Cara Menjaga Kesehatan Tubuh, Gimana Nih?

Estimated read time 3 min read
Written by Indriyanti

Kebersihan badan sudah menjadi kewajiban bagi diri sendiri dalam melakukan penjagaan dan perawatan diri, seperti mencuci tangan, mandi, keramas, gosok gigi, ataupun memakai pakaian yang bersih. Mengapa kita perlu menjaga kebersihan tubuh? Karena dengan menjaga kebersihan tubuh dapat mengurangi mudah masuknya penyakit ke tubuh kita, dan juga  tubuh kita yang tidak bersih dapat menyebabkan berbagai penyakit misalnya penyakit kulit seperti gatal-gatal, panu, kudis dan lainnya. Selain dari menghindari penyakit dan menjaga kesehatan, menjaga kebersihan badan perlu dilakukan karena ada alasan mengapa kita harus membersihkannya. Yaitu, adanya alasan sosial, mengapa menjadi alasan sosial? Karena pada saat seseorang tidak melakukan pembersihan pada badan maka akan muncul bau tidak sedap dari area-area yang sering mengeluarkan keringat dan itu akan membuat orang-orang sekitar merasa tidak nyaman di dekat anda. Selain alasan menjaga kesehatan dan alasan sosial, ada juga menjadi alasan psikologis. Mengapa? Karena dengan tidak membersihkannya badan kita dengan rajin kita akan hilang percaya diri. Lalu apa saja yang harus kita lakukan untuk menjaga tubuh kita supaya tetap sehat?

1. Mandi

Mandi pada umumnya yaitu dilakukan dengan mencuci tubuh dengan air bersih dan diteruskan memakai sabun mandi, lalu diakhiri dengan membilaskan air bersih kembali ke tubuh. Mandi tidak hanya bisa dilakukan di kamar mandi saja, mandi dapat dilakukan di sungai, danau dan lain sebagainya. Mandi dipercayai dapat mengoptimalkan fungsi imunitas kulit, dapat menjaga kulit lebih sehat, karena kondisi yang sehat, imunitas kulit yang dimiliki juga dapat semakin baik.

2. Menggosok Gigi

Gosok gigi adalah sebuah aktivitas melakukan pembersihan pada  gigi dengan menggunakan pasta gigi sebagai pembersih dan sikat gigi sebagai alat gosoknya. Manfaat menggosok gigi salah satunya dapat membersihkan sisa makanan dan menyegarkan mulut. Lalu ada waktu yang tepat untuk melakukan gosok gigi, misalnya setelah bangun tidur atau sarapan dan saat akan tidur. Langkah menggosok gigi ini cukup efektif untuk menjaga kesehatan area mulut sebab dapat menjangkau bagian-bagian yang sulit dibersihkan dari sisa kotoran sisa makanan.

3. Membersihkan kuku

Kuku yang bertempat pada ujung jari pada bagian tangan membuat kuku sering berkontak langsung dengan berbagai macam-macam benda. Entah itu benda bersih yang sengaja kita sentuh ataupun benda-benda yang berkuman yang tidak sengaja kita sentuh. Menjaga kebersihan kuku adalah suatu kegiatan yang sangat penting dilakukan, supaya kuku kita tidak membawa penyakit seperti diare, jamur bahkan keracunan makanan. Jadi ketika kuku sudah mulai tumbuh panjang, sebaiknya dipotong segera supaya dapat menjaga kesehatan tubuh.

4. Mencuci tangan dan kaki

Mencuci tangan dan kaki terkadang sering diabaikan oleh sebagian orang. Padahal mencuci kaki dan tangan tidak memakan waktu yang lama. Mencuci tangan yang benar dapat mencegah penyakit, seperti  diare, infeksi, muntah dan pula dapat mengurangi penyebaran bakteri ataupun kuman berbahaya lainnya dan manfaat cuci kaki yaitu dapat menghilangkan bau tak sedap. Mencuci kaki secara teratur dapat membantu menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan keringat yang menumpuk di sana sepanjang hari. Cara mencuci tangan dan kaki yang baik dan benar adalah membasahi  kedua tangan atau kaki dengan air, lalu memakai sabun secukupnya dan gosok-gosokan kedua telapak tangan dan kaki hingga semua sela-sela jari jemari hingga kuku-kuku, lalu gosok-gosok punggung telapak tangan dan kaki secara menyeluruh dan bilas dengan air bersih, lalu keringkan kedua tangan atau kaki dengan handuk kering yang bersih atau tisu kering.

5. Memakai pakaian yang bersih

Mengapa kita perlu memakai pakaian yang bersih? Karena memakai pakaian yang kotor berlama-lama pakaian akan bau tidak sedap. Bau tersebut berasal dari bakteri, kuman, ataupun virus yang bisa saja menempel pada baju. Maka dari itu rajin mengganti baju yang bersih dapat menghindarkan kita dari penyakit.

 

Nah sudah tahu, ‘kan bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh?

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours