Mari Cari Tahu 5 Inovasi yang akan Berguna dalam Dunia Pendidikan

Estimated read time 3 min read

Inovasi pendidikan merupakan sesuatu yang sangat diperlukan dalam dunia pendidikan, terutama untuk membatu siswa dalam mengemban serta melakukan dan melaksanakan proses pembelajaran. Dengan adanya inovasi pendidikan baik siswa maupun guru akan merasa terbantu dan termudahkan dalam pelaksanaan pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Maka dari itu, diperlukan inovasi-inovasi yang baru dan terbaurkan untuk mendukung keberlangsungan pendidikan yang ada di Indonesia.

Meningkatkan Keterlibatan Peserta Didik

Inovasi pertama yang akan sangat berguna dalam dunia pendidikan adalah meningkatkan keterlibatan peserta didik, yang dimaksud keterlibatan peserta didik di sini adalah dengan meningkatkan kemampuan peserta didik agar dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dalam kelas yang akan mengurangi kejenuhan peserta didik dalam belajar. Contohnya dengan menggunakan kelas webinar agar peserta didik dapat melakukan pembelajaran di manapun, tidak harus di dalam kelas.

Komputasi Awan

Komputasi awan atau biasa kita sebut dengan penyimpanan cloud dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan inovasi dalam bidang pendidikan, inovasi komputasi awan ini akan sangat berguna dalam dunia pendidikan, salah satu contohnya adalah dengan memanfaatkan komputasi awan tersebut sebagai tempat menyimpan buku-buku pelajaran, sehingga peserta didik dapat mengakses buku-buku pelajaran tersebut di manapun dan kapanpun mereka mau.

Pembelajaran Berbasis Permainan

Salah satu inovasi pendidikan yang akan sangat berguna bagi dunia pendidikan adalah dengan memanfaatkan permainan sebagai media dalam pembelajaran. Permainan-permainan yang disukai oleh peserta didik Generasi-Z adalah permainan-permaninan digital seperti Free Fire dan lain sebagainya. Maka dari itu diperlukan permainan-permainan digital bertemakan pendidikan yang akan membuat peserta didik semakin nyaman dan betah dalam melakukan pembelajaran.

Semakin menyenangkan game bertemakan pembelajaran yang kita buat, maka peserta didik akan semakin betah dan semakin menyukai pembelajaran yang kita lakukan. Ketika kita tidak dapat membuat permainan digital untuk peserta didik, maka kita dapat bekerja sama dengan orang-orang yang ahli dibidang tersebut.

Pembelajaran Multimodal

Pembelajaran Multimodal merupakan inovasi di bidang pendidikan yang akan sangat berguna di dunia pendidikan, mengapa demikian? Karena dengan menggunakan pembelajaran multimodal kita dapat memanfaatkan berbagai macam media seperti media suara, gambar, tulisan, dan lain sebagainya sebagai alat penunjang berlangsungnya pembelajaran. Sehingga peserta didik akan lebih merasa senang dan jauh dari kata bosan dalam pembelajaran.

Pembelajaran Jarak Jauh

Nah, untuk inovasi pendidikan yang satu ini, dapat kita rasakan sekarang dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang dapat menunjang pembelajaran jarak jauh seperti zoom dan lain sebagainya sehingga peserta didik dapat melaksanakan pembelajaran di mana saja mereka mau tidak harus datang ke sekolah. Ketika inovasi pendidikan pembelajaran jarak jauh ini dapat dimaksimalkan maka keuntungan dan kegunaannya akan sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan.

Kesimpulannya dari artikel ini adalah ada banyak inovasi di bidang pendidikan, baik itu inovasi yang dapat dirasakan secara langsung maupun yang tidak dapat dirasakan secara langsung yang sangat berguna dalam menunjang kelancaran dunia pendidikan. Inovasi-inovasi tersebut akan sangat bermanfaat bila dimanfaatkan secara maksimal. Maka dari itu, inovasi di bidang pendidikan sangat diperlukan untuk memajukan dunia pendidikan, terutama dunia pendidikan di Indonesia.

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours