Peran Matematika dalam Pembentukan Karakter Bangsa

Estimated read time 2 min read

Matematika adalah ilmu universal yang mendasari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern, memajukan daya pikir serta analisa manusia. Atas dasar tersebut, jelas bahwa matematika adalah salah satu pengetahuan tertua yang terbentuk dari penelitian bilangan dan ruang.

Matematika sangat akrab dalam kehidupan sehari-hari serta banyak manfaat yang kita peroleh dari belajar matematika. Di dalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan moral yang berguna untuk menanamkan pendidikan karakter.

Pemahaman matematika akan bermakna jika pembelajaran matematika diarahkan pada pengembangan kemampuan koneksi matematik antar berbagai ide, memahami bagaimana ide-ide matematik saling terkait satu sama lain sehingga terbangun pemahaman menyeluruh, dan menggunakan matematik dalam konteks di luar matematika.

Tak hanya itu, matematika juga berperan penting dalam pembentukan karakter anak. Kenapa demikian? Karena dengan belajar matematika daya pikir anak akan semakin kuat juga terlatih untuk bisa memecahkan suatu masalah kuhusunya dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam berdagang, jual beli, berbisnis yang banyak kita temui di lingkungan sekitar.

Dengan adanya pembelajaran matematika di sekolah, karakter positif seperti bersikap jujur, toleransi dan adil pun akan muncul dan terbentuk pada pribadi anak. Semua karakter itu ada dari soal-soal matematika yang unik dan menarik sebagai bahan pembelajaran si anak ketika di sekolah.

Mata pelajaran matematika juga tidak hanya menjadi peran pembentukan karakter bangsa saja, namun menjadi elemen lahirnya mata pelajaran lain seperti fisika, kimia, dan lain sebagainya. Peran matematika selain menjadi pembentukan karakter bangsa terhadap anak, juga menjadi sumber wawasan baru bagi sang anak agar mengetahui tokoh-tokoh sejarah yang berpengaruh di dunia, contohnya seperti Abu Musa Alkhwarizmi salah satu cendikiawan Islam yang pertama kali menemukan angka 0.

Bagi sebagian orang banyak yang mengatakan bahwa matematika itu sulit, sehingga tidak dapat dipungkiri lagi banyak di kalangan siswa dari tingkat dasar sampai ke tingkat perguruan tinggi yang tidak suka dan takut pada pelajaran matematika. Padahal, ketika kita belajar matematika banyak manfaat yang bisa kita ambil. Tidak ada yang bisa menyangkal pentingnya matematika dalam kehidupan ini. Matematika tidak hanya penting bagi para ilmuan, dokter, astronot dan arsitek, tetapi matematika memiliki peran penting bagi semua kalangan masyarakat.

Karena sejatinya segala sesuatu dalam kehidupan ini selalu berhubungan bahkan berdampingan dengan matematika. Kendati demikian, saking luar biasanya manfaat dari matematika, hingga matematika kini menjadi peran penting dalam pembentukan karakter bangsa karena dengan adanya matematika bangsa ini menjadi logis, kritis, sistematis dan teoritis hingga terbentuklah generasi yang cerdas dan hebat sebagai bangsa yang berkualitas dan bisa memajukan negara.

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours