Ingin Tau Tips Pola Hidup Sehat? Yuk, Terapkan Mulai Saat Ini !

Estimated read time 4 min read

Pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memerhatikan semua aspek kondisi kesehatan seseorang. Tak hanya soal makanan, tapi juga kebiasaan orang itu dalam menjalani gaya hidup. Kesehatan adalah hal penting yang mendukung semua kegiatan dan aktivitas yang Anda lakukan. Menerapkan pola hidup sehat tentu bisa membuat seseorang terhindar dari berbagai masalah dan gangguan kesehatan, seperti serangan bakteri penyakit dan virus. Itu sebabnya, penting untuk menjaga pola hidup sehat.

Pola hidup sehat bisa dinilai dari makanan, minuman, asupan nutrisi, serta kebiasaan berolahraga seseorang. Pada dasarnya, penerapan pola hidup sehat memang identik dengan faktor makanan yang biasa dikonsumsinya. Selain aspek makanan yang sehat dan bergizi, menjaga kondisi tubuh tetap bugar juga penting. Caranya tentu dengan berolahraga secara teratur. Untuk dapat menerapkan pola hidup sehat memang bukanlah hal mudah.

Mengubah kebiasaan lama yang kurang baik, memang tidak hanya soal niat, tetapi juga soal keseriusan. Apalagi, kebiasaan menjalani pola hidup sehat itu tidak cukup hanya dengan satu langkah saja. Konsistensi juga diperlukan untuk bisa sukses menerapkan pola hidup ini. Adapun beberapa cara dan langkah-langkah yang perlu dipertimbangkan untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti berikut ini.

  1. Menghindari stres

Pemicu stres ini cukup beragam mulai dari tuntunan pekerjaan, masalah keluarga, hingga kondisi keuangan. Stres bisa menjadi pemicu masalah kesehatan. Maka dari itu, kita perlu menghindari stres agar hidup lebih sehat. Caranya yaitu dengan menangkan diri secara perlahan jika mulai merasa stres. Cara lain untuk menghindari stres yaitu dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti nonton film, membaca buku, hingga bermain bersama hewan peliharaan.

  1. Konsumsi makanan sehat

Beberapa makanan yang dapat menunjang kesehatan tubuh antara lain; makanan yang mengandung karbohidrat, serat, protein, lemak baik, vitamin, dan mineral. Selain mempertimbangkan kandungan gizi makanan, Anda juga harus mempertimbangkan porsi makanan. Pastikan konsumsi makanan dengan porsi sesuai kebutuhan. Untuk lebih sehat, sebaiknya hindari konsumsi makanan yang digoreng. Sebagai gantinya, Anda bisa konsumsi makanan yang direbus, dikukus, atau ditumis.

  1. Olahraga rutin

Jenis olahraga yang bisa Anda lakukan yaitu jogging, berenang, atau olahraga lain. Olahraga sebaiknya dilakukan secara rutin dengan durasi sesuai dengan kebutuhan.

  1. Kurangi konsumsi makanan manis

Makanan manis menjadi kesukaan banyak orang. Namun konsumsi makanan manis terlalu banyak bisa menyebabkan masalah kesehatan, salah satunya diabetes. Maka dari itu, untuk mencegah risiko penyakit tersebut sebaiknya kurangi konsumsi makanan manis.

  1. Perbanyak minum air putih

Air putih sangat dibutuhkan untuk menjalankan metabolisme. Maka dari itu, kita perlu mencukupi kebutuhan air putih agar kesehatan tetap terjaga. Hal ini dikarenakan manfaat air putih bisa menjaga fungsi ginjal, menurunkan berat badan, menambah energi, dan beberapa fungsi penting lainnya.

  1. Tidur cukup

Siapa sangka jika salah satu upaya dalam menerapkan pola hidup sehat adalah dengan memiliki jam tidur yang cukup dan berkualitas. Meskipun bagi beberapa orang mungkin masa pandemi mempengaruhi jam dan kualitas tidur, namun tetaplah usahakan untuk tidak banyak begadang pada malam hari, ya. Hal ini ditujukan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas.Menurut National Sleep Foundation, durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa sekitar 7-9 jam per malam. Tidur menjadi sebuah fondasi di mana pikiran dan tubuh yang sehat terbentuk. Jika fondasi ini goyah, tentunya akan berdampak pada kesehatan Anda. Mulai dari fungsi kekebalan tubuh, energi, selera makan, suasana hati hingga berat badan Anda.

  1. Jangan lewatkan waktu sarapan

Cara terakhir menerapkan pola hidup sehat adalah dengan selalu membiasakan sarapan setiap harinya. Alih-alih ingin menurunkan berat badan nyatanya memiliki sarapan sehat harian cukup penting untuk menjaga stamina dan kesehatan. Tanpa adanya asupan yang cukup, daya tahan tubuh akan cenderung menurun. Biasakan sarapan setiap harinya sebelum pukul 9 pagi. Atau lebih baik, makan lah pada pukul 7 pagi, karena saat itu penyerapan tubuh terhadap nutrisi akan lebih maksimal.

Itulah beberapa ulasan penting tentang pola hidup sehat mulai dari pengertian hingga penerapannya. Beberapa tips menerapkan pola hidup sehat merupakan hal yang memang tampak mudah. Namun, hal ini bisa terlihat sebagai tantangan untuk sebagian orang. Dengan memahami dan menerapkan gaya hidup sehat, maka kita bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours