Inilah 5 Fakta Menarik Seputar Dunia Teknologi yang Wajib Kalian Ketahui

Estimated read time 4 min read

Dunia teknologi memang dipenuhi dengan banyak sekali hal yang menarik, seperti salah satunya adalah mengenai hal yang kita anggap biasa saja namun menjadi hal yang luar biasa dalam dunia teknologi. Maka dari itu dunia teknologi disebut juga sebagai dunia perkembangan atau dunia kemajuan, karena ketika kita membahas dunia teknologi pasti akan ada kemajuan di dalamnya. Selain dari itu, teknologi merupakan kunci dalam kesuksessan dunia digital saat ini.

Berdasarkan hal tersebut, kali ini mimin sudah merangkum untuk kalian mengenai fakta menarik apa saja yang wajib kalian ketahui mengenai dunia teknologi saat ini, dan bagaimana tanggapan penulis mengenai hal tersebut. Yuk, tanpa berpanjang-panjang lagi langsung saja inilah 5 fakta menarik mengenai dunia teknologi yang wajib kalian ketahui.

  1. 92% mata uang di dunia adalah digital

Sudah kita ketahui bersama bahwa sistem pembayaran online sangat disukai saat ini, terlebih dengan sistem keuangan digital kita tidak harus dibuat ribet dengan keberadaan uang kertas. Dari hal tersebut kita dapat menyimpulkan memang mata uang digital sangat disukai dan digandrungi oleh masyarakat zaman sekarang. Orang lebih memilih menggunakan uang digital seperti e-banking dan lain sebagainya untuk melakukan pembayaran dibandingkan dengan uang kertas, terutama orang-orang yang tinggal di daerah kota.

Hal tersebutlah yang menyebabkan 92% mata uang di dunia adalah mata uang digital, dikarenakan itu tadi, masyarakat zaman sekarang lebih menyukai mata uang yang tidak membuat ribet dari pada mata uang yang membuat ribet dan rawan untuk hilang atau tertinggal di sembarang tempat.

  1. Keyboard qwerty dirancang untuk memperlambat proses mengetik

Sadarkah kalian keyboard qwerty sebenarnya dirancang untuk memperlambat kita dalam proses pengetikan, banyak sekali orang yang tidak sadar bahwasanya keyboard laptop, PC dan sebagainya yang menggunakan sistem penempatan qwerty adalah hasil dari kesalahan yang muncul akibat penyesuaian mesin tik zaman dulu. Hal tersebut disebabkan karena terdapat sebuah ketidaksesuaian dalam penempatan huruf pada mesin tik sehingga keyboard qwerty digunakan dalam mesin tik tersebut.

Pada awalnya, keyboard qwerty digunakan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada mesin tik yang dibuat pada zaman dulu, sehingga susunan keyboard qwerty sangat tidak beraturan dan membuat kesusahan para pengguna zaman sekarang. Namun dikarenakan kebanyakan orang yang mengetik sudah terbiasa menggunakan sistem penempatakn keyboard qwerty maka sistem penempatan ini pun menjadi sistem penempatan yang paling banyak digunakan, meskipun memperlambat proses pengetikan yang disebabkan oleh posisinya yang tidak beraturan.

  1. Wikipedia dikelola oleh ribuan Bot

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ensiklopedia online Wikipedia dapat diedit oleh siapa saja dan kapan saja. Hal tersebutlah yang membuat Wikipedia seperti sekarang ini, ada banyak data-data mengenai sesuatu yang terkandung di dalam Wikipedia, banyak sekali bahkan hingga mencapai ratusan bahkan ribuan informasi yang ada di dalamnya. Sudah tentu di dalam Wikipedia tersebut tidak semua informasi yang ada dapat dipertanggungjawabkan kata sifatnya yang dapat diedit oleh siapa pun dan kapan pun, sehingga data yang ada di dalamnya tidak sepenuhnya valid.

Tapi tidak menutup mata pula kalau data yang dibagikan oleh Wikipedia tidak semuanya demikian, ada banyak juga informasi yang valid yang dapat dipertanggungjawabkan di dalamnya.

  1. Perusahaan Apple pernah terjun ke bisnis pakaian

Tahukah kalian ternyata salah satu perusahan terbesar zaman ini yang bergerak di bidang teknologi ternyata pernah terjung ke dalam bisnis pakaian. Pada tahun 1986 perusahaan Apple pernah menjadi perusahaan pakian yang diberi nama  The Apple Collection. Bayangkan ketika perusahaan Apple dulu berjaya dalam bisnis pakaian, bagaimanakah nasibnya sekarang. Mungkin Apple yang kita kenal sekarang bukanlah Apple yang dapat kita pikirkan atau jauh berbeda keadaannya, tidak akan ada handphone iphone x dan lain sebagainya.

  1. Pada tahun 1956 penyimpanan 5 megabyte ( 5MB ) berbobot satu ton

Pada zaman dahulu proses pembuatan penyimpanan data memang sangat rumit, dikarenakan oleh minimnya alat dan kurangnya pengetahuan akan hal tersebut. Maka dari itu, untuk menyimpan data sebesar 5 megabyte saja diperlukan bobot sebesar satu ton untuk menunjang terciptanya penyimpanan tersebut. Bayangkan ketika kita membawa handphone yang memiliki kapasitas 64gb penyimpanannya, berapa berat yang harus kita bawa kalau  teknologi pendukung pembuatan penyimpanan seperti sekarang tidak ditemukan.

Mungkin sekian artikel pada kesempatan kali ini, terima kasih karena sudah membaca dari awal, silakan baca juga artikel kami yang lain terima kasih, salam jurnalis.

“ satu tulisan sejuta perubahan “

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours