Kamu Ingin Investasi? Berikut 5 Jenis Investasi yang Perlu Diketahui Pemula!

Estimated read time 3 min read
 Investasi adalah suatu penanaman modal atau aset yang dilakukan oleh perusahaan atau perseorangan pada perusahaan atau proyek guna mendapat keuntungan. Penanaman modal yang dilakukan saat investasi biasanya dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva tetap atau pembelian saham-saham dan surat berharga lainnya.

 Investasi juga banyak jenisnya loh yang bisa dipilih tergantung file resiko yang kamu miliki. Dan ini beberapa jenis investasi di antaranya :

  • a)      Investasi property

Jenis Investasi ini berkaitan dengan pembelian, kepemilikan, penyewaan, pengelolaan dan penjualan real estate untuk menghasilkan keuntungan atau profit. Pembangunan produk properti juga bagian dari kegiatan investasi properti, menjadi salah satu strategi dalam sub kategori investasi properti, yaitu pengembangan real estat. Dilihat dari jangka waktu investasinya, investasi properti adalah investasi yang cukup fleksibel, investasi ini dapat menjadi investasi jangka pendek atau investasi jangka panjang. Investasi Properti adalah salah satu jenis investasi yang menjajikan karena nilai property yang kian naik dan stabil, dengan tingkat resiko yang minim.

  • b)      Investasi Emas

Investasi emas merupakan jenis investasi yang praktis dan mudah dilakukan oleh siapa saja. Bagi kamu yang memiliki tujuan dalam jangka panjang misalnya membeli rumah, investasi ini bisa dijadikan salah satu jalan untuk mencapai tujuan kamu. Pasalnya, emas memberikan keunggulan, yaitu imbal yang cukup menjanjikan minimal dalam jangka waktu 5 tahun, mudah mencairkannya dan harganya cenderung naik.

  • c)      Investasi Saham

Investasi saham adalah kegiatan penanaman modal. Kegiatan dilakukan dengan pembelian beberapa kepemilikan saham pada sebuah perusahaan. Investasi saham merupakan investasi terbaik yang bisa kamu pilih untuk berinvestasi.

  • d)     Investasi Reksa Dana

Dikutip dari website resmi Bursa Efek Indonesia (idx.co.id), Reksa Dana diartikan sebagai Wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Dalam praktiknya, Manajer Investasi bekerja didukung oleh tenaga profesional dalam pengelolaan investasi, yang terdiri dari Komite Investasi dan Tim Pengelola Investasi.

Sebagai gambaran, Anda tak perlu modal puluhan juta untuk berinvestasi reksa dana. Sistemnya sederhana, Anda hanya perlu menaruh sejumlah uang untuk membeli reksa dana, dan memilih jenis reksa dana yang diinginkan dan selanjutnya, manajer investasilah yang akan mengelola investasi Anda.

Investasi Reksa Dana bisa dilakukan hanya dengan bermodal Rp.10,000 saja loh, cocok banget buat pemula yang mau coba terjun kedunia investasi, cocok juga buat mahasiswa yang punya budget pas-pasan nih.

Dengan modal minim kamu bisa mendapatkan return yang lebih tinggi daripada tabungan atau deposito bank.

            Ada beberapa jenis Reksa Dana :

1)      Reksa Dana Pasar Uang

2)      Reksa Dana Pendapatan Tetap

3)      Reksa Dana Campuran

  • e)      Investasi Obligasi

Berbeda dengan saham yang memberikan kepemilikan kepada para investornya, Obligasi lebih kepada anda meminjamkan uang ke perusahaan atau pemerintah. Obligasi adalah surat uatang jangka panjang yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah dengan nominal dan dalam jangka waktu tertentu.

 

Bagaimana udah tertarik untuk berinvestasi?

Udah tertarik, tapi gak tau cara investasinya kaya gimana?

Sekarang udah banyak flatfrom Investasi Online lho!  yang bisa kamu pilih dan sangat mempermudah dalam menjalankan investasi. Salah satunya yaitu adalah Bibit.

Bibit adalah flatfrom investasi Reksa Dana yang bisa memudahkan kamu dalam berinvestasi, karena berbasi robo-advisor. Sistem bibit mebuat investasi reksa dana menjadi optimal, mudah tanpa ribet.

Nah bisa kamu coba ya, semoga kamu bisa menjadi Investor muda, dan jangan lupa mencoba untuk investasi!

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours