Catatan Buat Kamu yang Masih Suka Insecure

Estimated read time 3 min read

Eh, hai! Gimana harinya? Apa semuanya baik-baik saja? Apa semuanya sudah sesuai dengan apa yang diinginkan? Semoga saja semuanya adalah yang terbaik ya. Oiya, cuma mau mengingatkan, tetap semangat ya jalani kehidupan yang berliku ini, tetap semangat ya buat lewati hari yang berwarna ini, tetap semangat juga ya buat diri yang selalu sabar dan tawakal menghadapi segala macam cobaan di dunia ini. Pokoknya, tetap semangat ya!

Pernah dengar kata insecure? Pasti pernah dong, karena kata ini memang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita, bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Yap! Menurut kesehatan, Insecure adalah perasaan cemas, tidak mampu, dan kurang percaya diri yang membuat seseorang merasa tidak aman.

Setiap insan manusia terlahir dengan membawa keunikannya masing-masing. Tentu tidak ada yang sama. Ada yang terlahir dengan kecerdasannya, ada yang terlahir dengan kecantikannya, ada yang terlahir dengan kedermawanannya, dan ada pula yang terlahir dengan keistimewaannya yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Perbedaan yang dimiliki oleh setiap manusia adalah sebagai cara pemersatu antara satu dengan yang lainnya. Karena sesuatu yang beda tentunya mempunyai tantangan tersendiri dalam menyatukannya. Rasa kekeluargaan, rasa kasih sayang, rasa saling menghormati dan menghargai tentunya diperlukan untuk hadir dalam menyatukan setiap perbedaan itu. Tidak ada yang lebih unggul, karena semua pun memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Jadi, hei! Buat kamu yang masih suka insecure, buat kamu yang merasa kamu tidak lebih baik daripada mereka, buat kamu yang merasa kamu tidak lebih unggul daripada orang lain, buang jauh-jauh pemikiran seperti itu. Perlahan, lihatlah bahwa setiap manusia memang terlahir berbeda dengan membawa keunikannya sendiri. Jika kamu merasa tidak lebih baik, maka berusahalah menjadi lebih baik, jangan malah ‘melemah’ membayangkan hal yang tidak-tidak. Tunjukkanlah bahwa kamu pun bisa menjadi lebih baik dengan kemampuan diri yang kamu miliki.

Perasaan insecure itu memang tidak bisa sepenuhnya untuk dihindari, sesekali dikatakan ‘wajar’ jika kamu merasa insecure terhadap sesuatu, namun hal ini jangan sampai berkepanjangan sehingga membuat diri kamu kehilangan semangat untuk menjadi lebih baik. Mengeluh, mengeluh, dan mengeluh! Mungkin itu yang akan terus terjadi jika rasa insecure di dalam diri kamu dibiarkan terus berlanjut. Alangkah lebih baik, jika seandainya kamu melihat seseorang hebat yang membuat dirimu menjadi insecure, membuat dirimu tidak percaya diri untuk bersanding dengannya, membuat dirimu merasa jauh dikatakan sama dengannya, maka jadikanlah orang itu sebagai motivasi, jadikanlah orang itu sebagai panutan kamu untuk berubah menjadi lebih baik. It’s okay! Itu gak terlalu sulit kok, kamu hanya butuh niat dan semangat dalam menjalaninya.

Huh, intinya kamu boleh kok sesekali merasa insecure, tetapi apa yang sudah aku bilang, jangan berkepanjangan ya. Oiya guys, di sini aku hanya berbagi pendapat saja ya, bukan bermaksud untuk mengajari atau apa pun itu, jujur terkadang aku pun masih suka merasa insecure, manusiawi, ‘kan? Hehe. Pokoknya semangat buat kita untuk menjalani kehidupan yang berliku ini. Semangaaaat!

Salam hangat dari penikmat senja, salam hangat dari Jurnalis Nuansa. Thank you guys! 🙂

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours