulis, kita dapat mengutarakan semua apa yang dirasakan secara langsung melalui pena dan kertas. Tulislah semua yang dirasakan tanpa perlu memikirkan tanda baca atau peraturan kepenulisan lainnya. Ungkapkanlah semuanya dalam tulisan tersebut, hal ini berguna untuk melatih kejujuran di dalam diri, serta membantu dalam menenangkan emosi sehingga menjadi lebih baik.

Itulah beberapa metode simpel dalam melakukan self healing, yang diharapkan dapat membantu memulihkan kelelahan emosi di dalam diri. untuk itu, semoga saja diri kita menjadi lebih ikhlas dalam menghadapi setiap kejadian atau permasalahan di kehidupan ini. Semangat.

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours