Inilah 5 Teknologi Terbaru Tahun 2021 yang Harus Kalian Ketahui

Estimated read time 3 min read

Perkembangan dunia teknologi memang sangat cepat dan sangat menggiurkan, banyak sekali bermunculan teknologi-teknologi terbarukan, terutama di tahun 2021 ini. Ada banyak sekali teknologi yang akan membuat hidup kita semakin mudah dan efisien, seperti contohnya adalah teknologi-teknologi yang perkembangannya menggunakan internet di dalamnya. Dan kali ini mimin mau kasih tahu ke kalian mengenai 5 teknologi terbarukan tahun 2021 yang harus dan wajib sekali kalian ketahui.

  1. Jaringan 5G

Di posisi pertama teknologi terbaru di tahun 2021 adalah teknologi jaringan 5G. Teknologi jaringan 5G ini diciptakan atas perkembangan teknologi jaringan yang awalnya hanya baru menyentuh 4G saja menjadi 5G. Ada banyak sekali keungulan jaringan 5G diantaranya yaitu kecepatannya yang meningkat menjadi 800 Gbps per detik, sehingga membuat kecepatan internet kita semakin cepat dan cepat lagi. Jadi, Ketika kita ingin men-download atau meng-upload suatu video atau berkas lainnya kita tidak akan menunggu lama lagi dengan jaringan 5G tersebut.

Selain dari itu, jaringan 5G kini sudah tersebar di berbagai negara dan wilayah. Sehingga akses menuju jaringan 5G akan semakin mudah, dan nantinya kenikmatan kebebasan ber-internet akan semakin baik dan optimal.

  1. Hybrid Cloud makin diminati

Pada tahun 2021 ini penyimpanan online memang sudah menjadi kebutuhan yang wajib untuk menunjang kapasitas penyimpanan di perangkat yang sangat sedikit dan kurang, hybrid cloud sendiri merupakan gabungan dari penyimpanan privat dan public sehingga kita dapat memanfaatkannya sebagai sistem penyimpanan online kita. Hybrid cloud sendiri merupakan suatu sistem yang penyimpanannya dapat diakses oleh lebih dari satu pengguna, sehingga sekarang banyak perusahaan-perusahaan besar seperti Google yang menggunakan sistem hybrid cloud tersebut.

  1. Cyber Security

Berikutnya ada teknologi Cyber Security, teknologi ini memang sudah berkembang dan dikembangkan di tahun-tahun sebelumnya. Namun pada tahun 2021 pengembangan dan penggunaan cyber security sangatlah menggila, di mana banyak sekali perusahaan-perusahaan besar di bidang tersebut berlomba-lomba menciptakan keamanan dunia maya, sehingga persaingan tersebut menyebabkan perkembangan cyber security di tahun ini meningkat sangat signifikan dari tahun sebelumnya.

  1. Artificial Intelligence (AI)

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa perkembangan teknologi AI di tahun 2021 sangatlah meningkat, ditunjukan dengan pembuatan-pembuatan sistem berbasis AI yang sudah marak bergelimpangan di tahun 2021 ini, seperti contohnya berbagai game yang mengandalkan teknologi tersebut semakin dikembangkan dan semakin bervariasi lagi. Di bidang pendidikan sendiri teknologi ini sudah masuk dan mempengaruhi sistem pembelajaran siswa, sehingga siswa dapat belajar dengan lebih jelas dan terbuka agar nantinya siswa tidak harus lagi membayangkan sesuatu dengan tidak jelas.

  1. Teknologi Pendukung Work From Home (WFH) meningkat

Yang terakhir dalam daftar ini adalah teknologi pendukung WFH meningkat. Ada banyak sekali teknologi-teknologi pendukung WFH yang diciptakan, diperbaharui, dan dikembangkan. Seperti contohnya penggunaan aplikasi Zoom yang semakin hari semakin mudah dengan banyak pengembangan-pengembangan dan pembaharuan di dalamnya. Belum teknologi aplikasi seperti Microsoft dan lainnya yang tidak mau kalah meng-update dan memperbaharui sistemnya sehingga semakin baik dan enak untuk digunakan.

Adapun teknologi-teknologi pendukung WFH lainnya, mengikuti pembaharuan-pembaharuan lainnya seperti smart home dan lain sebagainya. Terlebih lagi dengan adanya pandemi seperti saat ini, keadaan memaksa kita untuk bekerja dan berlajar di rumah sehingga teknologi pendukungnya pun semakin dikembangkan dan diperbaharui.

Mungkin sekian untuk artikel pada kali ini, terima kasih karena sudah membaca sampai akhir salam penulis Jurnalis, jangan lupa untuk meninggalkan saran dan komentar, salam tulisan hangat.

Writer Jurnalis Nuansa http://nuansa.nusaputra.ac.id

Artikel di kirim setiap hari dengan tampilan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan pengurus blog www.nuansa.nusaputra.ac.id

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours