Mahasiswa NPU Tetap Kreatif dan Produktif di Masa Pandemi

Estimated read time 2 min read

 

Written by Neng Juwita Albela

Siapa yang pernah menyangka bahwa pandemi COVID-19 masih berlanjut hingga tahun ini sejak dinyatakan masuk ke Indonesia pada tahun 2020 kemarin. Tak dapat dipungkiri, COVID-19 merubah banyak hal, mulai dari hal sederhana yang biasa kita lakukan sehari-hari seperti saat ini kita harus menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Aktivitas yang seharusnya dilakukan di dalam ruangan seperti sekolah, kuliah, bekerja kantoran, buruh pabrik dan aktivitas lain yang sebelumnya mengharuskan untuk bertatap muka secara langsung sekarang dilaksanakan secara daring/online, bagitu pun di Universitas Nusa Putra (NPU). Sudah hampir satu tahun, kuliah dilaksanakan secara daring. Meskipun demikian, tenaga pendidik NPU tidak kehabisan cara untuk membuat mahasiswanya tetap produktif, kreatif dan inovatif di masa pandemi. Salah satunya yaitu dengan mengadakan dan mengikuti kegiatan daring, baik lokal, nasional maupun internasional.

Contohnya pada saat ini, mahasiswa NPU mengikuti kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang merupakan suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (DIKTI) Republik Indenesia. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai Program Studi (Prodi) dan dilaksanakan dari mulai 21 Febuari 2021 sampai tanggal 23 Maret 2021.  Proses kegiatannya yaitu dengan membentuk tim atau kelompok yang nantinya akan mengerjakan berbagai bidang, yaitu bidang PKMI, KBMI, ASMI, PWMI, dan MBKM.

Tidak hanya PKM, disusul dengan kegiatan International Conference on Education, Humanities, and Sosial Science (ICEHoS) yang merupakan konferensi internasional yang diikuti oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) angkatan 2020.

ICEHoS ini merupakan kegiatan pertama di tahun 2021, tepatnya pada tanggal 27 Maret 2021. Konferensi ICEHoS adalah tempat yang tepat untuk menampung semua ide dan perkembangan mencapai tujuan.  Konferensi ini juga diharapkan menjadi kegiatan yang senantiasa memberikan kontribusi positif dan signifikan bagi dunia.  Di ICEHoS, ada banyak makalah yang akan dipresentasikan, dengan penulis dan peneliti dari berbagai macam negara di dunia dengan menyajikan berbagai topik yang relevan dan bermanfaat.

ICEHos juga merupakan kegiatan konferensi yang berkualitas dan dapat memberikan banyak kontribusi.  Tujuan diadakannya konferensi ini yaitu agar semua pihak yang terlibat memiliki pengalaman yang paling berharga dan bermanfaat serta dapat menikmati berbagai hal menarik dalam berbagai aspek konferensi ini.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours