Tips Anti Lupa Materi Paling Ampuh

Estimated read time 3 min read

Pernah tidak kalian merasa belajar tidak ada hasilnya karena lupa dengan materi yang dipelajari? Rasanya pasti menjengkelkan. Pada dasarnya sifat pelupa adalah sifat manusiawi, semua orang memiliki sifat pelupa tergantung dari kapasitas otak masing-masing. Ada beberapa orang yang memiliki kemampuan mengingat yang sangat luar biasa, namun ada pula orang-orang dengan kemampuan otak yang agak lemah dalam menyimpan memori dalam jangka panjang.

Menjadi seorang pelupa kadang merugikan dan dapat menghambat produktivitas, misalnya saat kita akan melangsungkan ujian semester atau ujian akhir, kadang kita mendapatkan nilai ujian yang tidak sesuai harapan karena ulah kita yang kadang lupa dengan materi pelajaran. Sebenarnya meski kita kadang mudah lupa, tapi kita bisa mengatasi hal tersebut dengan cara atau teknik yang tepat. Berikut ini adalah tips berguna agar kamu tidak jadi orang pelupa lagi.

1. Tulis informasi yang dipelajari

Tips yang pertama adalah mengulangi informasi yang baru saja didengar atau dibaca dengan menulis kembali. Jika hal tersebut dilakukan secara terus-menerus tanpa sadar ingatanmu akan makin terasah.

2. Membaca materi dengan keras

Dengan mengulang informasi pada diri sendiri, materinya juga akan diproses melalui pendengaran kamu. Dengan begitu kesempatan untuk mengingat materi jadi lebih besar.

3. Tidur yang cukup

Ternyata waktu tidur yang kurang bisa mengganggu daya ingat, karena ketika tidur area otak yang lebih dalam yang melibatkan respon memori dan emosional justru menjadi aktif. Bahkan, jika kamu kurang tidur atau mengalami gangguan saat tidur, bisa jadi kamu mengalami gangguan memori dan emosi sekaligus. Jadi, jika kamu ingin kemampuan mengingat tidak menurun, pastikan fungsi kognitif berjalan dengan baik lewat tidur yang cukup.

4. Pengulangan berkala

Setelah tidur yang cukup, tips berikutnya adalah kamu perlu mempelajari materi yang berbeda setiap harinya. Pastikan kamu me-review materi yang sudah dipelajari secara berkala. Pastikan kamu memahami materi sebelumnya sebelum mempelajari memateri selanjutnya.

5. Relaksasikan otak dan hati dengan Meditasi

Seseorang bisa jadi mudah lupa karena tengah berada dalam tekanan dan depresi. Oleh karena itu, relaksasi otak dan hati sangatlah penting untuk menjaga kesehatan otak dan daya ingat. Tidak hanya untuk menjaga mood, meditasi juga bisa memperlancar laju oksigen dalam darah ke otak.

6. Makan makanan sehat dan bergizi

Tips selanjutnya adalah usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, khususnya asupan makanan yang bisa meningkatkan daya ingat dan kemampuan otak, seperti buah alpukat dan bayam yang kaya akan antioksidan. Dan yang terpenting adalah jangan lewatkan asupan air putih setiap hari, minimal 8 gelas per hari, karena air putih dapat memperlancar peredaran darah ke otak dan meluruhkan zat-zat kotor yang bisa membuat laju darah ke otak terasa terhambat.

Nah, itu dia tips anti lupa materi, mudah untuk dipraktikkan bukan? Selamat mencoba.

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours