Mengejutkan, Inilah 5 Fakta Menarik Musik Bagi Kesehatan

Estimated read time 3 min read

Mendengarkan musik merupakan salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan rasa semangat dan mood kita dalam melakukan sesuatu seperti melakukan aktivitas olahraga, aktivitas membersihkan rumah, aktivitas belajar dan lain sebagainya. Namun di samping itu, terdapat fakta menarik mengenai musik dalam dunia Kesehatan, karena ternyata dengan kita mendengarkan musik, kita dapat meningkatkan kesehatan yang ada dalam tubuh kita. Maka dari itu pada kesempatan kali ini mimin mau memberikan informasi ke kalian mengenai lima fakta menarik musik bagi kesehatan.

  1. Meningkatkan suasana hati

Dengan mendengarkan musik, kita dapat meningkatkan kesehatan hati, lebih tepatnya kita akan meningkatkan kesehatan mental. Dengan mendengarkan musik kita dapat meningkatkan suasana hati sehingga kesehatan mental yang ada dalam diri kita pun akan meningkat. Dengan demikian kesehatan mental dalam diri kita akan meningkat pula. Sehingga dengan kesehatan mental yang baik, otomatis kesehatan tubuh kita pun akan meningkat dengan sendirinya.

Karena pada dasarnya baik itu kesehatan tubuh ataupun kesehatan mental keduanya terhubung sehingga ketika kesehatan mentalnya sehat, maka secara otomatis kesehatan tubuhnya pun akan merasa sehat atau akan sehat. Kemudian ketika kesehatan mentalnya tidak sehat, maka kesehatan tubuhnya pun akan ikut tidak sehat. Sehingga kita harus dapat menjaga kesehatan mental agar kesehatan tubuh pun dapat terjaga.

  1. Mengatasi gangguan tidur

Fakta berikutnya mengenai musik dalam dunia kesehatan adalah dengan mendengarkan musik kita dapat mengatasi masalah dalam gangguan tidur atau biasa disebut dengan insomnia. Terdapat jenis musik yang dapat membantu kita dalam mengatasi permasalahan sulit tidur tersebut. Seperti contohnya musik yang bertempo menenangkan sehingga kita dapat merasa tenang dan dapat mengatasi permasalahan yang ada. Karena pada dasarnya salah satu penyebab terjadinya gangguan susah tidur adalah karena disebabkan oleh kita tidak dapat merasa tenang karena suatu permasalahan.

Sehingga dengan mendengarkan musik kita dapat sedikit merasa tenang dan bahkan dapat merasa tenang sepenuhnya. Dengan demikian, perasaan khawatir dari rasa tidak tenang akibat permasalahan pun dapat teratasi dan gangguan susah tidur dapat kita atasi dengan mendengarkan musik tersebut.

  1. Mencegah kejang pada penderita epilepsi

Penyakit epilepsi merupakan penyakit yang menyebabkan penderitanya dapat kejang-kejang disebabkan oleh kejutan listrik di dalam otaknya secara tiba-tiba. Dengan mendengarkan musik, penderita penyakit epilepsi dapat meminimalisir kejang karena dengan mendengarkan musik dapat merileksasikan jaringan listrik yang ada dalam otak. Sehingga tidak akan terjadi kejutan listrik dalam otak secara tiba-tiba.

  1. Membantu pemulihan pasca-operasi

Salah satu fakta menarik mengenai musik dalam dunia kesehatan lainnya adalah musik dapat membantu pemulihan pasca-operasi, sehingga untuk pasien yang baru selesai melakukan operasi, sangat dianjurkan untuk mendengarkan musik, terutama musik-musik yang meningkatkan semangat yang ada dalam dirinya. Sehingga pemulihan pasca-operasinya pun akan semakin cepat dan orang yang baru selesai operasi tersebut akan cepat untuk kembali beraktivitas.

  1. Mengatasi stres

Salah satu fakta menarik mengenai musik dalam dunia kesehatan adalah dengan mendengarkan musik kita dapat mengatasi stres yang kita alami. Dalam dunia kesehatan, stres merupakan penyakit yang cukup serius, terutama mental stres menjadi bahan kajian yang cukup mendalam. Dengan mendengarkan musik, kita dapat mengatasi stres sehingga produktivitas kita dalam bekerja atau melakukan sesuatu akan meningkat.

Mungkin untuk artikel kali ini hanya sekian, terima kasih karena sudah membaca dari awal sampai akhir. Salam Jurnalis “Satu Tulisan Sejuta Perubahan“.

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours