Bagaimana agar bisa bekerja sama dengan efektif ketika kerja kelompok?

Estimated read time 2 min read

Bagaimana agar bisa bekerja sama dengan efektif ketika kerja kelompok?

      Tentunya kita tidak asing dengan kata “kerja kelompok”, karena dalam setiap semester pasti ada beberapa mata kuliah yang mengharuskan untuk menyelesaikan suatu tugas atau proyek secara berkelompok. Dalam kerja kelompok, setiap orang memiliki kecemasan tentang “bagaimana itu akan berhasil?”, “bagaimana nilai akan dibagi?”, dan “bagaimana umpan balik akan diberikan?”, sehingga penting untu menyadari diri sendiri tentang hal yang akan dibawa ke dalam kelompok. Misalnya, Anda bukan orang yang paling banyak bicara, tetapi mungkin Anda adalah seseorang yang sangat baik dalam melakukan penelitian atau mencari literatur. Oleh karena itu, ketika kita mengetahui keterampilan apa yang kita miliki akan membantu dalam tugas kelompok agar hasilnya dapat maksimal. Namun, di dalam suatu kelompok tersebut, kita tidak mudah untuk bisa menyelaraskan semua anggota kelompok, karena setiap orang memiliki pendapat dan caranya masing-masing. Di sisi lain, ada pula anggota kelompok yang sama sekali tidak berkontribusi, walaupun sudah diberi tugas dan sudah diberi intruksi untuk pengerjaannya. Oleh karena itu, ada dua masalah utama yang timbul saat kerja kelompok, diantaranya adalah orang yang tidak bekerja dan orang yang memiliki pendapat yang berbenturan dengan anggota yang lain.

      Orang yang tidak bekerja saat kerja kelompok, biasanya merupakan orang yang terlalu sibuk. Namun, apapun alasannya tetap itu merupakan hal yang tidak adil bagi anggota kelompok lain yang berkontribusi penuh pada tugas atau project yang ada. Untuk mengatasi orang yang tidak bekerja saat kerja kelompok, bisa dilakukan dengan membuat setiap anggota bertanggung jawab dengan mengalokasikan tanggung jawab dan menugaskan  tugas. Solusi ini akan semakin efektif, apabila kita mengetahui minat ataupun keahlian dari anggota kelompok. Misalnya, jika seseorang di satu kelompok tersebut merupakan seseorang yang ahli dalam menganalisis angka, maka Anda bisa menugaskan rekan anda tersebut untuk menganalisis data. Selain itu, untuk mengatasi orang yang tidak berkontribusi adalah dengan menetapkan tenggat waktu dan rencana, sehingga Anda bisa mengetahui kontribusi dari masing-masing anggota kelompok.

       Orang yang memiliki pendapat yang berbenturan dengan anggota lain, tentunya akan kita temui pada setiap kerja kelompok yang ada, karena setiap manusia memiliki pendapat dan caranya masing-masing untuk menyelesaikan sesuatu. Namun, untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan mendengarkan secara aktif. Dengan mendengarkan secara aktif, masing-masing dari orang yang pendapatnya berbenturan dapat sama-sama untuk menyusun strategi yang terbaik, sehingga hasil dari pengerjaan tugas atau proyek pun dapat maksimal.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours