Peran Pemuda dalam Kemajuan Bangsa

Estimated read time 3 min read

Pemuda merupakan kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan sebagai perwujudan fungsi, peran, karakteristik, dan kedudukan strategis dalam pembangunan nasional. Untuk itu, tanggung jawab dan peran strategis pemuda dalam semua dimensi pembangunan perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa, apa dan bagaimana seharusnya pemuda berperan sebagai kunci atau penerus bangsa Indonesia.

Peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa memiliki beberapa peran yang harus dilakukan oleh pemuda. Beberapa peran tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Agen perubahan

FOTO : Kibaran Merah Putih Di Nusantara - Foto 10

Peran pemuda sebagai generasi penerus pertama dapat dilihat dari peran pemuda sebagai agen perubahan. Artinya pemuda memiliki peran untuk menjadi pusat kemajuan bangsa itu sendiri. Dalam hal ini dapat dilakukan melalui pembekalan perubahan lingkungan masyarakat, baik secara nasional maupun daerah, menuju arah yang lebih baik di masa depan. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa ada pernyataan seperti peran pemuda sebagai generasi penerus karena yang menentukan kemajuan negara di masa depan adalah generasi muda melalui keberhasilan perubahan positif yang dapat dilakukan.

Salah satu kunci sukses sebagai agen perubahan tentunya adalah keyakinan yang dimiliki oleh generasi muda, artinya generasi muda harus percaya dengan apa yang dimiliki dan selalu melakukannya dengan baik dan benar.

  1. Agen Pembangunan.

Smart City Indonesia: Sudah Seberapa Smart-kah Kotamu? - Blog Gamatechno

Agent of development atau agen pembangunan sebagai penerus bangsa. Artinya pemuda mempunyai peran dan tanggung jawab dalam upaya melancarkan atau melaksanakan berbagai macam pembangunan di berbagai bidang, baik pembangunan nasional maupun pembangunan daerah. Mengapa agen pembangunan juga berperan penting bagi pemuda sebagai penerus bangsa? Hal ini dikarenakan kaum muda berkewajiban untuk menjaga eksistensi bangsa di kancah dunia, dan selalu dapat memberikan kesan yang baik di mata dunia. Misalnya, mengembangkan bidang budaya daerah kemudian memperkenalkannya ke dunia internasional.

Bahkan pelaku pembangunan di sini tidak hanya sebatas pembangunan fisik dan non fisik secara nasional dan daerah tetapi juga menyangkut kemampuan mengembangkan potensi generasi muda lainnya. Artinya, diperlukan upaya untuk mengetahui bagaimana potensi dan produktivitas generasi muda dapat dikembangkan bersama-sama untuk mencapai tujuan pembangunan bangsa Indonesia sekarang dan yang akan datang.

  1. Membangun Pendidikan

The Future of Education 2050: 7 Things That Will Change - StudyCrumb.com

Pendidikan merupakan landasan dari berbagai peran di atas, tanpa pendidikan yang kuat, pemuda Indonesia tentu akan merasakan kesulitan dalam menjalankan perannya sebagai generasi penerus bangsa Indonesia. Oleh karena itu, wajib belajar juga penting ditanamkan pada generasi muda bangsa Indonesia. Beberapa peran pemuda dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia juga terlihat dari masih banyaknya tenaga pendidik yang masih tergolong muda dan memiliki semangat untuk memberikan pendidikan yang berkualitas kepada generasi penerus. Belum lagi banyak kegiatan pemuda Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, terutama di daerah-daerah terpencil di pulau-pulau yang tersebar di seluruh bangsa Indonesia. Kondisi ini juga termasuk dalam upaya pemuda Indonesia sebagai generasi penerus bangsa dalam upaya membangun pendidikan yang lebih baik dari masa-masa sebelumnya.

  1. Memiliki Semangat Berjuang Tinggi

Graduation fail: Student attempts backflip while wearing cap and gown

Pemasangan semangat perjuangan yang tinggi pada generasi muda baik sekarang maupun dulu. Hal-hal yang dapat dilakukan antara lain selalu berusaha semaksimal mungkin untuk dapat meraih prestasi yang membanggakan bangsa Indonesia di mata dunia, menghilangkan semangat mudah menyerah, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, dan lain sebagainya. Apalagi semangat pemuda dalam upaya mencapai tujuan pembangunan nasional, seperti dengan menyampaikan ide-ide pembangunan baru dan keinginan untuk terlibat langsung dalam pembangunan bangsa. Walaupun kegagalan sering dialami oleh para pemuda Indonesia, namun penting untuk diingat untuk tidak mudah menyerah karena kegagalan adalah awal dari sebuah kebangkitan dan juga kesuksesan.

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours