Mahasiswa Wajib Coba, Inilah 5 Tips Dalam Belajar Agar Tidak Mudah Merasa Bosan

Estimated read time 4 min read
Written by Dian Nasrudin

Sebagai seorang mahasiswa, belajar merupakan kegiatan yang menjadi rutinitas sehari-hari yang sering kita lakukan. Namun, adakalanya belajar terasa membosankan, entah itu karena merasa jenuh apalagi di situasi pandemi seperti saat ini belajar dari rumah membuat kita sebagai mahasiswa bisa kehilangan mooddalam belajar sehingga mudah membuat kita merasa bosan. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh perasaan jenuh atau pola belajar yang kita lakukan kurang tepat. Maka dari itu, kali ini penulis akan memberitahu kalian tentang 5 (lima) tips dalam belajar agar tidak mudah merasa bosan.

1.       Belajar sambil mendengarkan musik

Salah satu tips agar belajar kamu tidak mudah merasa bosan adalah dengan belajar sambil mendengarkan musik. Pilihlah musik-musik yang meningkatkan suasana hati dalam proses belajar kamu entah itu musik pop, musik jaz, musik klasik atau musik djsekali pun. Belajar dengan mendengarkan musik akan membuat proses belajar kita menjadi lebih rileks dan mengalir, sehingga kualitas belajar kamu pun meningkat.

2.       Carilah tempat belajar yang membuat kamu nyaman

Tips berikutnya adalah cari dan pilihlah tempat belajar yang membuat kamu merasa nyaman. Salah satu penyebab kita mudah merasa bosan dalam belajar adalah karena kita salah dalam memilih tempat belajar. Jangan memilih tempat belajar yang membuat kamu tidak nyaman, karena itu akan meningkatkan tingkat stress dalam belajar dan membuat kita mudah merasa bosan. Pilihlah tempat belajar yang sesuai dengan kriteria kamu, seperti di ruangan sepi atau di tempat lainnya yang sesuai dengan kamu.

3.       Jadikan belajar kamu sebagai cara bermain kamu

Tips ini adalah cara yang selalu penulis pakai dalam melaksanakan rutinitas belajar sehari-hari. Dengan menjadikan belajar kita sebagai cara bermain kita juga, maka kita akan menikmati proses pembelajaran tersebut. Biasanya penulis menuliskan berbagai chapter dalam buku sebagai tujuan dalam proses pembelajaran. Bila selesai menyelesaikan satu chapteryang ditentukan penulis memberikan waktu sepuluh menit istirahat sebagai hadiah dari menyelesaikan chapter tersebut.

4.       Belajar dengan minat yang besar

Dengan menaruh minat yang besar terhadap pelajaran yang sedang kita tempuh kemungkinan besar rasa bosan dalam belajar akan hilang dan tergantikan dengan rasa ingin tahu terhadap pelajaran yang sedang kita tempuh tersebut. Carilah hal-hal baru yang mungkin terdapat dari pelajaran yang sedang kita tempuh. Temukan hal-hal yang menarik yang berhubungan dengan pelajaran tersebut sehingga minat kita terhadap pelajaran tersebut akan meningkat dan membasmi kata bosan dalam melaksanakan proses pembelajaran mata kuliah yang kita  tempuh.

5.       Terapkan metode belajar 10 menit

Buat kamu yang kesusahan dalam proses pembelajaran yang berdurasi panjang, cobalah terapkan metode belajar 10 menit. Metode belajar ini memanfaatkan waktu sepuluh menit kamu untuk serius dalam belajar tanpa teralihkan oleh alat telekomunikasi atau lain sebagainya. Setelah kamu berhasil mencapai 10 menit belajar serius tanpa teralihkan, berhentilah belajar. Begitu moodmu kembali dalam belajar mulailah lagi belajar 10 menit dengan serius tanpa teralihkan. Setelah terbiasa, tambahlah durasi dalam belajar kamu menjadi 20 menit dan seterusnya.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, maka rasa bosan kamu dalam belajar akan hilang. Penulis menyadari dalam situasi pandemi seperti saat ini, belajar merupakan kegiatan yang paling membosankan ditambah dengan tugas dari dosen yang tidak kunjung berakhir membuat kita semakin merasa stress dan jenuh. Namun di balik hal tersebut kita harus menyadari bahwa dengan adanya pandemi ini kita menjadi lebih tahu dan paham bagaimana menghadapi perasaan bosan dalam melaksanakan proses pembelajaran mata kuliahyang sendang kita tempuh.

Di samping itu penulis juga tidak lupa mengingatkan untuk terus semangat dalam melaksanakan proses pembelajaran, ingat pepatah “ketika kau lelah dalam melakukan sesuatu, ingatlah kembali tujuan dari hal yang sedang kamu lakukan tersebut.” ( Dian, 2021 ). Sekian dari penulis mohon maaf ketika banyak sekali kekurangan dalam artikel ini, sebelumnya penulis mengingatkan kembali untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan jangan lupa terapkan lima M.

Jangan lupa untuk meninggalkan jejak di kolom komentar mengenai tema pendidikan apa yang ingin kalian ketahui dan penulis bahas dalam artikel selanjutnya, terima kasih telah membaca sampai akhir salam penulis, salam jurnalis.

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours