BAGAIMANA CARANYA AGAR PRODUKTIF?

Estimated read time 3 min read

BAGAIMANA CARANYA AGAR PRODUKTIF?

Ketika Kamu mampu mendedikasikan waktu untuk tugas tertentu, menyelesaikannya, dan mengakhiri hari kerja dengan hasil yang berkualitas dapat menjadi ukuran keseluruhan produktivitas yang Kamu miliki. Demikian pula, jika Kamu tidak memiliki metode untuk organisasi, manajemen waktu, melacak tugas atau memprioritaskannya, maka efisiensi dan produktivitas Kamu juga dapat terpengaruh. Dengan melakukan penyesuaian sederhana pada alur kerja harian Kamu satu per satu, Kamu dapat mulai melihat perubahan dalam produktivitas Kamu. Untuk menjadi produktif, Kamu bisa melakukan hal-hal berikut:

Sederhanakan lingkungan

Masalah: Terlalu banyak hal yang terjadi di tempat kerja yang mengganggu.

Solusi: Kendalikan lingkungan dan  Fokus pada apa yang dapat Anda kendalikan, dan bekerjalah dari sana.

Baik Anda bekerja dari rumah atau dari kantor, lingkungan kerja memainkan peran penting dalam seberapa produktif dan fokusyang Kamu miliki. Di mana pun Kamu bekerja, berlatihlah untuk mengurangi gangguan dari luar agar lebih mudah fokus pada tugas yang ada.

Coba strategi manajemen waktu

Masalah: Kamu telah mengembangkan beberapa kebiasaan buruk dalam hal menunda-nunda.

Solusi: Kalahkan penundaan tersebut dengan teknik manajemen waktu yang baik.

Kita semua menunda-nunda dan penundaan pada dasarnya bukanlah hal yang buruk—waktu yang Kamu habiskan untuk menunda-nunda sebenarnya dapat menghasilkan lebih banyak kebahagiaan dan keputusan yang lebih baik. Tetapi ketika datang untuk meningkatkan produktivitas dan pekerjaan berdampak tinggi itu akan menganggu. Oleh karena itu, dibutuhkan teknik manajemen waktu. Contohnya yaitu Teknik Pomodoro yang bisa dilakukan dengan setel pengatur waktu selama 25 menit

Kurangi kesibukan

Masalah: Pekerjaan menguras produktivitas tim.

Solusi: Gunakan alat produktivitas untuk berbagi sumber utama dengan tim dan tingkatkan efisiensi untuk pekerjaan berdampak tinggi.

Di kantor, kesibukan bermanifestasi sebagai tugas-tugas yang tidak penting, memakan waktu, pekerjaan yang tidak disengaja, atau proses panjang untuk mencari informasi atau mendapatkan persetujuan. Tanpa kejelasan dan tentang siapa melakukan apa dan kapan, sehingga banyak waktu kita terkuras untuk kegiatan yang tidak produktif. Oleh karena itu, untuk mengatasi kesibukan tersebut perlu untuk membangun sumber utama untuk semua pekerjaan tim.

Memanfaatkan jam produktovitas puncak

Masalah: Kamu merasa buyar karena rapat sepanjang hari, jadi saat Kamu mulai bekerja, Kamu tidak memiliki waktu tanpa gangguan untuk fokus.

Solusi: Jadwalkan rapat dalam blok, sehingga dapat fokus pada pekerjaan mendalam selama jam produktivitas puncak.

Jika Kamu pernah menjawab pertanyaan “Apakah Kamu adalah orang pagi atau orang malam?” Kamu tahu bahwa produktivitas pribadi dapat sangat bervariasi berdasarkan waktu. Bagi sebagian dari kita, menyelesaikan pekerjaan di pagi hari benar-benar memuaskan, dan tugas-tugas itu cenderung lebih mudah untuk difokuskan. Bagi yang lain, mungkin lebih suka memulai bisnis setelah makan siang. Mengetahui kapan Kamu merasa paling produktif dapat membantu untuk mendekati dan menyusun hari dengan lebih baik [2].

 

 

Referensi

[1] https://www.indeed.com/career-advice/career-development/ways-to-be-more-productive

[2] https://asana.com/resources/how-to-be-more-productive?gclid=CjwKCAjw_uGmBhBREiwAeOfsd80fvaLcO1ke-IRYNw_5lF2EpON4xZbnNy-czUIS80b0tW6ubfI8rhoCk-EQAvD_BwE&gclsrc=aw.ds

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours