Inilah 5 Alasan Mengapa Pendidikan Itu Penting

Estimated read time 4 min read

Pendidikan merupakan suatu perbincangan yang memang sering membuat orang banyak berspekulasi. Baik membicarakan kebaikan yang diberikan oleh dunia pendidikan terhadap perkembangan manusia atau membicarakan kejelekan yang diberikan oleh dunia pendidikan terhadap perkembangan manusia. Hal itu lah yang menjadikan timbulnya pertanyaan-pertanyaan yang menurut saya mengganggu tidur pada malam hari, terutama pertanyaan apakah pendidikan itu penting? Dan seberapa penting pendidikan bagi perkembangan manusia?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut kali ini, mimin sudah merangkum alasan-alasan yang mungkin dapat menjawab pertanyaan di atas mengenai seberapa pentingkah dunia pendidikan bagi perkembangan kehidupan manusia. Dan inilah 5 alasan mengapa dunia pendidikan itu penting bagi perkembangan kehidupan manusia.

Memperoleh kehidupan yang stabil dan terarah

Dalam proses pendidikan terdapat didalamnya pembelajaran atau biasa kita sebut dengan sekolah. Setelah lulus sekolah kita mendapatkan ijazah sebagai tanda bukti kita telah lulus dan selesai menjalani dunia pendidikan atau dunia persekolahan, setelah itu kita mulai mencari pekerjaan dan bekerja di perusahaan yang sesuai dengan pendidikan yang kita jalani selama ini. Itulah gambaran mengenai dunia pendidikan yang mempengaruhi perkembangan manusia menjadikan kehidupan manusia yang stabil dan terarah.

Di mana dari mulai kita memulai untuk masuk ke dalam dunia pendidikan, kehidupan kita mulai tersusun dari mulai hal yang perlu kita lakukan pertama sampai dengan hal-hal yang perlu kita lakukan selanjutnya. Sehingga membuat kita memiliki tujuan yang lurus dan terarahkan serta stabil dalam pelaksanaanya, dan hal tersebut lah yang menjadikan dunia pendidikan berpengaruh terhadap kehidupan manusia agar memperoleh kehidupan yang stabil dan terarah.

Potensi lapangan kerja yang bagus

Dengan memiliki pendidikan yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan di lapangan pekerjaan sudah tentu akan memberikan potensi kerja yang bagus. Kebanyakan perusahaan di era seperti saat ini membutuhkan para pekerja yang memiliki pendidikan dengan standarisasi minimal sekolah menengah atas atau sekolah menengah atas maupun sekolah khusus lainnya dengan kualifikasi setara. Maka dari itu dengan adanya pendidikan maka potensi kita menerima pekerjaan yang bagus akan terbuka sangat lebar.

Dengan demikian salah satu alasan yang membuat dunia pendidikan itu penting adalah potensinya sebagai pembuka jalan menuju lapangan pekerjaan yang bagus, sehingga perkembangan kehidupan manusia sudah tentu akan terpengaruh oleh adanya pendidikan yang dalam konteks ini terpengaruh oleh hal-hal yang menguntungkan manusia.

Memperbaiki pola kepribadian diri

Di dalam dunia pendidikan sendiri terdapat proses di mana proses tersebut dapat mengubah dan mengarahkan pola pikir kepribadian diri manusia menuju ke jalan yang lebih baik, atau bisa kami sebut dengan pendidikan karakter. Dalam dunia pendidikan sendiri pendidikan karakter memiliki peran yang sangat krusial untuk membentuk karakter siswa agar memiliki karakter yang kuat dan baik tentunya agar nantinya siswa tersebut dapat menyesuaikan diri dengan keadaan yang terjadi di dunianya. Seperti bagaimana cara berbicara dengan orang lain dengan baik dan benar serta bagaimana dalam menentukan sikap bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Maka dari itu salah satu alasan yang membuat dunia pendidikan sangat penting adalah dunia pendidikan dapat memperbaiki pola kepribadian diri seorang manusia menuju pola pikir yang jauh lebih baik dari sebelumnya, sehingga dengan adanya dunia pendidikan pola kepribadian diri manusia akan terbentuk menuju jalan yang jauh lebih baik.

Meningkatkan kepercayaan diri

Dengan adanya dunia pendidikan, sudah tentu akan meningkatkan kepercayaan diri dalam diri seorang manusia, mengapa? Karena dalam dunia pendidikan sendiri terdapat proses pembelajaran yang didalamnya terdapat proses peningkatan kepercayaan diri manusia baik itu kepercayaan diri dalam berbicara, kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapat, kepercayaan diri dalam menyanggah keputusan yang tidak sesuai dengan dirinya dan lain sebagainya. Maka dari itu dengan adanya dunia pendidikan sudah tentu akan meningkatkan kepercayaan diri manusia.

Dengan demikian dunia pendidikan memang sangat penting terlebih lagi ketika seorang manusia memiliki kepercayaan diri yang cukup untuk dirinya maka sudah tentu akan mengubah lebih dari 60% hidupnya menuju jalan yang lebih baik, apalagi ketika manusia tersebut mampu mengorganisir kepercayaan diri tersebut menjadi senjata dalam mempengaruhi orang lain sudah tentu hal tersebut akan memberikan dampak yang luar biasa besar bagi dirinya.

Mampu membedakan kebenaran dan kesalahan

Dengan adanya dunia pendidikan, sudah tentu seorang manusia mampu membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik, mana yang salah dan mana yang benar. Mengapa? Karena di dalam pendidikan juga terdapat proses analisis baik dan buruknya sesuatu. Selain dari itu dalam dunia pendidikan sendiri kita diajarkan untuk melakukan hal yang benar dan meluruskan hal yang memang salah. Maka dari itu dengan adanya dunia pendidikan manusia mampu membedakan kebenaran dan kesalahan.

Kesimpulan dari artikel ini adalah pendidikan memang sangat penting bagi kehidupan manusia, ketika manusia yang memang pada dasarnya merupakan makhluk berpikir digabungkan dengan pendidikan akan menghasilkan pemimpin terbaik yang ada di dunia ini. Selain dari itu dengan adanya dunia pendidikan manusia dapat berkembang jauh lebih baik dan mampu memberikan hal-hal yang baik terhadap perkembangannya di dunia ini. Maka dari itu memang pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Mari lestarikan pendidikan dengan hastag ”pendidikan menyelamatkan” terima kasih.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours