Inilah 5 Fakta Menarik Mengenai Guru yang Harus Kalian Ketahui

Estimated read time 3 min read

Salah satu jenis profesi yang menjadi jenis profesi yang sangat berjasa dalam hidup kita adalah jenis profesi sebagai seorang guru, di mana guru merupakan profesi yang sangat berpengaruh dalam proses perjalanan hidup kita. Selain dari itu, profesi sebagai seorang guru juga memiliki banyak sekali fakta menarik yang mungkin sangat menarik untuk kita ketahui. Maka dari itu, kali ini mimin akan memberi tahu kepada kalian mengenai lima fakta menarik mengenai Guru.

  1. Bekerja sepenuh hati

fakta menarik pertama mengenai seorang guru adalah guru bekerja dengan sepenuh hati. Fakta ini bisa kita lihat dari dedikasi seorang guru dalam melaksanakan tugasnya, selain dari itu kita juga dapat melihat betapa relanya guru dibayar tidak sesuai dengan yang ia berikan apalagi guru honorer yang bahkan hanya dibayar tidak lebih dari sepertiga  gaji UMR untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di tempatnya.

Hal tersebut membuktikan bahwasanya guru merupakan profesi dan pekerjaan yang memerlukan hati dalam melaksanakannya, ketika tidak menggunakan hati dalam melaksanakan pekerjaannya, seorang guru tidak akan mampu bertahan lama bahkan akan memilih untuk meninggalkan profesinya sebagai seorang guru dan akan lebih memilih pekerjaan yang lebih memberikan materi yang tinggi dibandingkan dengan materi yang diberikan ketika ia menjadi guru.

  1. Guru dihormati di kalangan sosial

Fakta berikutnya adalah guru sangat dihormati di kalangan sosial, tentu saja hal tersebut sangat mungkin terjadi karena pada dasarnya tugas guru atau pekerjaan guru adalah mencerdaskan anak didiknya. Maka sudah tentu guru akan menjadi orang yang paling dihormati oleh anak didiknya setelah orang tua mereka, karena ada pepatah yang mengatakan bahwa guru adalah pengganti orang tua di sekolah. Sehingga guru akan sangat dihormati, bahkan oleh orang tua dari anak didik yang guru tersebut didik, karena orang tua dari peserta didik pun akan menganggap bahwa anak mereka dapat pintar karena dididik dan diajarkan oleh guru tersebut.

  1. Guru harus sabar luar biasa

Fakta berikutnya adalah untuk menjadi seorang guru, harus memiliki tingkat kesabaran yang luar biasa, karena pada dasarnya yang dihadapi oleh seorang guru adalah peserta didik yang memang harus dididik. Maka dari itu, seorang guru harus memiliki tingkat kesabaran yang luar biasa untuk mendidik siswa dan siswinya. Ketika guru tidak memiliki tingkat kesabaran yang  tinggi maka secara otomatis guru tersebut akan gagal menjadi seorang guru.

  1. Guru tidak menginginkan imbalan apa pun

Biasanya kebanyakan guru atau bahkan mayoritas guru tidak ingin mendapatkan imbalan apa pun selain dari imbalan melihat siswanya yang sukses dan dapat melampaui kesuksesan dia sebagai seorang guru. Karena pada dasarnya kebahagiaan menjadi seorang guru adalah bukan dari apa yang kita dapatkan berupa materi, tapi kebahagiaan ketika guru tersebut melihat peserta didik yang telah ia ajar mendapatkan kesuksesan yang dapat dibanggakan.

  1. Guru tidak pernah berhenti

Fakta terakhir mengenai guru adalah profesi guru tidak akan pernah berhenti selama masih terdapat manusia di muka bumi ini. Ketika guru memberikan pelajaran dan pendidikan kepada mu kemudian kamu naik kelas, maka guru tersebut akan kembali mengajari adik kelas mu. Hal tersebut lah yang menyebabkan pekerjaan sebagai seorang guru tidak akan pernah berhenti selama masih terdapat peserta didik di muka bumi ini.

Masih banyak fakta menarik mengenai seorang guru, yang dapat kita kaji secara lebih dalam lagi. mungkin sekian artikel kali ini, terima kasih karena sudah membaca sampai akhir, Salam Jurnalis, “The power of wraiting, satu tulisan sejuta perubahan”.

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours