Mahasiswa Harus Tahu, Inilah 5 Keunggulan Sistem Pembelajaran Hybrid Learning

Estimated read time 3 min read

Sistem pembelajaran hybrid learning merupakan sistem pembelajaran yang menggabungkan antara sistem pembelajaran online dengan sistem pembelajarna konfensional pada umumnya, sistem pembelajaran ini merupakan sistem pembelajaran yang lahir dan banyak  digunakan ketika virus Covid-19 melanda seluruh dunia. Perpindahan sistem pembelajaran ini dimulai dari penggunaan sistem pembelajaran konfensional terlebih dahulu, kemudian pandemik memuncak, sistem pembelajaran diubah menjadi sistem  pembelajaran online, setelah sistem pandemik mulai sedikit demi sedikit menurun, mulailah sistem pembelajaran hybrid learning diberlakukan di berbagai negara termasuk Indonesia.

Dari situlah sistem pembelajaran hybird learning mulai berlaku dan dikenal oleh seluruh kalangan masyarakat dari mulai kalangan akademisi hingga kalangan masyarakat pada umumnya, yang pada dasarnya di awal tidak peduli dengan sistem pendidikan, kemudian lambat laun sekarang mulai peduli dengan sistem pendidikan yang berlaku, atau sistem pendidikan yang digunakan dalam suatu sekolah. Yang pada awalnya sistem pendidikan yang dulu ada sebelum pandemik melanda merupakan sistem pendidikan yang terkesan monoton yaitu konfesional saja, kemudian sekarang mulai bermunculan sistem pembelajaran baru yang menambah angin segar terhadap dunia pendidikan.

Didasarkan pada hal tersebut kali ini, mimin akan membagikan pada teman-teman mengenai keunggulan dari sistem pembelajaran hybird learning dan apa saja yang menjadikan keunggulan tersebut sangat berguna dalam pendidikan terutama pendidikan yang ada di Indonesia.

  1. Dapat melakukan pembelajaran jarak jauh

Keunggulan dari sistem pembelajaran hybird learning yang pertama adalah selain dari penggunaan metode belajar konfensional sistem pembelajaran hybird learning ini juga menggunakan sistem pembelajaran online sehingga pembelajaran dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Selain  dari itu, ketika siswa mulai merasa jenuh dengan sistem pembelajaran online, siswa dapat melaksanakan sistem pembelajaran secara konfesional pada umumnya, dikarneakan sistem pembelajaran hybird learning ini menggabungkan kedua sistem tersebut yaitu sistem pembelajaran online dan sistem pembelajaran konfensional.

  1. Sistem pembelajaran yang baru dan menyenangkan

keunggulan berikutnya dari sistem pembelajaran hybird learning ini adalah sistem pembelajarannya yang baru dan menyenangkan. Ketika guru dapat memanfaatkan sistem pembelajaran hybird learning ini dengan baik dan benar maka pembelajaran yang terlaksana pun akan menjadi pembelajaran yang menyenangkan, terdapat banyak hal yang dapat guru manfaatkan dari sistem pembelajaran hybird learning ini, salah satunya dari segi video dan animasi yang ditampilkan.

  1. Anak menjadi lebih aktif

Pada dasarnya ketika anak menemukan hal baru, anak tersebut akan menjadi lebih tertarik untuk mengeksplorasi hal baru tersebut. Maka dari itu peran guru di sini untuk membuat anak lebih ingin mengeksplorasi hal baru tersebut. Begitu juga dengan sistem pembelajaran hybird learning ini, ketika anak menemukan hal baru tersebut, Guru harus memancing anak untuk tertarik terhadap hal baru terebut, agar nantinya anak menjadi jauh lebih aktif.

  1. Aman untuk masa pandemi

Dalam masa pandemi seperti saat ini, pembelajaran dengan sistem hybird learning menjadi solusi atau jawaban terbaik untuk siswa atau murid dapat aman dari virus juga tidak merasa bosan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Karena pada dasarnya anak atau siswa merupakan penerus generasi bangsa yang harus dijaga dan diberi rasa aman agar nantinya generasi penerus dapat terus ada hingga keturunan-keturunan kita selanjutnya.

  1. Peran guru semakin penting untuk murid

Keunggulan yang terakhir dalam daftar ini dalam sistem pembelajaran hybird learning adalah peran guru menjadi semakin penting untuk murid. Tentu saja melihat sistem pembelajaran hybird learning ini membutuhkan atau sangat membutuhkan peran guru dalam melaksanakan proses pembelajarannya. Sehingga sudah pasti peran guru menjadi sangat penting bagi murid, sehingga kedekatan murid dengan guru akan lebih intens dan meningkat.

Mungkin sekian untuk artikel kali ini, terima kasih karena sudah membaca sampai akhir. Salam Jurnalis, “the power of writing, satu tulisan sejuta perubahan”.

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours