Mahasiswa Wajib Tahu, Inilah 5 Fakta Menarik Mengenai Teknologi VR

Estimated read time 4 min read

Teknologi virtual reality atau biasa kita sebut dengan VR adalah teknologi yang cukup terkenal terutama di kalangan masyarakat milenial. Teknologi VR ini memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di dunia online agar dapat dirasakan keberadaanya seolah-olah seperti sarana dan prasarana yang ada pada dunia nyata. Maka dari itu, Teknologi VR ini menjadi tekonlogi yang cukup disukai oleh orang-orang yang menjadi penggila teknologi atau bisa disebut dengan teknofans. Kali ini mimin sudah merangkum buat kalian mengenai 5 fakta menarik mengenai teknologi virtual reality yang cukup seru untuk diketahui.

  1. Bukan hanya anak-anak yang tertarik pada VR

Generasi melanial atau biasa kita sebut dengan generasi-Z adalah generasi yang selalu tertarik dengan perubahan zaman terutama di bidang teknologi dan selalu mengikuti tren teknologi masa kini. Maka dari itu, tidak heran apabila teknologi VR begitu disukai oleh anak-anak di zaman ini. Namun begitu tidak disangka ternyata orang tua yang lahir di generasi sebelumnya pun tertarik dengan teknologi VR tersebut.

Yang pada dasarnya generasi sebelum generasi milenial acuh tak acuh pada perkembangan teknologi, ternyata pada saat teknologi virtual reality muncul mereka pun mulai menaruh perhatian pada teknologi VR tersebut. Selain dari itu dengan hadirnya teknologi VR tersebut para generasi terdahulu mulai membuka dirinya untuk lebih memiliki wawasan lagi mengenai dunia teknologi yang memang sedang berkembang saat ini.

  1. Realitas virtual tidak harus mahal

Fakta ini cukup membuat kita tersadar bahwasanya teknologi yang berhubungan dengan realitas virtual dunia maya tidak harus memiliki harga yang mahal untuk menikmatinya. Dibuktikan dengan banyaknya platfrom pendukung virtual reality yang memiliki harga yang murah bahkan disajikan dalam bentuk gratis di beberapa platfrom tak berbayar seperti YouTube dan lain sebagainya. Selain dari membuat kita tersadar, fakta ini juga memberikan kepada kita wawasan agar lebih terbuka pada perkembangan teknologi.

  1. Virtual Reality diciptakan pada tahun 1987

Ternyata konsep teknologi Virtual Reality diciptakan pada tahun 1987. Lebih jelasnya konsep virtual reality ini atau bisa juga disebut dengan realitas virtual dikemukakan oleh Jaron Lanier pada tahun tersebut. Kemudian konsep teknologi VR ini mulai dikenal oleh banyak orang pada tahun-tahun sekarang dengan konsepan tersebut terlahirlah sistem teknologi VR tersebut yang sangat berguna terutama bagi masyarakat yang hidup pada zaman sekarang ini.

  1. Virtual Reality tidak akan pernah menggantikan dunia nyata

Sudah tentu fakta ini adalah fakta mengenai teknologi virtual reality yang dapat kita pahami dan ketahui bersama sepenuhnya. Sehebat apapun kemampuan dalam teknologi virtual reality sudah tentu teknologi tersebut tidak akan pernah dapat menggantikan keberadaan dunia nyata. Terdapat perbedaan yang sangat jauh baik itu antara dunia maya atau dunia virtual dengan dunia nyata yang sedang kita jalani saat ini.

Namun terdapat rumor yang cukup menakutkan mengenai dunia virtul di mana dunia virtual ini dikatakan dapat menggantikan keberadaan dunia nyata. Seiring dengan perkembangan dunia teknologi yang semakin cepat dari hari ke hari. Tetapi dapat dipastikan bahwasanya hal tersebut tidak mungkin terjadi dan hanya sebatas rumor belaka dikarenakan dapat kita konfirmasi bahwa tidak akan mungkin dunia virtual dapat menggantikan sepenuhnya keberadaan dunia nyata.

  1. Virtual Reality tidak hanya terkait dengan gamming saja

Kebanyakan orang membayangkan bahwa virtual reality biasanya merupakan sebuah game yang sengaja diciptakan untuk menyenangkan manusia. Namun faktanya tidak sesederhana demikian faktanya, teknologi virtual reality lebih dari hanya sebatas game tapi juga merupakan gambaran dari dunia nyata, tidak hanya terbatas pada permainan saja, tapi juga dapat digunakan untuk perkembangan ilmu pengetahuan, edukasi dan masih banyak lagi.

Kesimpulan dari artikel ini adalah teknologi virtual reality merupakan tekonlogi yang cukup terkenal terutama di kalangan generasi milenial. Teknologi ini juga memiliki banyak sekali fakta menarik di dalamnya, yang membuat kita semakin takjub dan tergerak untuk ikut berpartisipasi dalam pergerakan dan perkembangan teknologi virtual reality tersebut.

Terima kasih  karena sudah membaca artikel ini dari awal sampai akhir, salam Jurnalis Nuansa. Satu tulisan sejuta perubahan.

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours