6 Negara Dengan Sistem Pemerintah Terbaik di Dunia

Estimated read time 4 min read

 

Written By Dian Nasrudin

Sistem pemerintahan merupakan suatu sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengurus dan mengatur negaranya. Sistem pemerintahan biasanya terdiri dari sekumpulan aturan-aturan dasar mengenai pola kepemimpinan, pola pengambilan keputusan, pola pengambilan kebijakan, dan berbagai macam hal lainnya. Di dunia sendiri terdapat banyak sekali negara dengan beragam sistem pemerintahan atau sistem perpolitikan. Berikut adalah negara dengan sistem pemerintahan atau sistem perpolitikan terbaik di dunia:

1. Denmark

Denmark merupakan negara yang terletak di Skandinavia di Utara Eropa ini merupakan negara dengan sistem pemerintahan terbaik di dunia. Terbukti dengan indeks kemajuan sosial pada tahun 2017 mencapai skor hampir sempurna pada peringkat kebutuhan manusia dasar. Selain dari fakta tersebut Denmark juga dijuluki sebagai negara paling bahagia, dengan sistem perpolitikan dan pemerintahan yang mendekati sempurna.

Dengan menganut sistem pemerintahan monarki konstitusional dan parlementer, membuat negara Denmark semakin kuat dalam pengelolaan dan pemeliharaan negaranya. Disamping itu indeks korupsi negara Denmark memiliki angka yang minim sehingga negara Denmark sudah sepantasnya menyandang predikat sebagai negara dengan sistem pemerintahan atau sistem perpolitikan terbaik di dunia.

2. Selandia Baru

Selandia Baru merupakan negara yang terletak di barat daya Samudera Pasifik. Negara dengan bentuk kepulauan ini merupakan negara yang menganut sistem pemerintahan monarki konstitusional. Dengan pencetak gol terbanyak dalam stabilitas politik secara keseluruhan negara Selandia Baru memang sudah sepantasnya menyandang predikat sebagai negara dengan sistem pemerintahan atau sistem perpolitikan terbaik di dunia.

Selain dari pada itu tingkat kekerasan dan terorisme di negara Selandia Baru sangatlah minim, dan tingkat indeks korupsi di negara tersebut sangatlah rendah menjadikan negara Selandia Baru merupakan negara bebas korupsi. Di samping itu negara Selandia Baru merupakan negara pertama yang memberikan hak memilih kepada wanita.

3. Kanada

Kanada merupakan negara yang menempati setengah dari utara Amerika Utara. Negara ini menganut sistem pemerintahan demokrasi federal dengan menyatukan sejumlah komunitas politik yang berbeda di bawah pemerintahan bersama untuk mencapai tujuan bersama, dan pemerintah daerah yang terpisah untuk menangani keperluan-keperluan tertentu masing-masing daerah. Bentuk pemerintahan ini mempertimbangkan realita geografis Kanada, keanekaragaman masyarakat budayanya dan warisan dwi-hukum dan dwi-bahasa

Selain dari itu negara Kanada juga memiliki skor tinggi dalam stabilitas politik di negaranya terbukti dengan minimnya kekerasan dan terorisme serta kemampuan negara Kanada untuk memenuhi kebutuhan gizi dan medis warganya. Maka sudah sepatutnya negara Kanada menyandang sebagai negara dengan sistem perpolitikan atau sistem pemerintahan terbaik di dunia. 

4. Jepang

Jepang merupakan negara kepulauan yang terletak di wilayah paling timur benua Asia. Negara ini menganut sistem pemerintahan monarki konstitusional. Negara yang dijuluki negara tirai bambu ini merupakan negara dengan peringkat tertinggi oleh Bank Dunia untuk keseluruhan efektifitas pemerintahan, stabilitas politik, dan supremasi hukum. Selain dari itu di Asia sendiri negara Jepang menempati peringkat tertinggi untuk air dan sanitasi, akses ke pengetahuan dasar, nutrisi, dan perawatan medis.

Jepang juga memiliki indeks korupsi yang cukup rendah, layanan pendidikan yang sangat baik, dan layanan kesehatan universal. Membuat negara ini sudah sepantasnya menjadi negara dengan sistem pemerintahan atau sistem perpolitikan terbaik di dunia.

5. Botswana

Botswana merupakan negara yang terletak di Afrika bagian selatan. Negara Botswana menganut sistem pemerintahan demokrasi presidensial. Di Afrika sendiri negara Botswana ini menyandang negara terbaik dalam pengelolaan sistem pemerintahan di negaranya. Selain dari itu negara Botswana mendapatkan peringkat tertinggi oleh indeks hukum dan Bank Dunia. Negara ini juga memiliki tingkat korupsi yang cukup rendah membuat negara ini sudah sepantasnya menyandang negara dengan sistem pemerintahan terbaik di dunia.

6. Chili

Chili merupakan negara yang terletak di Benua Amerika. Negara ini menganut sistem pemerintahan republik presidensial. Negara Chili memiliki peringkat tertinggi dalam pengendalian korupsi sehingga membuat indeks korupsi di negara ini sangatlah rendah. Selain dari itu negara Chili juga merupakan negara dengan sistem politik yang paling stabil di Amerika Selatan.

Negara Chili juga memiliki infrastruktur dengan kualitas yang cukup tinggi, dan akses listrik dan juga air yang menyeluruh membuat negara ini sudah sepantasnya dinobatkan sebagai negara dengan sistem pemerintahan atau sistem perpolitikan terbaik di dunia.

Kesimpulan dari artikel ini adalah negara-negara yang telah kita bahas merupakan negara dengan sistem pemerintahan atau sistem perpolitikan terbaik di dunia, bagaimana kita sebagai bangsa Indonesia menyikapi hal tersebut? Apakah kita harus iri terhadap negara tersebut? Tentu saja tidak, sudah sepantasnya kita belajar dari negara-negara tersebut agar nantinya Indonesia juga dapat menjadi negara dengan sistem pemerintahan atau sistem perpolitikan terbaik di dunia.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours