APAKAH BUDGETING ITU PENTING?

Estimated read time 3 min read

APAKAH BUDGETING ITU PENTING?

Penganggaran (Budgeting) adalah proses membuat rencana untuk membelanjakan uangyang Kamu miliki. Dengan membuat rencana pengeluaran ini memungkinkan Kamu untuk menentukan terlebih dahulu apakah Kamu akan memiliki cukup uang untuk melakukan hal-hal yang perlu atau ingin dilakukan, sehingga jika Kamu tidak memiliki cukup uang untuk melakukan semua yang ingin Kamu lakukan, Kamu dapat menggunakan proses perencanaan ini untuk memprioritaskan pengeluaran dan memfokuskan uang pada hal-hal yang paling penting [1]. Oleh karena itu, penganggaran itu penting untuk dilakukan, karena hal-hal sebagai berikut :

Anggaran dapat membantu Kamu untuk menentukan tujuan jangka panjang dan menempatkannya pada jalur yang sesuai untuk mencapainya.

Memastikan Kamu untuk tidak membelanjakan uang secara berlebihan. Pengeluaran diskresioner-salah satu jenis biaya tetap yang bisa dihilangkan dari anggaran tanpa memberikan dampak yang besar pada kehidupan-adalah salah satu area di mana konsumen selalu membelanjakan lebih banyak uang daripada yang mereka miliki atau dengan kata lain pengeluaran diskesioner mirip seperti ketika Kamu mengeluarkan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu Kamu butuhkan, sehingga ketika Kamu tidak membelinya pun, itu tidak akan mempengaruhi kehidupanmu.

Dengan adanya penganggaran, maka Kamu bisa bersiap untuk keadaan darurat yang mana Kamu tidak akan pernah benar-benar tahu kapan hal yang tidak terduga akan terjadi, karena hidup ini penuh dengan kejutan, ada yang baik dan ada yang buruk. Adanya dana darurat dapat membantu Kamu untuk memiliki ketenangan pikiran karena Kamu telah memiliki dana yang tersedia jika diperlukan sewaktu-waktu untuk hal-hal yang bersifat mendadak dan tidak bisa diprediksi kapan terjadinya.

Penganggaran akan membantu mengatasi kebiasaan belanja yang buruk. Dengan dibuatnya anggaran dapat memaksa Kamu untuk mengendalikan kebiasaan dalam berbelanja, sehingga dapat membantu Kamu untuk memperhatikan item atau area tertentu yang Kamu belanjakan lebih dari yang diperlukan [2].

Untuk membuat anggaran, Kamu bisa melakukan 7 langkah sederhana sebagai berikut :

Jumlahkan total penghasilan Kamu yang mencakup semua sumber, seperti gaji, tip, jaminan Sosial, tunjangan, ataupun pendapatan investasi.

Lacak pengeluaran. Habiskan satu bulan untuk melacak semua yang dibelanjakan, apakah Kamu membayar dengan kartu kredit atau uang tunai, untuk mengetahui pengeluaran yang sebenarnya.

Tetapkan tujuan keuangan. Apakah Kamu ingin menghemat uang? Lunasi hutang? Hentikan pengeluaran berlebihan?. Apapun tujuan keuangan yang Kamu miliki, perlu untuk menentukannya secara realistis.

Hitung biaya wajib yang mencakup pengeluaran yang harus dibayar setiap bulan, seperti sewa, premi asuransi, ataupun pajak. Adanya hitungan biaya wajib ini harus dikurangi dengan total pendapatan yang dihasilkan.

Mengidentifikasi pembayaran utang. Jika Kamu ingin melunasi hutang, seperti pinjaman mahasiswa atau tagihan kartu kredit, temukan pembayaran minimum untuk setiap hutang dan kurangi itu dari penghasilan yang Kamu hasilkan.

Buat rencana pengeluaran yang dapat mencakup tujuan yang Kamu miliki, seperti pembayaran utang atau tabungan dan itu harus mencakup hal-hal seperti belanjaan, hiburan, ataupun bensin.

Sesuaikan setiap bulan dan evaluasi kembali untuk membantu Kamu dalam menghindari pengeluaran berlebihan. [3]

 

Referensi :

[1] https://www.mymoneycoach.ca/budgeting/what-is-a-budget-planning-forecasting#:~:text=Budgeting%20is%20the%20process%20of,your%20expenses%20with%20your%20income.

[2] https://www.totaladvice.com.au/five-reasons-why-budgeting-is-so-important/

[3] https://www.investopedia.com/terms/b/budget.asp

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours