Apa Itu Metaverse ? Kalian Harus Tahu, Mengapa Hal Itu Membuat Gencar Dunia

Estimated read time 3 min read

Dunia teknologi, memang tidak ada habis-habisnya memberikan hal yang membuat kita tertegun takjub dengan apa yang dunia teknologi berikan. Dari mulai teknologi yang dapat mengelabui indra penglihatan kita, kemudian teknologi yang dapat mengelabui indra pendengaran kita dan masih banyak lagi, membuat dunia teknologi menjadi masa depan yang cukup indah untuk dibayangkan dan memiliki masa depan yang cerah untuk diciptakan.

Ada banyak sekali teknologi yang sudah kita ketahui, salah satunya adalah teknologi terbaru “METAVERSE” yang saat ini tengah booming dibicarakan oleh khalayak umum. Sebenarnya teknologi ini bukan teknologi yang baru, teknologi ini merupakan tingkataan lebih lanjut dari teknologi yang sudah kita kenal selama ini, yaitu virtual reality. Di mana teknologi ini menerapkan sebuah konsep yang menjadikan dunia maya atau biasa kita sebut dengan dunia online menjadi dunia offline dan dapat kita rasakan dengan bantuan perangkat yang disebut dengan virtual reality.

Lebih sederhananya lagi, metaverse ini merupakan suatu dunia yang sengaja diciptakan untuk menampung jutaan manusia agar dapat berada dalam situasi nyata namun secara online dan tanpa perlu pergi ke manapun atau bahkan keluar rumah sekalipun.

Mengapa metaverse begitu booming dibicarakan?

Ada beberapa faktor penyebab mengapa metaverse yang kelihatannya biasa saja ini begitu banyak dibicarakan dan menjadi trending topik pembicaraan di tahun 2021 ini. Salah satu penyebab mengapa metaverse begitu populer adalah dikarenakan metaverse ini merupakan proyek ambisius yang sedang dikembangkan oleh perusahaan teknologi terbesar yang ada pada saat ini, yaitu Facebook. Bahkan Facebook mengganti nama induk perusahaan mereka menjadi META yang berasal dari kata metaverse tersebut.

Alasan lain mengapa metaverse begitu populer adalah karena konsepnya yang begitu ambisius, dalam istilah sederhana metaverse ingin mengubah dunia nyata menjadi dunia maya, yang di dalamnya dibuat sama persis dengan keadaan yang ada di dunia nyata. Hanya saja dengan fitur yang jauh lebih menyenangkan dan lebih artistik, membuat kita seakan berada di suatu dunia yang berbeda dengan dunia yang selama ini kita ketahui.

Banyak sekali orang yang mendukung proyek ambisius metaverse ini. Mereka beranggapan ketika dunia metaverse ini ada dan dapat kita rasakan keberadaannya, kita sebagai umat manusia akan sangat terbantu, dalam hal ini contoh kecilnya ketika kita akan mengadakan pertemuan rapat misalnya, kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke kantor. Kita hanya cukup dengan menyalakan perangkat pendukung metaverse dan masuk ke dalam dunia metaverse yang kita miliki tanpa harus bersusah-susah pergi dan bermacet-macetan untuk sampai ke kantor yang kita tuju.

Melihat peluang tersebut, perusahaan sebesar Facebook sangat berambisi untuk dapat menciptakan dunia metaverse ini, sehingga nantinya orang-orang yang ingin menggunakan dunia metaverse tersebut, harus melewati perantara Facebook terlebih dahulu sebagai pemilik dari dunia metaverse tersebut. Namun selain dari perusahaan Meta, ada perusahaan lain juga yang mengembangkan dunia metaverse tersebut, salah satunya adalah Microsoft yang juga ikut meramaikan dunia metaverse ini.

Sekarang bagaimana kita selaku mahasiswa menyikapi mengenai metaverse tersebut?

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk merespons dunia metaverse yang tengah gencar-gencarnya dibangun dan direalisasikan oleh perusahaan teknologi besar dunia. Salah satunya adalah dengan menyikapi dengan cara mendukung perkembangan metaverse dan melakukan kontribusi di dalamnya entah itu dalam bentuk tindakan maupun perkataan yang membangun sehingga metaverse dapat terlaksana dan terealisasikan dalam kehidupan umat manusia.

Kesimpulan dari artikel ini adalah dunia teknologi merupakan dunia yang akan terus berkembang dan berkembang, akan selalu ada penemuan-penemuan baru, gagasan-gagasan baru yang akan membuat dunia teknologi semakin ramai dan semakin bermanfaat bagi keberlangsungan hidup umat manusia. Maka dari itu kita harus terbuka dan mau menerima perkembangan-perkembangan teknologi tersebut dan tentunya mampu menyesuaikan diri, agar nantinya kita tidak pernah tertinggal oleh perkembangan teknologi tersebut.

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours