10 Cara Ampuh Mengatasi Bad Mood

Estimated read time 5 min read

Hidup tak selalu mulus-mulus saja. Ada kalanya kita merasakan suatu kegagalan, kesulitan, atau masalah yang bikin mood jadi drop atau yang biasa kita sebut dengan istilah ‘bad mood’. Bad mood  tentunya sudah tak asing lagi. Setiap orang pasti pernah mengalami kondisi tersebut. Bad mood ialah kondisi perasaan atau suasana hati yang tidak nyaman, baik itu rasa jengkel, sebal, sedih, marah, dan lain sebagainya. Bad mood umumnya tergambar dari ekspresi wajah dan berpengaruh pada aktivitas sehari-hari, bad mood juga berpengaruh pada hubungan dan prasangka individu lain, terlebih jika berada dalam kondisi yang melibatkan interaksi seperti dalam situasi bersama keluarga, sahabat, teman, rekan kerja, pasangan dan orang lain yang ada di sekitar kita.

Bad mood bisa dikatakan kerap datang secara tiba-tiba. Bad mood secara berlarut-larut tentunya tidak baik untuk kesehatan mental. Bagi kamu yang mood-nya gampang berubah, penting untuk mengetahui cara menghilangkan bad mood agar pikiran dan hati dapat kembali tenang. Pasalnya, jika bad mood sudah datang menghampiri, akan menghambat aktivitas kamu yang lainnya.

Bad mood dapat mengaburkan pikiran jernih. Alhasil, kita jadi tidak dapat mengambil keputusan tepat, mengurangi produktivitas, bahkan dapat merenggangkan hubungan sosial dengan keluarga, sahabat, teman, rekan kerja, dan pasangan. Kalau sudah begini, bagaimana cara mengatasi  bad mood? Berikut berbagai cara agar mood selalu happy.

  1. Beribadah

Cara menghilangkan bad mood yang sering kali dilupakan adalah beribadah. Padahal, mendekatkan diri kepada Sang Pencipta akan membuat kita merasa lebih tenang dan nyaman.   Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu beribadah meminta petunjuk dan kemudahan. Berdoa dan berkeluh kesah kepada Tuhan akan membuat kita merasa lega dan terbebas dari perasaan yang buruk.

  1. Mengakui Apa yang Dirasakan

Menekan suasana hati yang buruk memang sangat sulit. Cara yang mudah untuk membantu meredakan suasana hati kau yang tidak baik adalah dengan mengakui apa yang sedang dirasakan. Kamu bisa mengungkapkan masalah atau sumber kegalauan kepada orang lain, seperti keluarga, pasangan, sahabat atau teman. Jangan denial atau menyangkal perasaan karena hal itu tidak akan memperbaiki suasana hatimu.

  1. Berolahraga

Berolahraga dapat menjadi cara kembalikan mood yang rusak. Saat berolahraga, tubuh mengeluarkan endorfin, yaitu hormon yang membuat rasa bahagia sehingga ini dapat menangkal suasana hati yang buruk. Pilih jenis olahraga yang menjadi kesukaanmu. Lakukanlah secara rutin agar mood terjaga dengan baik.

  1. Mendengarkan Musik

Hidup tanpa musik rasanya hampa. Nyalakan atau putar musik yang kamu suka dan nikmati waktu bersantai untuk mengusir suasana hati yang buruk.  Dengarkanlah lagu-lagu yang memberi Anda semangat untuk membangkitkan mood. Hindari mendengarkan lagu-lagu sedih yang justru dapat membuat Anda jadi lebih bete.

  1. Ekspresikan Isi Hati

Mengekspresikan isi hati dengan menangis dapat membantu menyalurkan emosi. Jadi, jangan malu untuk menangis jika mengalami masalah yang berat. Menangis akan membantumu melepaskan kegelisahan dalam hati, selama masih dalam batas yang wajar. Selain menangis, mengekspresikan isi hati ke dalam sebuah karya seperti lukisan, puisi, lagu, dan lainnya juga dapat membantu meredakan bad mood.

  1. Berpikir Optimistis

Berpikir optimistis merupakan salah satu cara untuk mengusir bad mood. Pikirkan sisi baik atau hikmah dari setiap kondisi yang terjadi dalam kehidupanmu. Dengan berpikir optimistis, kamu akan lebih mudah menemukan solusi dari permasalahanmu dan meredakan bad mood yang dialami.

  1. Minum Kopi atau Teh

Cara menghilangkan bad mood selanjutnya yakni bisa dengan minum kopi ataupun teh. Kopi dan teh adalah dua jenis minuman yang di dalamnya mengandung kafein. Adanya kandungan kafein inilah yang menjadikan keduanya ampuh untuk membangkitkan mood. Pasalnya, kafein berperan dalam memblokade senyawa adenosin di dalam tubuh.

Aktivitas tersebut lantas membantu tubuh untuk memproduksi dopamin dan glutamin sehingga yang terjadi selanjutnya adalah tubuh akan merasa rileks, waspada, dan tentu saja menghasilkan mood yang bagus.

  1. Pergi ke Alam Terbuka

Melihat indahnya pemandangan merupakan salah satu cara menghilangkan bad mood. Menutup mata sembari menghirup udara segar tentunya dapat membantu kamu menghilangkan penat dalam diri kamu. Berada di alam terbuka dengan banyak pepohonan rindang selama 90 menit saja berdasarkan hasil penelitian, hal tersebut efektif untuk meminimalisir bagian otak yang menghasilkan pikiran negatif dan bad mood yaitu Subgenual Prefrontal Cortex (sgPFC).

Mengunjungi alam terbuka seperti pegunungan maupun hutan kota di mana banyak terdapat pepohonan menurut sebuah penelitian yang dirilis oleh Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America (PNAS) pada tahun 2015 dapat membantu memperbaiki mood yang sedang tidak bagus.

  1. Berkumpul dengan Orang Terdekat

Menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat merupakan cara menghilangkan bad mood yang layak dicoba karena efektivitasnya juga dinilai tinggi. Cara mengatasi bad mood yang satu ini bahkan sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang melibatkan kurang lebih 50 ribu responden. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwasanya berkumpul bersama orang-orang terdekat seperti teman dapat meningkatkan mood sebanyak 8 persen. Sementara jika berkumpul bersama keluarga seperti orang tua dan anak, peningkatan suasana hati yang terjadi masing-masing 1,4 persen dan 0,7 persen.

  1. Istirahat yang Cukup

Suasana hati yang sedang tidak baik-baik saja bisa saja disebabkan karena kamu kelelahan setelah seharian beraktivitas. Istirahat merupakan salah satu cara menghilangkan bad mood yang paling mudah untuk dilakukan. Istirahat dapat membuat suasana hati kamu menjadi lebih baik dan tentunya menjadi lebih tenang.

Sudah banyak penelitian yang mengungkap  keterkaitan antara kurangnya waktu tidur dengan penurunan suasana hati dan sebaliknya, meningkatnya rasa stres. Oleh sebab itu, cara menghilangkan bad mood adalah dengan senantiasa istirahat yang cukup yakni 7-9 jam sehari.

Nah, itulah sepuluh cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi bad mood. Tetap semangat dan kurangi overthinking. Semoga bermanfaat.

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours