KEMAHASISWAAN

Estimated read time 3 min read

Apa sih mahasiswa itu ?

Mahasiswa adalah orang yang belajar di perguruan tinggi yang mempunyai peran dan fungsi masing masing. Sebagai seorang mahasiswa kita tidak hanya mempelajari bidang yang kita pilih saja, namun kita sebagai mahasiswa harus bisa mengimplementasikan serta mampu menginovasi dan dapat berfikir kreatif dalam bidang tersebut.

Dulu perjuangan mahasiswa itu begitu sangat berat, pada tahun 1908 terdapat gerakan mahasiswa bernama budi uetomo. Budi uetomo adalah wadah perjuangan yang pertama kali memiliki struktur perorganisasian modern, bertujuan untuk menjamin kehidupan berbangsa yang terhormat. Gerakan ini didirikan di jakarta,20 Mei 1908 oleh para pemuda STOVIA atau sekolah kedokteran di jawa. Pada kongres pertama 05 oktober 1908 di yogyakarta,ditetetapkan tujuan perkumpulan yaitu untuk kemajuan selaras buat negeri dan bangsa.

Dalam dunia mahasiswa banyak sekali golongan/klasifikasi mahasiswa yang disebut tipologi mahasiswa diantaranya yaitu :

  • Apatis adalah suatu sikap seseorang yang memiliki kecendrungan tidak peduli dengan emosional,sosial atau kehidupan fisik.
  • Hedonis adalah suatu sikap mahasiswa yang mencari kesenangan dengan cara berhura hura dan menghindari hal hal yang menyakitakan.
  • Aktivis adalah orang atau sekelompok orang yang menggerakkan suatu organisasi atau kegiatan.
  • Akademis adalah mahasiswa yang selalu mengutamakan akademik dibandingkan yang lainnya.
  • Agamis adalah mahasiswa yang selalu aktif dalam kegiatan keagamaannya.khususnya untuk islam,saat waktu sholat tiba mahasiswa agamis bakal langsung kemesjid melaksanakan kewajibannya.
  • Pragmatis adalah mahasiswa yang menginginkan segala sesuatu yang diinginkan dan di kerjakan segala tercapai tanpa mau berfikir panjang dan tanpa melalaui proses yang lama dan matang.

Namun diantara bermacam macam mahasiswa,mahasiswa juga memiliki peran dan fungsinya masing masing di antaranya yaitu :

  • Agen of chage : Sebagai agen perubahan,mahasiswa yang berdiri di depan untuk menyuarakan aspirasi dari masyarakat.
  • Iron stock : Mahasiswa diharapkan menjadi manusia manusia tangguh yang memiliki kemampuan dan akhlak mulia yang nantinya dapat menggantikan generasi generasi sebelumnya
  • Guardian of value : Bagaimana mahasiswa bisa menjaga nilai nilai kebaikan yang ada di masyarakat.Seperti nilai kejujuran,gotong royong,empati,keadilan,integritas dan yang lainnya.
  • Moral : Mahasiswa sering di nilai sebagai penguat moral bangsa.Mahasiswa harus memiliki moral yang baik.
  • Social control : Kita sebagai mahasiswa itu harus bisa mengontrol mahasiswa agar biasa mengajak,mengawasi dan mecegah agar masyarakat di lingkungan yang dapat terkendali.

Mengapa sih harus ada peran fungsi mahasiswa ? Karena dengan menjalankan peran fungsi mahasiswa,mahasiswa juga menjalankan tridarma perguruan tinggi yang tiga.

Emang apa saja sih tridarma perguruan tinggi ?

Tridarma perguruan tinggi itu ada 3 diantaranya yaitu

  1. Pendidikan, Pendidikan adalah suatu proses memanusiakan manusia yang awalnya tidak tahu menjadi tahu.
  2. Penelitian, Penelitian adalah suatu kegiatan pengumpulan,pengolahan,analisis data secara sistematis dan objektif.
  3. Pengabdian, Pengabdian adalah berbuat sesuatu bagi orang lain masyarakat tanpa menuntut imbalan.

 

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours